Cara Melatih Sogok Ontong/ Kolibri Agar Mau Makan Kroto Sendiri

Kolibri dan sogok ontong makan kroto? Bukankah kedua jenis burung mungil tersebut adalah termasuk dalam kategori burung pemakan nektar/ penghisap madu? Apakah bisa sogok ontong makan kroto? Dan apakah justru nanti malah mengakibatkan kematian pada burung kolibri tersebut?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin sesekali pernah terlintas dibenak anda, jadi disini saya mencoba untuk menjawabnya.
melatih sogok ontong makan kroto

Burung sogok ontong dan kolibri dihabitatnya memang tidak makan kroto, tapi menurut pengalaman yang sudah lama dilakukan oleh para pemelihara burung tersebut, bahwa kroto sangat bermanfaat sekali bagi burung kolibri dan sogok ontong. Kedua burung tersebut jika dipelihara oleh manusia akan sangat sulit untuk bisa gacor jika tanpa memakan kroto. Meskipun sudah dipelihara lama dan bahkan sudah jinak, sontong dan kolibri yang hanya mengkonsumsi air gula, susu, dan madu tidak akan bisa segacor kolibri dan sontong yang mau makan kroto. Itulah sebabnya kenapa para peminat kolibri dan sogok ontong berfikir bagaimana cara melatih sogok ontong dan kolibri makan kroto.
melatih kolibri makan kroto

Burung sogok ontong dan kolibri kebanyakan bukanlah burung gacoan utama bagi pemiliknya. Burung ini hanya dijadikan sebagai guru lagu atau masteran bagi burung gacoan utama, sebab karakter suara kicauan/ lagu kedua burung tersebut sangat bagus dan cocok untuk dijadikan masteran bagi burung lainnya. Itulah sebabnya banyak kicau mania yang memelihara sogok ontong dan kolibri, baik itu diperoleh dari membeli burung yang sudah gacor dan mau makan kroto, ataupun membeli bahan ombyokan.

Cara melatih kolibri dan sogok ontong makan kroto

Jika anda sudah mengetahui triknya, maka untuk membuat sogok ontong ataupun kolibri makan kroto sangatlah mudah. Hanya butuh waktu beberapa hari saja, anda sudah bisa menjadikan kedua burung mungil dan lucu dengan ciri khas paruh panjang dan melengkung tersebut menjadi burung pemakan kroto dan penghisap madu.

1. Buat air larutan gula pada sebuah cepuk wadah pakan, caranya adalah dengan melarutkan gula secukupnya kedalam air sebanyak 1/4 cepuk kecil yang biasa dijadikan wadah pakan atau minum.

2. Siapkan kroto yang masih segar kemudian taburkan kedalam air larutan gula tersebut, niarkan sebagian ikut larut kedalam air gula dan sebagian mengambang.

3. Amati dan biarkan kolibri atau sogok ontong tersebut meminum air larutan gula dan belajar makan kroto yang mengambang di larutan air gula tersebut.

4. Lakukan hal tersebut selama 3 hari berturut-turut, setelah itu cobalah untuk meletakkan kroto pada wadah tersendiri (tidak dicampur dengan air larutan gula) tapi tetap harus disediakan air larutan gula pada cepuk yang satunya lagi.

5. Lakukan hal tersebut sampai burung kolibri atau sogok ontong anda sudah mau makan kroto sendiri. Proses ini biasanya tidak memakan waktu yang lama, tidak sampai satu minggu biasanya kolibri dan sogok ontong sudah bisa makan kroto sendiri.

Tanda jika kolibri dan sogok ontong sudah mau makan kroto dapat dilihat dari kotorannya. Jika kotoran sudah tidak hanya berupa air saja, melainkan sudah ada warna hitam ditengahnya, itu tandanya kolibri dan sogok ontong anda sudah mau makan kroto. Sekarang tinggal anda berikan kroto tersebut secara rutin agar kolibri dan sontong menjadi lebih gacor. Sayangnya sekarang harga kroto cukup mahal, jadi banyak kicau mania yang mengeluh jika harus memberi pakan kroto pada burung kesayangannya setiap hari.Itulah cara melatih sogok ontong dan kolibri agar mau makan kroto sendiri, semoga bermanfaat.