Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi Karena Over Birahi

Mengatasi lovebird macet bunyi - Lovebird memang termasuk salah satu burung yang rajin bunyi (berkicau) atau dalam bahasa kerennya disebut burung receh. Sebab burung lovebird dapat berkicau kapan saja tanpa memandang waktu, baik itu pagi hari, siang hari, sore hari, atau bahkan malam hari. Jika mereka ingin berkicau, maka berkicaulah mereka bersahut-sahutan. Namun meskipun demikian, tidak semua burung lovebird rajin berbunyi, terkadang ada beberapa ekor lovebird yang malas bunyi atau bahkan macet bunyi. Penyebabnya bermacam-macam, ada yang karena stress, ada yang karena sakit, ada yang karena sedang mabung, ada yang karena kekurangan birahi, dan ada pula lovebird macet bunyi karena over birahi.
mengatasi lovebird macet bunyi
Gambar lovebird macet bunyi
Nah pada ulasan kali ini saya khusus akan membahas tentang lovebird macet bunyi karena over birahi. Kenapa lovebird yang over birahi malah menjadi malas bunyi? Bukankah saat lomba, lovebird harus didongkrak birahinya terlebih dahulu agar mau bunyi ngekek?. Jawabannya sederhana, apapun itu jika berlebihan maka tidak akan baik, yang adalah yang pas, tidak kurang dan tidak berlebihan. Begitu pula dengan birahi burung, lovebird yang kekurangan birahi akan menjadi malas bunyi, maka harus ditingkatkan birahinya. Demikian pula sebaliknya, lovebird yang over birahi juga akan malas bunyi dan harus diturunkan birahinya sampai pada taraf stabil alias pas (tidak kurang dan tidak lebih).

Kenapa lovebird over birahi menjadi malas bunyi? Sebab lovebird yang sedang mengalami over birahi biasanya memiliki perilaku yang aneh, seperti ngeruji sangkar, mematuk-matuk jeruji sangkar, mengejar burung lain, menggesek tangkringan, dan masih banyak lagi. Jadi ketika dilombakan, lovebird yang over birahi akan lebih sibuk dengan tingkahnya sendiri dan lupa atau malas untuk berkicau. Oleh sebab itu ketika hendak dilombakan birahi lovebird harus dalam kondisi yang stabil sehingga bisa tampil prima saat lomba.
lovebird over birahi

Cara mengatasi lovebird macet bunyi karena over birahi


Sebelum anda membaca lebih banyak tentang cara mengatasi lovebird macet bunyi ada baiknya anda membaca terlebih dahulu ulasan saya mengenai penyebab umum lovebird macet bunyi, sehingga anda akan memiliki wawasan yang lebih luas lagi mengenai burung lovebird.

1. Menurunkan birahi lovebird dengan mandi malam

Terapi mandi malam sudah lama dipercaya mampu menurunkan atau bahkan menstabilkan burung yang sedang over birahi, termasuk salah satunya adalah burung lovebird. Disini saya tidak perlu lagi menuliskan secara panjang lebar karena sudah pernah saya bahas pada ulasan berikut:
Terapi mandi malam lovebird untuk menstabilkan birahi
2. Meningkatkan durasi dan jumlah mandi

Artinya adalah jika biasanya lovebird anda mandi satu kali dipagi hari, maka saat sedang over birahi anda bisa menambahnya menjadi dua sampai tiga kali sehari yaitu pagi, siang, dan sore hari, belum lagi ditambah terapi mandi malam. Jadi misalnya hari ini mandi tiga kali sehari (pagi, siang, sore) maka tidak perlu melakukan terapi mandi malam. Baru keesokan harinya cukup dimandikan pagi dan siang hari, kemudian malamnya dilakukan terapi mandi malam.

Selain itu jika durasi mandi biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit, maka pada saat over birahi dapat anda tambah menjadi 15 menit. Sebab efek dingin karena semprotan air diyakini dapat membantu menurunkan birahi lovebird.

3. Terapi pengembunan

Biasakan anda bangun dipagi hari sehingga setelah shalat subuh anda bisa langsung mengembun-embunkan lovebird kesayangan anda. Terapi  pengembunan ini sangat baik bagi semua jenis burung, sebab udara pagi dan tetesan embun pagi masih sangat segar dan belum terkontaminasi oleh polusi. Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan burung serta mampu menjaga dan menstabilkan birahi burung sehingga akan menjadi lebih rajin bunyi.

Burung biasanya akan merasa sangat senang dengan perubahan udara dari dingin ke hangat, yaitu saat pagi hari ketika matahari mulai muncul secara perlahan. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya burung yang berkicau pada jam-jam tersebut.

4. Kandang umbaran
kandang umbaran lovebird
Kandang umbaran lovebird
Membiarkan lovebird terbang kesana kemari didalam kandang umbaran selain untuk membakar lemak, memperpanjang nafas, dan menguatkan otot-otot dada dan sayap juga mampu menurunkan birahi lovebird. Sebab hal tersebut adalah salah satu cara lovebird berolah raga sehingga lemak dan birahi yang menumpuk akan terbakar dengan gerakan-gerakan sayap lovebird saat terbang.

5. Pangkas ekstra fooding kangkung, jangung, dan kwaci

Seperti kita ketahui bersama bahwa ekstra fooding kangkung, biji kwaci, dan jagung muda ada ekstra fooding yang berguna untuk mendongkrak birahi lovebird. Nah jika lovebird anda saat ini sedang mengalami over birahi, maka anda tidak perlu lagi memberikan ekstra fooding tersebut. Cukup berikan pakan utama berupa millet putih saja yang sifatnya netral dan tidak berpengaruh terhadap birahi lovebird.

6. Berikan EF mentimun dan kurangi penjemuran

Seperti yang telah saya bahas pada ulasan sebelumnya disini: Manfaat mentimun untuk menurunkan birahi lovebird, jelas sudah bahwa kandungan mentimun mampu membantu menurunkan birahi lovebird. Selain itu anda juga perlu memperhatikan pola rawatan khususnya dalam hal penjemuran. Sebab sinar matahari juga dapat mendongkrak birahi lovebird, jadi jika lovebird anda sedang over birahi sebaiknya kurangi durasi penjemuran atau jika perlu jangan dijemur dulu, cukup diangin-anginkan saja.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara mengatasi lovebird macet bunyi karena over birahi yang dapat saya tuliskan. Dalam posting selanjutnya mudah-mudahan saya dapat mengulas cara mengatasi lovebird macet bunyi yang disebabkan oleh hal-hal yang lain, misalnya karena stress atau karena sakit. Semoga bermanfaat.