Solusi Dan Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur

Cara agar lovebird cepat bertelur - Sebagai seorang peternak lovebird ketika sudah berhasil menjodohkan lovebird jantan dan betina, satu hal yang paling ditunggu-tunggu tentu adalah melihat sepasang lovebird tersebut melakukan kawin kemudian bertelur dan menetas. Tapi ternyata tidak semua lovebird yang berjodoh dan kawin kemudian akan bertelur.

cara agar lovebird cepat bertelur
Sumber gambar: Wikimedia.org
Hal tersebut tentu menjadi sebuah permasalahan tersendiri bagi para breeder atau peternak lovebird, khususnya yang masih pemula. Jadi jika anda mengalami hal ini maka anda harus membaca postingan ini secara lengkap dari awal sampai akhir, sebab disini saya akan membahas solusi atau cara agar lovebird cepat bertelur.

Namun sebelum anda mencari solusinya, ada baiknya jika anda mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya sehingga lovebird anda tidak bertelur. Adapun untuk artikel tersebut sudah pernah saya bahas pada posting sebelumnya, jadi saya sarankan anda membaca terlebih dahulu artikel berikut ini: Penyebab lovebird tidak bertelur

Cara agar lovebird cepat bertelur


Jika anda sudah mengetahui penyebabnya sekarang barulah anda menentukan solusi agar lovebird cepat bertelur.
solusi lovebird cepat betelur
Sumber gambar: Wikimedia.org

1. Pemberian pakan yang tepat

Jika anda sudah menjodohkan lovebird yang sudah cukup berumur dan siap produksi tetapi ternyata setelah kawin, anda tunggu-tunggu kok tidak juga bertelur, periksa pakan yang anda gunakan, mungkin anda salah dalam memberikan pakan. Cobalah untuk mengganti pakan tersebut dengan pakan yang mengandunghormon yang dapat memicu agar lovebird betina anda segera bertelur.

Pakan untuk lovebird agar cepat bertelur yang biasa digunakan oleh para peternak untuk merangsang hormon adalah seperti biji kwaci, tauge, kangkung, serta tulang sotong. Jadi gantilah pakan harian anda atau kombinasikan pakan harian tersebut dengan pakan yang saya sebutkan tadi.

2. Pemberian vitamin perangsang telur

Ternaya pakan saja terkadang belum cukup untuk merangsang lovebird agar cepat bertelur, sehingga anda perlu memberikan suplemen tambahan demi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi agar lovebird anda cepat bertelur. Suplemen tersebut selain dapat merangsang birahi lovebird juga dapat membuat lovebird induk dan anakannya menjadi lebih sehat. Selain itu terkadang juga terdapat suplemen yang mampu meningkatkan jumlah telur lovebird, jadi yang biasanya lovebird hanya bertelur 3 butir, dengan menggunakan suplemen tertentu bisa menjadi 5 sampai 6 butir telur.

3. Pemasangan glodok dan sarang yang tepat

Terkadang pemasangan atau penempatan glodok yang tidak tepat juga dapat membuat lovebird menjadi enggan untuk bertelur. Selain itu ukuran glodok serta ukuran lubang glodok juga harus anda perhatikan dengan benar. Usahakan menempatkan glodok pada posisi yang tepat, selain itu gunakan glodok dengan ukuran yang pas, artinya tidak terlalu besar dan tidak terlalu sempit. Lubang glodok juga harus pas, jangan terlalu lebar dan jangan terlalu kecil, usahakan agar sesuai dengan ukuran lovebird anda.

Untuk calon sarang yang biasanya menggunakan serutan kayu, ukurannya jangan terlalu kecil dan jangan terlalu tebal. Gunakan serutan kayu dengan tebal 2,5 cm, agar lovebird dapat kembali menyusun ulang serutan kayu tersebut menjadi sarang untuk tempat bertelur dan mengerami telurnya.

4. Pancing dengan indukan lovebird lain

Jika anda mempunyai beberapa ekor indukan lovebird, anda bisa memanfaatkan indukan yang sudah produksi sebagai bahan pancingan. Caranya adalah dengan menempatkan indukan lovebird lain tersebut berdekatan dalam satu ruangan dengan indukan lovebird yang belum bertelur. Ingat, penempatannya tetap dalam kandang yang berbeda, hanya didekatkan saja dalam satu ruangan (kandang terpisah). Cara ini dirasa cukup ampuh sebagai solusi lovebird agar cepat bertelur.

5. Penggunaan lampu full spektrum

Apa itu lampu full spectrum? Bagi peternak lovebird pemula mungkin masih asing atau bahkan belum pernah mendengar istilah lampu full spektrum. Lampu full spectrum adalah lampu yang memiliki warna cahaya yang menyerupai sinar matahari. Lampu tersebut memiliki suhu panas 5500 derajat kelvin (K).

Penggunaan lampu full spektrum tersebut dipercaya ampuh membantu lovebird cepat bertelur, selain itu lampu full spektrum juga baik untuk kesehatan lovebird anda. Penempatan lampu ini adalah diletakkan diatas kandang ternak, kemudian atur waktu kapan lampu harus menyala dan kapan lampu harus mati. Sebaiknya matikan lampu full spektrum pada malam hari agar lovebird dapat beristirahat serta merasa seperti berada pada habitatnya dialam liar.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara agar lovebird cepat bertelur yang dapat saya bagikan kepada anda. Meskipun saya bukan seorang peternak lovebird yang sukses, namun artikel tersebut mudah-mudahan dapat membantu anda khususnya yang mencari solusi agar lovebird cepat bertelur. Sekian