Cara Menjodohkan Kenari Jantan Dan Betina Siap Kawin

Cara menjodohkan kenari - Memelihara burung kenari memang menyenangkan, sebab burung yang satu ini selain memiliki suara kicauan yang ngeroll, indah, dan lantang, cara perawatannya pun cukup mudah. Begitu pula dengan pakan yang cukup simple, mudah, dan murah. Selain memelihara kenari sebagai burung ocehan, anda juga bisa mencoba mengembangbiakkannya (beternak kenari). Disamping menyalurkan hobby, sekaligus mencari tambahan penghasilan yang lumayan menjanjikan. Sebab beternak kenari caranya juga sangat mudah, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain itu juga tidak butuh modal yang cukup besar, karena anda bisa mencoba satu pasang kenari terlebih dahulu. Jika sudah berhasil, barulah anda menambah jumlahnya, atau beternak dalam skala yang lebih besar lagi.
cara menjodohkan kenari
Image by: Pixabay.com
Hal utama yang perlu dipelajari sebelum beternak kenari adalah bagaimana cara menjodohkan kenari jantan dan betina, sebab tidak semua burung kenari bisa berjodoh, kawin, dan menghasilkan keturunan. Jadi sebelumnya anda harus menjodohkan dua ekor kenari jantan dan betina yang tadinya belum saling mengenal agar saling kenal dan menjadi sepasang kenari yang berjodoh. Selain itu anda juga harus bisa harus bisa membedakan kenari jantan dan betina, baik itu yang sudah dewasa atau yang masih anakan, untuk selengkapnya silahkan baca:
Cara membedakan kenari jantan dan betina dewasa
Cara membedakan anakan kenari jantan dan betina
Setelah anda memahami kedua hal diatas, sekarang saatnya anda mencoba untuk menjodohkan kenari jantan dan betina yang bisa anda beli dari pasar, kios burung, atau peternak burung kenari yang saat ini masih banyak diminati. Meskipun harga jual kenari mengalami pasang surut, turun dan naik, tapi tetap saja peminat burung pemakan biji dan sayuran yang satu ini masih cukup banyak.

Cara menjodohkan kenari jantan dan betina

  1. Siapkan satu ekor kenari jantan dan betina dalam dua sangkar yang berbeda ( dalam sangkar masing-masing)
  2. Dekatkan kedua burung kenari jantan dan betina tersebut tetap dalam sangkar masing-masing
  3. Biarkan kedua ekor kenari berlainan jenis tersebut salin mengenal terlebih dahulu
  4. Amati perilakunya, jika burung kenari jantan sudah mulai agresif, rajin, berkicau dan mulai menabrak jeruji sangkar untuk mengejar si kenari betina, besar kemungkinan si jantan sudah mulai jatuh cinta.
  5. Amati pula dengan perilaku kenari betina, jika ia lebih sering diam membungkuk sambil mendengarkan suara kenari jantan, itu tandanya si betina juga sudah mulai jatuh cinta, yang artinya kedua burung kenari anda sudah berjodoh.
  6. Selanjutnya masukkan sepasang kenari yang sudah berjodoh tersebut kedalam satu sangkar, amati perilakunya, jika keduanya sudah saling meloloh, berarti proses penjodohan sudah berhasil.Tapi jika dalam kurun waktu 2-3 hari ternyata keduanya masih suka bertarung, sebaiknya segera pisahkan, dan cobalah untuk menjodohkan kembali, atau menjodohkannya dengan kenari yang lain.
Oiya sebelum menjodohkan kenari jantan dan betina, pastikan kedua ekor kenari tersebut sudah masuk pada tahap siap kawin, ini bertujuan agar ternak kenari lebih cepat produksi. Sebab jika anda menjodohkan dua ekor kenari yang belum siap kawin, tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk produksi, sebab kenari tersebut belum masuk usia yang siap kawin. Untuk lebih jelasnya, berikut akan saya ulas ciri-ciri kenari yang sudah siap kawin.
ciri-ciri kenari siap kawin
Image by: Pixabay.com

Ciri-ciri kenari jantan yang siap kawin
  1. Kenari jantan yang siap kawin tentu yang sudah masuk usia mapan/ bukan lagi paud
  2. Kenari jantan siap kawin biasanya ditandai dengan rajin berkicau sambil menurunkan kedua sayapnya.
  3. Kicauan kenari jantan siap kawin suaranya lebih keras, dan lebih panjang tanpa terputus-putus.
  4. Kenari jantan siap kawin akan terlihat sering naik-turun sangkar ketika melihat atau didekatkan dengan kenari betina.
Ciri-ciri kenari betina siap kawin
  1. Kenari betina siap kawin akan tampak gelisah, mengepakkan kedua sayap sambil mencicit atau bersuara kecil cit cit ketika melihat atau mendengar suara kicauan kenari jantan
  2. Kenari betina siap kawin akan tampak dari perilakuknya yang suka ngunjal/ mengangkut benda-benda kecil dan ringan yang terdapat didalam sangkar, seperti daun, ranting kecil, kertas, rontokan bulu, dan lain sebagainya.
  3. Pada kenari betina jika alat kelaminnya sudah terlihat membengkak dan berwarna merah, itu tandanya sudah siap kawin.
Itulah ulasan mengenai ciri kenari jantan dan betina siap kawin serta cara menjodohkan kenari jantan dan betina yang dapat saya tuliskan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam kicau mania...