Cara Memilih Anakan Pleci Jantan Yang Baik Dan Prospek

Cara memilih anakan pleci jantan prospek
Images by: Wikimedia.org
Cara memilih anakan pleci jantan - Burung pleci sampai hari ini harganya masih tetap tinggi dan peminatnya pun juga masih sangat banyak sekali. Disetiap kota dan disetiap gantangan burung hampir semua menyertakan lomba kelas pleci, baik itu untuk gantangan Latber (Latihan bersama) ataupun gantangan Latpres (Latihan prestasi) masih cukup banyak peminatnya, bahkan ada sebagian kota yang gantangan plecinya selalu ramai dan full gantangan.

Disisi lain keberadaan burung pleci semakin saja langka dan mungkin suatu saat akan punah, sebab perburuan burung pleci baik itu perburuan muda hutan ataupun anakan pleci yang masih dalam sarang masih sangat ramai sekali, bahkan permintaan pasar terhadap burung pleci lebih banyak daripada hasil tangkapan dari sang pemburu. Selain itu faktor semakin langkanya burung pleci disebabkan karena jenis burung dengan tubuh kecil ini cukup sulit untuk ditangkar/ dikembangbiakkan.

Memilih burung pleci yangi prospek untuk lomba bisa dibilang gampang-gampang susah, karena karakter burung yang satu ini cukup rumit, khususnya bagi para pemula yang belum teralu faham dengan seluk beluk dan karakter pleci secara kafah. Ada yang berpendapat bahwa pleci jawara adalah pleci jantan yang dipelihara sejak masih anakan dengan full masteran dan perawatan yang baik. Ada pula yang berpendapat jika pleci tangkapan muda hutan jika full master dan dipelihara dengan baik juga akan menghasilkan pleci jawara yang moncer saat lomba.

Menurut saya semuanya benar, banyak pleci jawara yang dipelihara sejak masih anakan, dan ada pula pleci jawara hasil tangkapan hutan yang dipelihara dan dirawat secara baik. Pertanyaannya, bagaimana cara memilih anakan pleci jantan yang bagus dan prospek sehingga bisa menjadi jawara? Sebab pada posting kali ini sesuai dengan judul diatas, bahwa saya akan membahas tentang cara memilih anakan pleci jantan yang baik dan prospek, bukan bagaimana cara memilih pleci jantan hasil tangkapan hutan yang sudah dewasa.

Cara memilh anakan pleci jantan yang prospek

anakan pleci jantan prospek
Dalam memilih anakan pleci jantan anda harus teliti dan berhati-hati, sebab kebanyakan kios atau penjual pleci akan memilih dan menyeleksi terlebih dahulu anakan pleci yang hendak dijual, dimana anakan pleci jantan yang berkualitas sudah diambil dan disisihkan terlebih dahulu, sisanya hanya tinggal anakan pleci betina atau anakan yang tidak prospek yang dijual ke pembeli, kecuali jika anda membeli langsung kepada pemburu atau membeli ke penjual yang sudah terpercaya dan sudah memiliki nama dan keahlian dalam memilih anakan pleci jantan yang baik, tapi tentunya jika anda membeli ke penjual tersebut pasti harganya akan lebih mahal.

Adapun cara memilh anakan pleci jantan yang baik dan prosepek untuk lomba adalah sebagai berikut:

1. Pilih anakan pleci yang memiliki bentuk kepala yang cenderung memanjang dan datar, jangan memilih anakan pleci dengan kepala bulat dan pendek, sebab kemungkinan besar anakan pleci tersebut berjenis kelamin betina.

2. Pilih anakan pleci yang berwarna terang, bukan yang berwarna kusam atau keabu-abuan.

3. Pilih anakan pleci yang memiliki postur badan yang besar dan bongsor atau lebih besar dari anakan pleci lainnya.

4. Pilih anakan pleci yang memiliki bulu kepala yang njambul atau tampak sering berdiri.

5. Pilih anakan pleci yang memiliki tatapan mata yang tajam, melotot, dan tampak garang.

6. Pilih anakan pleci yang suaranya lebih kencang dan ketika diloloh mulutnya tampak lebih lebar dari yang lainnya.

7. Pilih anakan pleci yang memiliki rongga mulut berwarna lebih merah dari yang lainnya.

8. Pilih anakan pleci yang pada pangkal lidahnya terdapat garis hitam disisi kiri dan kanan, sebab ciri tersebut menandakan bahwa anakan pleci tersebut berjenis kelamin jantan.

9. Pilih anakan pleci yang menyerupai burung cucak ijo, dimana warna paruh bagian bawah cenderung lebih gelap.

10. Pilih anakan pleci yang memiliki kacamata/ lingkar mata berwarna putih yang lebih tebal dan tajam.

Jika anda menemukan anakan pleci yang sesuai dengan kriteria dan ciri-ciri diatas, kemungkinan besar anakan pleci tersebut berjenis kelamin jantan dan memiliki prospek yang baik ketika dewasa, dengan catatan anda pelihara dengan pola rawatan yang baik dan benar, serta anda berikan masteran dengan irama dan lagu yang tepat secara full masteran.

Demikianlah tips dan cara memilih anakan pleci yang bagus dan prosepek untuk lomba ketika dewasa bisa menjadi jawara pleci tingkat kota atau bahkan tingkat nasional. Semoga bermanfaat, Salam pleci mania indonesia.