Pakan Utama Lovebird Adalah Milet Putih, Jangan Dikasih Neko-neko

Pakan utama lovebird -Banyak para kicau burung mania khususnya lovebird mania yang masih bingung dengan pemberian pakan lovebird, sebenarnya apa sih pakan utama lovebird dan pakan tambahan atau ekstra fooding agar lovebird menjadi lebih gacor dan bisa ngekek panjang? Karena rasa kebingungan tersebutlah yang menyebabkan para lovebird mania pemula salah dalam memberikan pakan, baik itu pakan utama ataupun ekstra fooding. Ada yang memberikan pakan utama berupa milet putih yang dicampur dengan canary seed, ada pula yang memberikan pakan racikan yang banyak dijual dikios burung yang biasanya merupakan campuran antara milet putih, canary seed, biji kwaci, beras merah, dll yang sudah dicampur menjadi satu sebagai pakan utama lovebird.

Pakan utama lovebird
Lovebird merupakan burung pemakan biji-bijian, jadi pakan utamanya ya harus biji-bijian, sedangkan untuk sayur dan buah-buahan hanyalah sebagai pakan tambahan saja alias ekstra fooding saja yang fungsinya sebagai tambahan nutrisi yang tidak terdapat dalam pakan biji-bijian. Dalam pemberian pakan utama lovebird sebenarnya tidak perlu neko-neko, cukup milet putih saja. Sedangkan untuk biji-bijian lainnya seperti biji kwaci, canary seed, beras merah, juga sebagai ekstra fooding. Yang artinya cukup diberikan pada saat-saat tertentu saja, tidak perlu diberikan setiap hari.

Selain itu pemberian ekstra fooding berupa biji-bijian jumlahnya juga harus diperhitungkan, tidak boleh sembarangan atau terlalu berlebihan, sebab jika terlalu berlebihan justru akan berdampak tidak baik bagi lovebird anda. Contohnya adalah jika anda terlalu banyak memberikan pakan jagung muda terhadap lovebird anda, yang mana jagung muda tersebut diberikan setiap hari sebagai pakan utama lovebird, maka tidak heran jika lovebird anda justru akan mengalami kegemukan alias ngelemak.
BACA:  Menggemukkan lovebird kurus dengan jagung muda
Atau jika anda terlalu banyak memberikan biji kwaci dan kangkung terhadap lovebird anda, dimana pemberian kangkung dan biji kwaci tersebut tidak dikontrol dan diberikan secara berlebihan setiap harinya, maka akan berdampak pada birahi lovebird yang terlalu tinggi alias over birahi. Sedangkan untuk lovebird yang over birahi justru akan menjadi jarang berkicau atau bahkan tidak mau berkicau.
milet putih
milet putih
Oleh sebab itu pemberian pakan utama lovebird adalah cukup milet putih saja, sedangkan untuk yang lainnya adalah dijadikan sebagai pahan tambahan atau ekstra fooding saja. Artinya cukup diberikan pada saat-saat tertentu saja, misalnya saat menjelang lomba sebagai settingan lovebird sebelum dilombakan, atau saat lovebird sedang mabung, lovebird kurus, atau lovebird yang kurang birahi.

Pemberian ekstra fooding yang baik adalah cukup 2 atau 3 kali dalam seminggu, atau pada saat burung hendak dilombakan. Pemberian ekstra fooding tersebut juga harus dilakukan secara bervariasi agar lovebird tidak bosan dan birahi lovebird juga dapat terkontrol dengan baik. Sedangkan untuk pakan utama milet putih harus diberikan setiap harinya.

Banyak artikel dalam blog atau website yang menyarankan untuk memberikan pakan utama lovebird dengan campuran milet putih, milet merah, dan canary seed. Tapi menurut pengalaman pribadi penulis yang mana sebagai pecinta dan pemelihara lovebird secara langsung, untuk pakan utama lovebird adalah cukup menggunakan milet putih saja.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai pakan utama lovebird yaitu berupa milet putih saja, semoga dengan adanya artikel ini anda menjadi lebih tahu tentang perawatan harian lovebird teruama dalam hal pemberian pakan utama lovebird.