Cara Membedakan Lovebird PAUD/ Balibu Dan Lovebird Dewasa

Dalam hal membedakan lovebird paud dan dewasa sebenarnya cukup mudah, itu bagi yang sudah tau triknya, tapi bagi yang belum tahu pasti akan terasa sangat sulit. Tapi menurut hemat saya, cara membedakan lovebird balibu dan lovebird dewasa terbilang lebih mudah daripada membedakan mana lovebird jantan dan mana lovebird betina.Sebab ciri-ciri lovebird jantan dan betina sangatlah mirip sekali, bahkan terkadang lovebird yang tadinya kita prediksi betina ternyata malah jantan, begitu juga sebaliknya, lovebird yang dikira jantan ternyata malah bertelur. Berbeda dengan ciri-ciri lovebird dewasa dan lovebird paud (lovebird muda) yang belum mengalami proses ganti bulu muda ke dewasa, dimana lovebird balibu memiliki beberapa ciri yang tampak jelas sekali.
cara membedakan lovebird paud balibu
BACA JUGA: Ciri-ciri lovebird jantan
Sekarang ini sedang ramai-ramainya lovebird paud/ balibu yang sudah ikut dilombakan, tentu saja tujuan lomba tersebut hanya sekedar untuk melihat seberapa fighter dan seberapa prospek lovebird balibu tersebut. Biasanya untuk lomba lovebird kelas balibu, saat mendaftar lovebird akan dilihat dulu oleh juri, apakah masih masuk dalam kategori paud atau sudah dewasa. Jadi sang juri tentu sudah sangat faham sekali tentang cara membedakan lovebird balibu dan dewasa tersebut.
BACA JUGA: Ciri-ciri lovebird betina
Lovebird masih bisa dikatakan paud dan dapat diikutkan dalam kelas balibu jika usianya masih dibawah 5 bulan, tapi ada juga gantangan yang memberikan batas kelas paud yaitu usia dibawah 6 bulan, yang pasti lovebird yang masih paud jangan terlalu sering dilombakan, sebab akan berdampak kurang bagus saat dewasa nanti.
ciri-ciri lovebird paud balibu

Cara membedakan lovebird paud/ balibu dan dewasa

Jika anda ingin tahu cirinya secara pasti, maka belajarlah pada juri lomba lovebird kelas paud, sebab mereka pasti sudah sangat hafal sekali. hehehe.. Oiya kalau anda ingin membeli lovebird paud sebaiknya berhati-hati, harus faham ciri-cirinya terlebih dahulu, jika tidak, bisa-bisa anda akan ketipu oknum penjual lovebird yang tidak bertanggung jawab. Sebab tidak sedikit para lovebird mania pemula yang ketipu, katanya masih paud usia 3 bulan, tapi baru dirawat seminggu sudah langsung brodol bulunya.

Ciri-ciri lovebird paud/ balibu

1. Dilihat dari paruhnya, lovebird paud biasanya masih berwarna merah muda (paruh merah), belum terlalu banyak bekas luka/ goresan, dan terkadang masih ada kumisnya (warna hitam) dibagian pangkal paruh, kumis hitam tersebut biasanya menandakan usia lovebird masih dibawah 2 bulan. Sedangkan untuk lovebird paruh putih yang masih muda biasanya berwarna orange muda, semakin tua warna orange semakin kebawah. Dan ketika sudah dewasa warna paruhnya berwarna gading.

2. Dilihat dari durasi dan kemampuan ngekeknya, lovebird balibu tentu belum bisa menandingi lovebird dewasa. Durasi ngekek lovebird paud biasanya tidak lebih dari 20 detikan/ masih eped-eped, dan narik-narik saja.

3. Dilihat dari warna kakinya, lovebird paud biasanya masih terdapat totol-totol berwarna hitam.

4. Dilihat dari matanya, lovebird balibu biasanya masih tampak fresh dan segar (belum terdapat keripu pada area mata).

5. Didengar dari suaranya, lovebird paud biasanya memiliki karakter suara yang masih kasar, namun terkadang ada juga lovebird dewasa yang bersuara kasar, hal ini biasanya terjadi karena efek pemberian pakan. Atau bisa juga karena faktor keturunan dari lovebird import dari taiwan, pakistan, dan eropa yang cenderung memiliki suara yang kasar pula.

6. Dilihat dari bulunya, warna bulu lovebird balibu biasanya masih tampak kusam dan belum berkilau, karena belum mengalami proses ganti bulu dewasa.
ciri lovebird paud dan dewasa


Ciri-ciri lovebird dewasa

1. Paruh lovebird dewasa biasanya sudah berwarna tua/ merah hati (untuk lovebird paruh merah) Sedangkan untuk lovebird paruh putih yang sudah dewasa paruhnya berwarna gading.

2. Warna kaki lovebird dewasa akan terlihat kusam dan berkerut.

3. Warna bulu lovebird dewasa sudah terlihat cerah, mengkilat, dan rapi, karena sudah melewati proses mabung (ganti bulu dewasa)

Itulah ulasan mengenai perbedaan lovebird paud/ balibu dan lovebird dewasa sesuai dengan pemahaman saya. Karena keterbatasan saya tentang burung, mohon maaf jika ada kesalahan atau ciri-ciri yang tidak sesuai dengan pemahaman para pembaca. Semoga bermanfaat.