Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Dewasa

Membedakan kenari jantan dan betina - Pada posting sebelumnya saya sudah mengulas cara membedakan anakan kenari jantan dan betina, maka untuk menjawab banyaknya pertanyaan dari para kenari mania yang masih belum faham dengan ciri-ciri kenari jantan dan betina. Pada posting kali ini saya mencoba untuk mengulas perbedaan kenari jantan dewasa dan kenari betina dewasa, sehingga dengan demikian saya harapkan para pembaca setia blog kicau-burung ini bisa lebih memahami dan lebih mudah lagi dalam membedakan dan memilih jenis kelamin kenari.
kenari jantan dan betina
Kenari jantan dan betina
Pada dasarnya banyak sekali perbedaan antara kenari jantan dewasa dengan kenari betina dewasa, namun perbedaan tersebut secara sekilas terkadang tidak tampak dengan jelas, sehingga untuk membedakannya harus dilakukan secara detail dan teliti agar tidak salah dalam memilihnya. Sebab bagi seorang peternak atau budidaya kenari, kesalahan dalam pemilihan jenis kelamin harus sangat dihindari. Jika tidak, maka kemungkinan besar budidaya ternak kenari anda akan gagal.

Pengetahuan tentang cara membedakan kenari jantan dan betina wajib diketahui oleh peternak burung kenari. Sebab jika peternak kenari tidak bisa membedakan jenis kelamin kenari, maka bagaimana ia bisa menjodohkan kenari agar indukan ternak kenari yang ia pelihara bisa berkembang dengan lebih pesat lagi. Adapun tips cara membedakan kenari jantan dan betina dewasa adalah sebagai berikut ini:
Kenari jantan

Cara membedakan kenari jantan dan betina dewasa


1. Berdasarkan suara

Burung kenari jantan biasanya memiliki kualitas suara yang lebih baik jika dibandingkan dengan kenari betina. Burung kenari jantan cenderung lebih gacor, memiliki suara yang nyaring (keras), dan sering ngerol. Tapi perlu anda ketahui juga bahwa hal tersebut tidak bisa menjadi sebuah patokan (pakem) sebab banyak kenari betina yang memiliki kualitas suara yang baik, dan banyak pula kenari jantan yang kurang gacor bahkan mirip seperti kenari betina.

2. Berdasarkan warna bulu

Menurut seorang pakar ahli burung kenari yang berasal dari luar negeri yaitu tepatnya dari Inggris mengatakan bahwa burung kenari jantan memiliki warna bulu yang cenderung dan tajam serta lebih mengkilat jika dibandingkan dengan kenari betina.

3. Berdasarkan alat kelamin

Dalam membedakan jenis kelamin burung kenari tentu kita dapat melihatnya dari bentuk alat kelaminnya. Cara melihatnya adalah anda harus memegang burung kenari tersebut, karena letak kelaminnya berada dibawah ekor, jadi tentu tidak bisa dilihat tanpa memegang burung kenari tersebut. Selanjutnya tipu bulu yang menutupi kelamin kenari, atau tepatnya bulu yang terletak dibawah ekor dekat anus. Pada burung kenari jantan alat kelaminnya akan tampak memanjang dan menonjol, sedangkan untuk kenari betina akan tampak datar dan membulat.

4. Berdasarkan mata

Seperti halnya dengan cara membedakan jenis kelamin burung lainnya, yaitu biasanya akan tampak dari bentuk, ukuran, dan posisi mata. Untuk burung kenari jantan sendiri biaanya memiliki mata yang letaknya sejajar dengan paruh, sedangkan untuk kenari betina biasanya matanya berada diatas paruh/ lebih tinggi dari posisi paruh.

5. Berdasarkan kepala

Perbedaan kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari bentuk kepala, dimana burung kenari betina memiliki bentuk kepala kepala yang agak bulat, sedangkan untuk kenari jantan memiliki bentuk kepala yang pipih atau cepak.
Kenari betina

Cara yang paling tepat dan efektif dan membedakan kenari jantan dan betina adalah dengan melihat area sekitar dubur, dimana untuk kenari jantan pada area sekitar dubur akan tampak menonjol/ tampak sebuah tonjolan. Sedangkan untuk kenari betina tidak memiliki atau tidak ada tonjolannya.

Demikianlah ulasan cara membedakan kenari jantan dan betina dewasa yang dapat saya share pada posting kali ini. Cara diatas sudah dibuktikan oleh para master dan peternak kenari pada umumnya, jadi sudah menjadi rahasia umum oleh para kenari mania indonesia.