Cara Menjinakkan Pleci Bakalan Yang Masih Giras

Cara menjinakkan pleci bakalan yang masih giras dan takut orang adalah merupakan hal yang wajib diketahui oleh para pleci mania, sebab hampir semua pleci bakalan hasil tangkapan hutan pasti masih giras dan takut terhadap manusia serta benda-benda disekitar kita, kecuali pleci hasil tangkapan yang sebelumnya sudah pernah dipelihara orang lain (pleci bandangan).  Pleci bakalan yang anda beli dari kandang ombyokan, setelah anda pisah ke kandang sendiri perlu tahap adaptasi terhadap lingkungan sekitar, termasuk terhadap anda sebagai pemiliknya, jadi pada masa adaptasi tersebut dibutuhkan perawatan khusus agar burung pleci bisa jinak dan dengan mudah merekam suara masteran yang anda berikan.
cara menjinakkan pleci

Dalam menjinakkan pleci bakalan tentu bukanlah hal yang mudah, tetapi juga bukan hal yang susah-susah amat, mungkin masih lebih susah menjinakkan bakalan burung cendet hasil tangkapan hutan. Sebab cendet termasuk burung yang memiliki karakter predator dan fighter tapi mudah stress dan mudah mati jika tidak dirawat dengan benar. Penyebab kenapa menjinakkan burung pleci bahan ombyokan agak susah, adalah karena cara penangkapan pleci hutan tersebut yang terkadang menyakiti sehingga membuat pleci menjadi trauma. Contoh penangkapan pleci yang terbilangdapat menyakiti burung adalah dengan metode menggunakan pulut/ perekat, sebab jebakan perekat tersebut terkadang dapat membuat bulu burung rusak/ tercabut dengan paksa.
BACA JUGA: Perbedaan dan cara memilih pleci jantan dan betina

Cara menjinakkan pleci bahan ombyokan

Ada beberapa cara dan tahapan yang perlu anda lakukan agar pleci hasil tangkapan hutan yang anda beli bisa cepat jinak dan lulut.  Meskipun cara tersebut tidak  menjamin 100% berhasil, tapi sudah banyak pleci mania yang sukses menjinakkan pleci dengan metode yang akan saya ulas dibawah ini.
Menjinakkan pleci bahan ombyokan

1. Menjinakkan pleci dengan terapi mandi basah kuyup

Pleci bakalan yang masih giras dan suka ngelabak harus anda mandikan sampai basah kuyup (lepek). Cara memandikannya tentunya dengan menggunakan metode spray/ semprot, sebab pleci ombyokan tentu belum mau mandi dengan metode mandi karamba. Caranya adalah semprot dengan sprayer dengan setelan halus (embun) secara terus menerus sampai benar-benar basah kuyup, kemudian jemur dibawah (bukan digantung) dan biarkan pleci didis sambil membersihkan bulu-bulunya. Lakukan terapi mandi basah kuyup tersebut setiap hari 3x yaitu pagi, siang, dan sore hari secara rutin.

2. Menjinakkan pleci dengan terapi lidi

Apa itu terapi lidi? Terapi lidi adalah metode menjinakkan pleci dengan membelai/ mengusap-usap bulu burung pleci dengan menggunakan sebatang lidi. Caranya adalah ambil sebatang lidi kemudian usap-usapkan lidi tersebut secara perlahan ke bulu burung yang bulunya baru kering setelah dimandikan. Hati-hati dalam melakukan terapi lidi ini, jangan sampai menusuk burung sehingga burung pleci anda terluka dan justru membuatnya semakin giras dan takut dengan anda.

Terapi lidi ini bertujuan untuk memanjakan pleci dengan usapan lembut lidi, dan jika burung sudah mulai merasa nyaman, sedikit demi sedikit potong lidi menjadi lebih pendek sampai pleci tidak takut dengan anda dan mau disentuh dengan tangan. Lakukan hal tersebut sesering mungin untuk memanjakan pleci ombyokan tersebut, dalam waktu yang relatif singkat, pleci anda akan menjadi lebih jinak dan tidak takut lagi.

3. Menjinakkan pleci dengan terapi lapar

Layaknya orang yang sedang berpuasa, bahwa berpuasa adalah untuk melatih kesabaran. Begitu pula dengan burung pleci, bisa kita buat menjadi lebih tenang dengan cara terapi lapar. Caranya adalah ambil pakan dari sangkar saat malam hari sampai pagi hari. Saat pagi hari tentu burung akan merasa lapar, nah saat itulah anda dapat memberikan pakan ulat hongkong dengan meloloh/ menggunakan tangan secara langsung. Jika pleci belum mau mematuk ulat hongkong yang anda pegang, cobalah untuk memberikannya menggunakan sebatang lidi. Tancapkan lidi pada ulat hongkong kemudian berikan pada pleci yang sedang kelaparan. Lakukan terapi tersebut secara rutin setiap hari, sehingga pleci akan merasa ketergantungan terhadap anda, dan merasakan bahwa anda adalah pemiliknya yang merawat ia dengan baik dan penuh kasih sayang.

4. Menjinakkan pleci dengan keramaian

Saat masih hidup liar dihutan, pleci tentu jarang sekali bertemu dengan manusia dan jauh dari keramaian. Nah sekarang biasakan pleci ombyokan tersebut untuk berinteraksi dengan manusia dan lalu lalang keramaian, lama kelamaan pleci pasti akan terbiasa dengan lalu lintas manusia dan kendaraan sehingga tidak akan takut lagi, sebab ia sudah tahu bahwa manusia dan kendaraan bukanlah ancaman baginya. Cara ini selain dapat menjinakkan burung ternyata juga dapat melatih mentalnya. Sehingga ketika dilombakan, pleci sudah tidak kaget dan takut lagi dengan keramaian.

Itulah ulasan mengenai cara menjinakkan pleci bakalan ombyokan hasil tangkapan hutan yang dapat saya tuliskan. Jika anda melakukan tips-tips diatas secara benar dan rutin, kemungkinan besar anda akan berhasil menjinakkan pleci ombyokan hasil tangkapan liar dari manapun asalnya. Semoga bermanfaat.