Ini Dia Pakan Kenari Agar Cepat Gacor Ngerol

Pakan kenari gacor ngerol - Burung kenari adalah tipe burung yang rajin berkicau alias gacor dan memiliki ciri khas yaitu kicauannya yang ngerol alias diulang berkali-kali. Hal tersebut merupakan salah satu kelebihan ataupun nilai plus dari burung kenari, selain bentuk dan warna bulunya yang bervariasi. Agar burung kenari bisa gacor dan ngerol baik saat dirumah ataupun dilombakan, hal yang paling utama dan perlu diperhatikan adalah pola rawatan dan pemberian pakan, baik itu pakan utama, pakan EF, ataupun pakan vitamin. Selebihnya tergantung karakter serta kemampuan dari burung kenari tersebut.
kenari gacor ngerol

Ada banyak pakan kenari agar gacor dan ngerol yang biasa digunakan oleh kenari mania untuk meningkatkan kemampuan berkicau kenari kesayangannya. Pakan kenari tersebut sangatlah mudah didapat dan harganyapun juga tidak mahal alias murah meriah. Meskipun murah dan mudah didapat, terkadang kita sebagai pemelihara kenari kurang faham atau mungkin kurang sabar dan konsisten dalam pemberian variasi pakan kenari gacor tersebut, sehingga burung kenari yang anda pelihara tidak kunjung bisa gacor dan ngerol.

Apa saja pakan kenari agar cepat gacor dan ngerol tersebut? Silahkan anda simak ulasan berikut ini:

Pakan kenari agar cepat gacor dan ngerol

pakan kenari

1. Pakan sayuran dan daun-daunan

Sayuran sangatlah bagus dikonsumsi oleh kenari, pasalnya didalam sayuran tersebut banyak mengandung vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan oleh kesehatan burung kenari. Sayuran yang baik untuk kenari adalah sayuran yang masih segar, kalau bisa yang baru dipetik dari kebun, bukan sayuran yang sudah layu. Fayuran segar tersebut diantaranya adalah seperti: Sawi, wortel, kobis, selada, mentimun, jagung muda, dan lain sebagainya.

Selain sayuran segar, burung kenari juga perlu diberi pakan berupa daun-daunan yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kenari. Adapun pakan daun-daunan yang dapat membantu kenari menjadi lebih gacor antara lain adalah: daun kerokot, daun mengkudu, daun pepaya, dan lain sebagainya.

2. Pakan buah-buahan
buah pakan kenari

Seperti kita ketahui bahwa didalam buah-buahan banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan manusia dan binatang peliharaan, salah satunya adalah burung kenari. Kita juga tahu bahwa burung kenari selain pemakan biji-bijian, sayuran, juga pemakan buah-buahan. Oleh sebab itu agar kenari tetap tampil prima dan memiliki kicauan gacor dan ngerol maka perlu diberi buah-buahan.

Buah-buahan yang cocok dan baik untuk kenari adalah buah-buahan yang masih segar, misalnya seperti buah apel merah segar, buah pepaya, buah pisang, buah jeruk, dan aneka buah-buahan segar lainnya.

3. Pakan biji-bijian
kenari seed

Selain buah-buahan dan sayur-sayuran, pakan utama kenari adalah biji-bijian, sebab jika burung kenari hanya diberi pakan buah dan sayuran saja tanpa diberi biji-bijian hasilnya justru kurang baik, burung kenari biasanya akan mengalami over birahi dan tidak mau rajin berkicau. Oleh sebab itu pemberian pakan biji-bijian seperti canary seed, millet putih, jewawut, biji sawi juga sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan burung kenari.

4. Ulat hongkong dan kroto

Meskipun burung kenari pada dasarnya bukanlah burung pemakan serangga, akan tetapi terkadang juga perlu diberikan pakan tambahan berupa ulat hongkong dan kroto. Sebab ulat hongkong dan kroto memiliki kandungan nutrisi dan protein yang cukup tinggi.

Pemberian ulat hongkong dan kroto pada kenari sebaiknya jangan terlalu berlebihan, karena ini hanya merupakan pakan tambahan saja. Bahkan tidak semua burung kenari mau menyantap kroto dan ulat hongkong, sebab ada yang doyan kroto dan ulat hongkong dan ada juga yang sama sekali tidak doyan.

5. Telur puyuh
pakan kenari gacor

Selain kroto dan ulat hongkong, pakan tambahan kenari yang tidak kalah penting adalah telur puyuh, sebab telur puyuh juga banyak mengandung protein dan gizi. Ini sangat cocok untuk kenari yang tidak mau menyantap ulat hongkong dan kroto.

Cara pemberiannya adalah dengan merebus telur puyuh terlebih dahulu, baru kemudin diberikan kepada kenari. Bagian telur puyuh yang paling baik untuk kenari adalah bagian kuning telurnya, sebab kandungan protein kuning telur puyuh lebih besar jika dibandingkan dengan bagian putihnya.

Pemberian telur puyuh ini sebaiknya jangan terlalu berlebihan, agar kenari tidak mengalami over birahi dan ngelemak. Berhubung telur puyuh merupakan pakan kenari yang mudah basi, sebaiknya anda selalu mengecek atau memantau kondisi telur tersebut setiap saat. Jika telur puyuh diberikan dipagi hari, maka sebaiknya saat sore hari dibuang dan dibersihkan sisa-sisanya agar tidak basi dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

BACA JUGA:
Cara membedakan anakan kenari jantan dan betina
Cara membedakan kenari jantan dan betina dewasa 

6. Niger seed dan biji fumayin

Apa itu niger seed dan biji fumayin? Memang belum banyak kenari mania yang mengetahui manfaat dari pemberian pakan niger seed dn biji fumayin untuk kenari. Akan tetapi pakan tersebut sangat terbukti membuat burung kenari menjadi lebih gacor.

Pemberian niger seed dan biji fumayin sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan tidak berlebihan, sebab pakan tersebut dapat membuat tubuh kenari menjadi hangat, jadi jika terlalu berlebihan dapat membahayakan kesehatan burung. Selain itu biji fumayin dan niger seed juga dapat membuat kenari menjadi ketagihan untuk memakannya.

7. Bubur bayi dan biskuit bayi

Untuk point ini memang terdengar aneh dan nyeleneh, karena seperti kita ketahui bahwa biskuit dan bubur bayi cocok diberikan untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI. Akan tetapi karena itulah biskuit dan bubur bayi juga cocok untuk burung kenari, sebab biskuit dan bubur bayi tersebut mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap yang selain baik untuk bayi ternyata juga baik untuk kenari.

Cara pemberian bubur bayi bisa langsung dicampur atau ditaburkan bersama dengan pakan biji-bijian mix (canary seed, millet putih, biji sawi). Sedangkan untuk biskuit bayi sebaiknya ditumbuk atau dihaluskan terlebih dahulu sebelum ditaburkan atau dicampur dekan pakan utama biji-bijian.

Demikianlah ulasan mengenai pakan kenari agar cepat gacor dan ngerol yang dapat saya ulas pada posting kali ini. Selain pakan tersebut diatas, agar kenari bisa gacor ngerol tentunya diperlukan perawatan yang tepat baik itu dari segi pemasteran, pemandian, penjemuran, dan pengerodongan. Selain itu perlu diberikan vitamin tambahan yang dapat anda beli di kios burung terdekat.