Cara Agar Kenari Cepat Bertelur Dan Produk

Cara agar kenari cepat bertelur - Beternak kenari memang sangat menyenangkan, terlebih jika sudah bisa bertelur, menetas, dan sudah berhasil berkembangbiak menjadi banyak. Burung kenari anda yang tadinya hanya 2 ekor jantan dan betina saja, dalam waktu yang cukup singkat bisa berkembang biak menjadi puluhan ekor. Jika sudah banyak tentu anda bisa menjualnya kepada sesama peternak kenari atau kepada kenari mania lainnya, sebab harga jual kenari sampai saat ini masih terhitung lumayan, meskipun sudah tak semahal beberapa waktu yang lalu.
cara agar kenari cepat bertelur
Telur kenari
Jika anda seorang peternak kenari pemula dan masih mengalami beberapa kendala dalam hal beternak kenari, ada baiknya anda membaca ulasan saya sebelumnya tentang: Cara sukses ternak kenari untuk pemula, pada artikel tersebut saya sudah tuliskan secara rinci apa saja yang dibutuhkan dalam beternak kenari. Tapi terkadang semuanya tidak bisa sesuai angan-angan dan harapan, meskipun kita sudah mempersiapkan semuanya dengan baik, tapi terkadang masih juga mengalami kendala, seperti halnya dalam beternak kenari. Kendala yang sering dialami oleh peternak kenari pemula salah satunya adalah kenari tidak lekas bertelur atau telur kenari tidak bisa menetas. Oleh sebab itu disini saya mencoba untuk memberikan solusi bagi anda yang mengalami masalah serupa. Lalu bagaimana tips agar kenari cepat bertelur?

Perlu anda ketahui sebelumnya, bahwa hal yang menentukan dalam beternak kenari, khususnya agar kenari cepat bertelur dan menetas diantaranya adalah terletak pada pakan, kesiapan burung, dan birahi burung. Jadi hal pertama yang harus anda perhatikan jika burung kenari anda tidak juga kunjung bertelur adalah 3 hal tersebut (pakan, birahi, dan kesiapan burung)

Burung kenari bisa dikatakan siap produksi jika sudah memasuki usia 6 bulan untuk kenari betina, dan usia 8 bulan untuk kenari jantan. Sedangkan untuk kenari jenis yorkshire F1, F2, dan F3, usia produktifnya harus sudah diatas 10 bulan. Mengenai pakan dan birahi akan saya ulas lebih detail dibawah ini:
tips agar kenari cepat bertelur

Tips dan cara agar kenari cepat bertelur

Dalam dunia ternak kenari, ada 2 jenis kenari yang dapat anda jadikan indukan, yaitu kenari yang belum pernah bertelur (tembean/siapan) dan kenari yang sudah pernah bertelur dan produksi (Babon). Nah dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara agar kenari cepat bertelur, baik itu untuk kenari yang masih tembean ataupun yang sudah babon tapi macet bertelur.

Cara agar kenari siapan/ tembean cepat bertelur

  1. Lakukan penjemuran untuk kenari yang masih siapan/ belum pernah bertelur secara rutin setiap paginya, yaitu pada jam tujuh sampai jam setengah sepuluh pagi. Proses penjemuran ini bertujuan untuk meningktkan birahi kenari betina dan untuk mempercepat kematangan kelamin kenari.
  2. Berikan pakan yang mengandung nutrisi tinggi, misalnya seperti rebusan telur puyuh, sayur-sayuran seperti sawi dan buah-buahan seperti apel. Pemberian pakan bernutrisi/ ekstra fooding tersebut bertujuan untuk memenuhi nutrisi burung dan meningkatkan birahinya.
  3. Kenari siapan yang akan diternak tidak boleh terlalu gemuk dan ngelemak, sebab kenari yang ngelemak akan sulit untuk bertelur. Jadi meskipun diwajibkan memberikan pakan ef yang bernutrisi tinggi, tapi pemberiannya harus tetap dijaga, jangan sampai berlebihan, agar kenari tidak mengalami kegemukan.
  4. Jika kenari belum benar-benar siap kawin, maka sebaiknya antara kenari jantan dan betina jangan disatukan dalam satu sangkar terlebih dahulu, biarkan mereka dalam sangkar masing-masing, cukup didekatkan saja agar saling kenal. Jika kenari betina siapan sudah tampak birahi dan siap kawin, barulah anda masukkan kenari jantan yang sudah birahi kedalam sangkar kenari betina. Amati perilakunya, dan bersabarlah, karena menjodohkan dan mengawinkan kenari siapan akan lebih sulit ketimbang mengawinkan kenari yang sudah pernah produksi (babon).
  5. Jika kenari sudah mau kawin, maka pisahkan kenari jantan dan betina tersebut, besok lakukan lagi proses perkawinan tersebut sampai sekitar 3 hari.
  6. Proses perkawinan sebaiknya dilakukan dimalam hari, jadi pas sore hari kenari jantan dimasukkan kedalam sangkar kenari betina, keesokan harinya dipisahkan. Sore hari dimasukkan lagi sampai pagi hari, kemudian dipisahkan lagi. Lakukan cara tersebut sampai kurang lebih 3 hari atau sampai kenari betina bertelur.

Cara agar kenari betina indukan/ babon cepat bertelur

Meskipun kenari babon ini sudah pernah bertelur dan produksi, namun terkadang indukan tersebut dapat mengalami macet bertelur, sehingga perlu kita lakukan terapi/ritual khusus agar indukan kenari kembali dapat bertelur. Cara agar indukan kenari bisa betelur lagi ini hampir sama dengan cara agar siapan kenari cepat bertelur seperti yang telah saya jelaskan diatas, untuk lebih lengkapnya silahkan baca ulasan dibawah ini:
  1. Jemur indukan kenari pada jam 07.00 sampai jam 09.30 secara rutin sampai kenari birahi dan siap kawin.
  2. Berikan pakan EF yang bernutrisi tinggi seperti sayuran, buah apel, dan rebusan telur puyuh.
  3. Pastikan agar indukan kenari jangan terlalu gemu/ ngelemak
  4. Pisahkan kenari jantan dan betina, jika dirasa sudah sama-sama birahi dan siap kawin, baru disatukan dalam satu kandang.
  5. Kawinkan indukan kenari pada sore hari sampai malam hari, keesokan harinya pisahkan lagi, dan satukan lagi pada sore hari sampai malam hari. Lakukan hal tersebut sampai indukan kenari bertelur.
Itulah tips dan cara agar kenari cepat bertelur, dengan membudidayakan atau beternak kenari, maka anda ikut berpartisipasi dalam melestarikan burung cantik pemakan biji dan sayuran yang memiliki ciri khas kicauan yang lantang dan ngeroll panjang tersebut. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda sebagai kicau mania, khususnya dalam hal ternak kenari.