Penyebab Dan Cara Mengatasi Lovebird Galak Dan Giras

Lovebird Galak -Burung lovebird adalah jenis burung paruh bengkok yang paling banyak dicari akhir-akhir ini. Seperti kita tahu bahwa lovebird memiliki paruh yang kuat dan besar, sehingga dalam pemeliharaannya harus menggunakan sangkar yang terbuat dari besi, bukan sangkar dari kayu dan bambu seperti burung kicauan pada umumnya. Sebab jika hanya menggunakan sangkar dari bahan kayu dan bambu tentu hanya dalam waktu beberapa hari saja jeruji sangkar akan patah dan burung akan terbang bebas.
mengatasi lovebird galak
Sumber gambar: Pixabay.com
Meskipun pada dasarnya lovebird adalah jenis burung yang mudah jinak, tapi ada beberapa kasus yang terjadi yaitu burung lovebird galak dan agresif suka mematuk jari dan jeruji sangkar. Bisa kita bayangkan jika paruh lovebird yang besar dan kuat tersebut mematuk jari kita atau jari anak kita, oleh sebab itu jika anda memiliki lovebird galak, secepat mungkin anda harus mencari penyebab dan cara mengatasi lovebird galak tersebut. Sebab jika dibiarkan berlarut-larut, perilaku lovebird galak akan menjadi sebuah karakter dan kebiasaan yang susah untuk disembuhkan.

Penyebab lovebird galak

Ada beberapa penyebab lovebird galak yang dapat kita pelajari satu persatu dan mungkin salah satu penyebab tersebut terjadi pada lovebird kesayangan anda.


1. Penyebab lovebird galak karena sedang over birahi

Sudah bukan rahasia lagi jika lovebird yang sedang mengalami over birahi dan sudah memasuki masa produktif akan berubah perilakunya menjadi galak dan agresif. Bahkan terkadang terjadi kasus lovebird galak terjadi pada lovebird yang masih muda diusia 3-4 bulan, padahal diusia tersebut lovebird belum masuk pada usia produktif.

Kenapa bisa begitu? Hal tersebut biasanya terjadi pada lovebird muda yang terlalu banyak mendapatkan asupan nutrisi, misalnya karena diberikan doping dan vitamin yang berlebihan ketika hendak diikutkan pada lomba lovebird kelas balibu. Atau karena si pemilik kurang mengerti cara memelihara lovebird yang benar sehingga memberikan pakan ekstra fooding yang dapat meningkatkan birahi seperti kangkung dan biji kwaci secara berlebihan, bahkan diberikan setiap hari sebagai pakan harian, jelas itu merupakan cara perawatan yang salah yang justru dapat merusak burung.

2. Penyebab lovebird galak karena terlalu jinak dan sering digoda dengan jari

Memelihara lovebird memang idealnya adalah harus yang jinak dan tidak takut dengan orang, binatang, dan benda-benda sekitar seperti mobil, sepeda motor, payung, dan lain sebagainya. Sebab jika lovebird tidak jinak dan takut dengan orang yang lalu lalang serta takut dengan kendaraan tentu akan repot, bagaimana mau ngekek dan diajak lomba? wong melihat banyak orang dan mobil saja takut. jadi memelihara lovebird khususnya untuk lomba hukumnya wajib yang jinak.

Tapi jika lovebird terlalu jinak apalahi sering digoda oleh pemiliknya dengan menggunakan jari lama-lama justru tidak bagus, sebab sudah menjadi hukum alam bahwa apapun itu jika terlalu/ berlebihan pasti akan kurang baik. Jadi jangan terlalu sering menggoda lovebird dengan jari untuk memancingnya agar berbunyi, sebaiknya dipancing dengan menggunakan bunyi-bunyian saja, misalnya dengan tepukan tangan, siulan, atau alat untuk melatih lovebird ngekek panjang seperti dengan menggunakan musik mp3, kaleng kosong, atau alat yang lainnya.
penyebab lovebird galak
Sumber gambar: Pixabay.com

Cara mengatasi lovebird galak

Ada beberapa cara mengatasi lovebird galak dimana intinya ada pada cara perawatan saja, sebab lovebird yang dirawat dengan baik dan penuh kasih sayang sejak masih bayi tentu akan menghasilkan lovebird yang baik pula saat dewasa.

1. Mengatasi lovebird galak dari segi pakan

Untuk lovebird yang galak, agresif, giras, dan suka mematuk sana-sini, mematuk jari, mematuk jeruji sangkar, mematuk pangkringan, mematuk wadah pakan, dan mematuk benda-benda lainnya, atau bahkan mematuk dirinya sendiri yaitu cabut bulu, itu tandanya lovebird anda dalam keadaan over birahi yang sudah sangat kritis sekali. Solusinya adalah dengan cara menstop semua ekstra fooding khususnya yang dapat mendongkrak birahi lovebird anda. Untuk pakan harian cukup berikan milet putih saja, dan tambahkan beberapa butir gabah beras merah/ gabah bangkok beberapa butir setiap harinya.

Berikan ekstra fooding penurun birahi lovebird seperti mentimun dan daun kemangi, serta berikan vitamin penurun birahi lovebird seperti NOB (Natural Over Birahi) secara teratur sesuai dengan aturan pakai. Saya bukan penjual obat tersebut dan tidak ada hubungan affiliasi apa-apa dengan produsen/ penjual vitamin tersebut, tapi sudah banyak lovebird mania yang merasakan manfaatnya.

2. Mengatasi lovebird galak dari segi cara memandikan

Untuk kasus lovebird galak sebaiknya anda mandikan sesring mungkin, misalnya 3 kali sehari, yaitu mandi pagi, mandi sore, dan ditambah dengan mandi malam. Sebab dengan sering mandi selain membuat burung menjadi segar dan terbebas dari penyakit kutu, birahi lovebird akan menjadi lebih stabil dan lovebird juga akan menjadi lebih jinak dan anteng di tenggeran, terlebih lagi untuk mandi malam, dimana terapi mandi malam ini sudah terbukti mampu membuat birahi lovebird menjadi stabil sehingga lovebird pun akan menjadi lebih gacor dan bisa ngekek panjang, karena kadar birahinya berada pada batas

3. Mengatasi lovebird galak dengan cara stop penjemuran

Lovebird yang galak sebaiknya jangan dijemur terlalu lama dulu, cukup jemur 15-30 menit saja setiap pagi, bahkan kalau perlu stop dan tidak usah dijemur dulu. Jadi setelah dimandikan cukup diangin-anginkan saja tanpa harus dijemur sampai kondisi birahi lovebird kembali stabil dan sudah tidak galak lagi. Jika birahi lovebird sudah stabil dan tidak suka mematuk sembarang yang ada didekatnya, dapat anda lakukan perawatan harian seperti biasanya.

Itulah ulasan penyebab dan solusi atau cara mengatasi lovebird galak dan giras yang dapat saya bagikan di blog kicau ini, semoga ulasan bermanfaat bagi sahabat lovebird mania nusantara.