Meningkatkan Durasi Ngekek Lovebird Dengan Jemur Kerodong


jemur kerodong lovebird
Ada banyak cara untuk meningkatkan durasi ngekek lovebird, mulai dari mandi malam, kandang umbaran, terapi berenang, terapi panas dingin yaitu dimadikan kemudian dijemur, dimandikan lagi kemudian dijemur lagi, pemberian doping vitamin dan pakan, dan masih banyak lagi cara-cara yang digunakan oleh para lovebird mania untuk
atau burung cinta kesayangannya.

Nah pada posting kali ini saya juga akan membagikan sedikit rahasia yang saya peroleh dari masternya lovebird mania untuk meningkatkan durasi ngekek lovebirdnya. Caranya cukup simple, yaitu dengan menggunakan terapi jemur kerodong seperti yang banyak diterapkan pada burung kicauan lainnya seperti kacer dan cendet.

Terapi jemur kerodong ini awalnya ditemukan dan diaplikasikan untuk mempercepat proses mabung atau untuk mengatasi burung yang macet mabung. Seiring berjalannya waktu ternyata terapi jemur kerodong tersebut juga memiliki dampak baik/ manfaat yaitu membuat burung menjadi lebih gacor dan meningkatkan durasi kicauan burung, khusus untuk burung lovebird sendiri yaitu bermanfaat untuk menambah/ meningkatkan durasi ngekek.

meningkatkan durasi ngekek lovebird

Jemur kerodong basah untuk meningkatkan durasi ngekek lovebird

Sebelum saya membahas lebih jauh mengenai cara meningkatkan durasi ngekek lovebird dengan jemur kerodong basah, anda perlu tahu bahwa terapi jemur kerodong tersebut ada 4 macam jenis, dan memilik tujuan dani manfaat yang berbeda-beda, jadi anda jangan sampai salah menggunakan salah satu terapi jemur kerodong tersebut.

1. Jemur kerodong basah, burung basah

Untuk terapi jemur kerodong yang pertama ini yaitu dengan memandikan burung terlebih dahulu, kemudian membasahi kerodong, lalu menjemur burung dalam keadaan basah dan dikerodong basah dibawah terik sinar matahari, Jemur kerodong tipe ini memiliki manfaat dan tujuan untuk menjinakkan burung yang galak dan menjinakkan burung yang giras atau ngelabak.

2. Jemur kerodong kering, burung kering

Terapi jemur kerodong yang kedua yaitu burung kering dan kerodongpun juga kering. Jadi anda cukup menjemur burung yang kering dengan kerodong kering dibawah sinar matahari langsung. Jemur kerodong tipe ini memiliki manfaat untuk meningkatkan birahi burung dan meningkatkan volume burung. Jadi jangan salah ya, jika lovebird anda sedang over birahi, jangan sampai menggunakan jemur kerodong tipe ini, bisa-bisa birahi lovebird anda makin menjadi-jadi.

3. Jemur kerodong kering, burung basah

Terapi jemur kerodong yang ketiga ini bertujuan untuk membakar lemak burung atau melangsingkan burung yang kegemukan. Selain itu juga bermanfaat untuk mengatasi burung yang macet mabung, karena terapi jemur kerodong ini bersifat membuka pori-pori burung untuk merangsang proses mabung. Caranya yaitu dengan memandikan burung kemudian dikerodong kering dan langsung dijemur dibawah terik matahari selama beberapa menit.

4. Jemur kerodong basah, burung kering

Terapi jemur kerodong yang ke empat inilah yang akan saya bahasa lebih lanjut, yaitu jemur burung yang dalam keadaan kering menggunakan kerodong yang basah. Terapi jemur kerodong basah ini dipercaya mampu meningkatkan durasi ngekek lovebird gacoan anda sekaligus membuat lovebird kesayangan anda menjadi lebih gacor dan rajin berbunyi.
menambah durasi ngekek lovebird

Saya sendiri sebagai penulis sekaligus pecinta lovebird menerapkan terapi jemur kerodong basah ini dengan tata cara sebagai berikut:

1. Pagi hari sekitar jam 05.30 lovebird saya keluarkan, dibuka kerodong dan diembunkan sambil diangin-anginkan sebentar.

2. Selanjutnya lovebird dimandikan sampai basah kuyup dengan menggunakan semprot setelan embun. Bersihkan sangkar dan wadah pakan serta minum dari kotoran, ganti air minum dengan yang baru dan bersih, tambahkan atau ganti pakan milet putih dengan yang baru.

3. Angin-anginkan lovebird sampai bulu-bulu kering dan biarkan lovebird berkicau menikmati udara pagi. Proses angin-angin ini biasanya saya lakukan dengan meletakkan sangkar lovebird dilantai, bukan digantung.

4. Saat matahari pagi sudah mulai panas, basahi kerodong dengan menggunakan air bersih, kemudian kerodong burung lovebird anda dan jemur dibawah sinar matahari langsung. Pada saat penjemuran sebaiknya pakan diambil dulu, cukup berikan minum saja.

Proses penjemuran untuk tahap awal sebaiknya cukup 10-15 menit saja, untuk selanjutnya durasi bisa anda tambah sedikit demi sedikit sampai lovebird sudah terbiasa dengan terapi jemur erodong tersebut. Jika sudah terbiasa, anda boleh menjemur dengan kerodong tersebut dengan durasi sampai 1 jam atau bahkan lebih.

Waktu penjemuran usahakan jangan sampai melebihi jam 11 siang, karena jika terlalu siang sinar matahari sudah sangat terik dan panas, ditakutkan justru berdampak buruk bagi kesehatan lovebird anda. Waktu penjemuran yang baik yaitu sekitar jam 9 sampai jam 10 pagi, karena pada jam-jam tersebut sinar matahari masih aman untuk kesehatan burung.

Demikianlah cara meningkatkan durasi ngekek lovebird dengan terapi jemur kerodong basah yang dapat saya bagikan untuk anda para lovebird mania, semoga bermanfaat dan Salam ngekek juara..