Manfaat Daun Dewa Untuk Lovebird: Tingkatkan Stamina Dan Volume Suara

Kicau-Burung.Com - Manfaat daun dewa, atau orang jawa sering menyebutnya dengan istilah daun sambung nyawa/ sambung nyowo, selain memiliki manfaat yang besar untuk manusia, ternyata juga memiliki manfaat yang tak kalah pentingnya bagi burung lovebird. Salah satu manfaat daun dewa untuk lovebird adalah untuk meningkatkan stamina dan volume suara lovebird.
daun dewa tingkatkan volume suara lovebird.jpg
Gambar daun dewa
Beberapa tahun yang lalu keberadaan daun dewa atau samber nyowo tersebut sudah semakin sulit untuk ditemui, tapi akhir-akhir ini setelah banyak orang yang mengetahui tentang manfaat daun dewa tersebut, maka tanaman daun dewa mulai dibudidayakan lagi. Sekarang kita dapat dengan mudah menemukan daun dewa di kios penjual tanaman obat-obatan.

Saya sendiri mulai menanam daun dewa sejak tahun 2010an, awalnya adalah untuk pengobatan ayah saya yang terkena penyakit kanker jinak. Menurut pengakuan salah seorang sahabat saya yang tinggal di surabaya, ada salah satu kerabatnya yang dulu juga pernah terkena penyakit tumor. Hanya dengan mengkonsumsi daun dewa tersebut secara rutin, Alhamdulillah penyakit tumor tersebut bisa sembuh secara total. Sayapun meminta tolong kepada sahabat saya tersebut untuk mengirim daun dewa ke Bekasi melalui jasa paket tiki, karena didekat rumahnya masih banyak tumbuh daun dewa.

Singkat cerita, daun dewa tersebut saya tanam dan saya rawat dengan baik, sehingga dapat tumbuh dengan subur, bahkan saya membawa beberapa batang daun dewa pulang kampung ke solo dan saya tanam dipekarangan rumah di solo. Alhamdulillah sampai sekarang masih tumbuh dengan subur dipekarangan rumah saya yang di solo.
BACA JUGA: Manfaat daun krokot untuk lovebird

Manfaat daun dewa untuk lovebird

Kembali pada pokok pembahasan, yang mana daun dewa tersebut bermanfaat untuk meningkatkan stamina lovebird dan meningkatkan volume suara lovebird. Jadi bagi para lovebird mania yang memiliki burung lovebird yang gampang loyo saat lomba, atau lovebird anda suaranya serak dan kurang lantang, sekarang anda tak perlu khawatir lagi. Tidak perlu membeli vitamin atau doping lovebird yang harganya mahal itu, anda cukup memanfaatkan daun dewa dengan cara diberikan langsung kepada burung lovebird. Jika anda melakukannya dengan baik dan benar, dalam kurun waktu yang cukup singkat, lovebird anda akan menjadi lebih gacor dan memiliki stamina yang stabil.

10 manfaat daun dewa untuk lovebird
  1. Meningkatkan power dan stamina lovebird saat lomba
  2. Membuat lovebird menjadi lebih gacor dan rajin berkicau
  3. Memaksimalkan/ membuat suara lovebird menjadi lebih keras
  4. Menyembuhkan lovebird yang menderita peradangan (obat anti peradangan)
  5. Mencegah dan menyembuhkan lovebird stress (obat anti stress)
  6. Mempercantik bulu-bulu lovebird (bulu menjadi lebih licin, mulus, mengkilap, dan memiliki warna yang cerah)
  7. Menggemukkan atau menambah berat badan lovebird
  8. Sebagai obat untuk lovebird yang menderita sakit dada nyilet (terlalu kurus)
  9. Sebagai obat penyakit mata snot lovebird
  10. Mengobati lovebird yang bersuara serak
BACA JUGA: Manfaat daun mengkudu untuk lovebird
Manfaat daun dewa untuk manusia

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa daun dewa memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan manusia. Apa saja khasiat daun dewa bagi manusia? Silahkan simak ulasan berikut ini:

  1. Mengobati penyakit tumor dan kanker
  2. Sebagai obat perda rasa nyeri
  3. Untuk melancarkan sirkulasi darah
  4. Sebagai obat anti radang
  5. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi
  6. Untuk mengobati luka memar
  7. Obat turun panas
  8. Bermanfaat untuk menghentikan pendarahan
  9. Mengobati penyakit diabetes militus/ penyakit kencing manis
  10. Sebagai obat anti racun
  11. Dan masih banyak lagi  
 Ciri-ciri fisik daun dewa

Untuk memudahkan anda dalam mencari daun dewa agar tidak bingung dan salah pilih, berikut akan sedikit saya ulas mengenai ciri fisik daun dewa.
  1. Pohon daun dewa hanya dapat tumbuh sampai berukuran antara 30 cm sampai 40 cm saja, jadi tidak dapat tumbuh besar seperti pohon yang lainnya.
  2. Daun dewa memiliki batang yang pendek, berbentuk tegak keatas, berkarakter lunak, berbentuk segilima, dan berbulu halus.
  3. Daun dewa berbentuk lonjong, berbulu halus, berujung lancip, dengan panjang sekitar 20 cm, dan lebar sekitar 10 cm .
  4. Pada tepian daun dewa terdapat garis berwarna hijau keungu-unguan.
  5. Cara menanam daun dewa cukup mudah, hanya dengan menancapkan batangnya atau dengan cara menanam umbinya secara langsung, asal dirawat dan rajin disiram, maka daun dewa akan tumbuh subur.

 Cara pemberian daun dewa untuk lovebird

manfaat daun dewa untuk lovebird
Burung lovebird
1. Petik daun dewa yang masih segar, kemudian bersihkani dengan air yang bersih, setelah itu berikan secara langsung pada lovebird kesayangan anda. Cara pemberiannya bisa disuap secara langsung, atau bisa juga digantung disangkar seperti saat anda memberikan ekstra fooding lainnya, karena daun dewa ini juga bisa sebagai pengganti ekstra fooding kangsung, krokot, dan tanaman sayuran lainnya.

2. Petik daun dewa yang masih segar, cuci dengan air bersih, kemudian remas dengan ujung jari sampai membentuk bulatan-bulatan kecil seukuran biji jangung.Letakkan bulatan daun dewa tersebut pada cepuk wadah pakan, biarkan lovebird memakannya seperti saat memakan biji-bijian lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun dewa untuk lovebird, dimana daun dewa tersebut bermanfaat untuk meningkatkan stamina lovebird dan meningkatkan volume suara lovebird. Semoga artikel mengenai daun dewa ini bermanfaat bagi anda kicau mania dan pembaca setia blog kicau-burung ini. Sekian dan selamat mencoba.