Penyebab Lovebird Tidak Bertelur Adalah?

Penyebab Lovebird tidak bertelur mungkin menjadi sebuah permasalahan tersendiri bagi peternak lovebird, khususnya yangmasih pemula, artinya mereka yang sedang belajar mencoba untuk beternak lovebird, baik itu untuk skala besar ataupun untuk skala kecil atau sekedar coba-coba saja. Padahal secara umum burung lovebird sangat mudah bertelur, bahkan untuk lovebird yang tanpa pasangan dan tanpa proses perkawinan sekalipun. Akan tetapi telur lovebird yang tanpa adanya proses perkawinan tidak akan dapat menetas, karena tidak mengandung embrio, dan hanya sekedar telur pakan atau telur birahi saja.
penyebab lovebird tidak bertelur
Image by: Wikipedia.com
Penyebab lovebird tidak bertelur sangatlah kompleks, oleh sebab itu kita tidak bisa langsung menyimpulkan begitu saja, harus dirunut secara jelas apa penyebabnya sebelum kita menentukan solusinya. Hal inilah yang terkadang kurang diperhatikan oleh para peternak lovebird, khususnya yang masih pemula.

Sahabat kicau burung.com, secara umum ketika lovebird jantan dan lovebird betina yang sudah berjodoh dan sudah cukup umur disatukan dalam kandang ternak, mereka akan melakukan proses perkawinan. Dari perkawinan tersebutlah kemudian sang lovebird betina akan bertelur. Didalam telur lovebird hasil perkawinan didalamnya terdapat embrio yang jika dierami akan menetas menjadi anakan lovebird.
BACA JUGA: Cara ternak lovebird untuk pemula
Sedangkan untuk lovebird betina yang bertelur tanpa adanya perkawinan dengan lovebird jantan, meskipun tetap bisa bertelur, namun didalam telur tersebut tidak terdapat calon embrio. Itulah sebabnya kenapa telur lovebird yang tanpa perkawinan meskipun dierami tetap saja tidak bisa menetas.

Apa penyebab lovebird tidak bertelur?

Penyebab lovebird tidak bertelur

Ada beberapa penyebab lovebird tidak bertelur yang dapat anda pelajari dan anda pahami yang mungkin salah satunya terjadi pada ternak lovebird anda.
telur lovebird
Image by: Flickr.com
1. Lovebird tidak bertelur karena sama-sama jantan

Jika lovebird betina meskipun tanpa pejantan sekalipun tetap bisa bertelur, akan tetapi berbeda dengan lovebird jantan yang tidak dapat bertelur. Untuk beberapa kasus pada peternak lovebird pemula terkadang salah dalam menjodohkan lovebird, sebab burung yang satu ini termasuk dalam kategori "Monoformik seksual", artinya antara lovebird jantan dan betina tampak seperti sama, sehingga secara sepintas sangat sulit untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina.

Hal inilah yang terkadang membuat anda salah dalam menjodohkannya, dimana lovebird betina dijodohkan dengan lovebird betina, atau lovebird jantan dijodohkan dengan lovebird jantan. Sebab meskipun sesama jenis, terkadang lovebird akan tampak seperti berjodoh dan melakukan perkawinan, akan tetapi jika hal tersebut terjadi pada lovebird yang sama-sama berjenis kelamin jantan, meskipun tampak kawin tetap saja tidak akan bisa bertelur.

2. Lovebird tidak bertelur karena faktor usia

Burung lovebird yang usianya belum masuk dalam usia produktif, meskipun tampak memiliki birahi dan melakukan proses perkawinan, namun terkadang tidak akan mengeluarkan telur, kalaupun bertelur biasanya telurnya akan kosong dan tidak bisa menetas karena didalamnya belum terdapat embrio (calon burung). Sebab burung lovebird secara umum akan memasuki masa produktif pada usia 7 bulan keatas, atau bahkan terkadang baru bisa produktif ketika sudah berusia 1 tahun keatas.
BACA JUGA: Penyebab telur lovebird tidak menetas

3. Memasang glodok pada saat yang tidak tepat

Saat anda menjodohkan lovebird, meskipun sudah tampak berjodoh dan sudah mulai kelihatan mesra, jangan kemudian anda terburu-buru untuk memasukkan gelodok kedalam kandang ternak. Pastikan lovebird anda sudah melakukan proses perkawinan beberapa kali, baru kemudian anda pasang gelodok tersebut kedalam kandang ternak. Sebab jika sudah memasukkan glodok kedalam kandang ternak sebelum lovebird kawin, biasanya lovebird akan lebih asyik bermain-main dengan glodok tersebut sehingga lupa kawin.

4. Lovebird semi klep

Untuk kasus yang satu ini biasanya terjadi terjadi pada lovebird hasil persilangan antara lovebird klep dengan non klep. Lovebird hasil persilangan pertama dari kedua jenis lovebird ini (F1/ Filial pertama) biasanya akan menghasilkan lovebird semi klep. Nah lovebird semi klep inilah yang terkadang tidak bisa menghasilkan telur, dan kalaupun bertelur biasanya tidak bisa menetas karena telurnya bersifat infertil.

Itulah beberapa penyebab lovebird tidak bertelur yang terkadang membuat para peternak lovebird pemula menjadi pusing tujuh keliling. Harapan saya dengan memahami beberapa penyebab lovebird tidak bertelur diatas, anda dapat menganalisa kira-kira point mana yang terjadi pada lovebird anda, sehingga dengan demikian anda dapat melakukan tidakan yang tepat sesuai penyebab tersebut diatas.