Perbedaan Dan Cara Memilih Pleci Jantan Dan Betina

perbedaan pleci jantan dan betina
Perbedaan pleci jantan dan pleci betina
Perbedaan pleci jantan dan betina selalu menjadi kendala pagi para pleci mania pemula, pasalnya burung pleci termasuk dalam kategori burung "monomorfik" dimana burung tersebut antara yang jantan dan betina memiliki kemiripan baik dari segi bentuk, warna, dan postur tubuh. Hal itulah yang terkadang membuat kita kesulitan dalam membedakan jenis kelamin pleci jantan dan betina. Tapi anda tidak perlu khawatir, meskipun tampak sama, tapi tentu saja pasti ada perbedaannya. Asalkan anda jeli, teliti, dan sudah biasa memelihara serta mengamati burung pleci, lama kelamaan anda pasti akan dengan mudah mengetahui perbedaan mana pleci jantan dan mana pleci betina.

Terdapat beberapa cara memilih pleci jantan dan betina yang dapat kita jadikan acuan, karena cara tersebut sudah sering digunakan oleh para pleci mania, baik itu pemain, penangkar, ataupun pencetak dan penjual burung pleci. Cara memilih burung kacamata tersebut adalah dengan memperhatikan perilaku, ciri fisik, serta suara kicauannya. Untuk burung pleci jantan biasanya akan memiliki suara kicauan yang lebih merdu dan indah, bahkan dalam waktu yang cukup singkat, pleci jantan biasanya sudah bisa ngeriwik dan buka paruh. Itulah kenapa para pleci mania lebih memilih untuk memburu pleci jantan daripada pleci betina.

Pleci jantan biasanya digunakan untuk kicauan, baik untuk lomba ataupun hanya untuk kicauan rumahan, selain itu harga pleci jantan jauh lebih mahal dari pleci betina, bahkan jika sudah gacor dan memiliki prestasi yang cukup mentereng, harga pleci jantan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Berbeda dengan pleci betina yang memiliki suara kicauan yang relatif monoton dan hanya itu-itu saja. Itulah sebabnya kenapa pleci betina harganya jauh lebih murah, hanya sampai puluhan ribu rupiah saja. Biasanya pleci betina hanya dijadikan "unthulan" untuk pleci jantan, atau bisa juga dijadikan indukan bagi para peternak pleci.

Cara memilih pleci jantan dan betina

cara memilih pleci jantan dan betina

Secara mendasar, perbedaan pleci jantan dan betina terletak pada kualitas kicauannya seperti yang telah saya jelaskan diatas. Selain itu juga terdapat perbedaan yang terletak pada ciri fisiknya. Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak ulasan saya berikut ini.

Pleci jantan secara fisik memiliki bagian yang berwarna hitam pada sisi kanan dan sisi kiri yang terdapat pada rongga tenggorokannya. Jadi pastikan anda melihat dengan seksama warna rongga tenggorokan pada burung pleci yang akan anda pilih. Jika anda memilih yang jantan, maka carilah pleci yang didalam rongga tenggorokan, khususnya pada bagian sisi kanan dan kirinya terdapat warna hitam. Tapi jika anda memilih pleci betina, maka pilihlah yang tidak terdapat warna hitam pada rongga tenggorokannya, tetapi pilihlah yang memiliki rongga tenggorokan yang berwarna merah muda, tanpa ada warna hitamnya.

Ciri-ciri pleci jantan dan betina

Selain ciri fisik diatas, masih ada ciri fisik lainnya yang dapat anda amati dari burung pleci yang akan anda beli, khususnya jika anda membeli burung pleci dalam kandang ombyokan.

ciri-ciri pleci jantan dan betina

Ciri burung pleci jantan
  1. Warna bulu pada pleci jantan jauh lebih cerah dan tampak mencolok, sedangkan pleci betina warna bulunya tampak lebih kusam.
  2. Body atau ukuran tubuh pleci jantan tampak lebih panjang dan besar daripada pleci betina.
  3. Pleci jantan memiliki ukuran paruh yang lebih pendek dan tebal.
  4. Bentuk kepala pleci jantan tampak lebih bulat dengan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran kepala pleci betina.
  5. Kaca mata atau klep mata pada pleci jantan berwarna putih tebal dan bagian bawahnya tampak putus-putus.
  6. Dubur atau pen pada pleci jantan tampak lebih besar memanjang dan ditumbuhi banyak bulu.
  7. Ekor pleci jantan lebih panjang dari pleci betina, dan pada ujungnya biasanya membentuk huruf V.
Ciri burung pleci betina 
  1. Warna bulu pada pleci betina tampak lebih kusam dari pleci jantan.
  2. Body atau ukuran tubuh pleci betina cenderung lebih pendek dan bulat.
  3. Ukuran dan bentuk paruh pleci betina lebih kecil dan memanjang.
  4. Bentuk kepala pleci betina cenderung lebih kecil dan ramping.
  5. Kaca mata atau klep pleci betina berwarna putih tebal tanpa adanya bagian yang terputus-putus pada bagian bawahnya.
  6. Pen atau dubur pleci betina cenderung lebih kecil dan hanya sedikit ditumbuhi bulu, hal ini bertujuan untuk memudahkan penetrasi saat kawin.
  7. Ekor pleci betina cenderung lebih pendek, dan ujungnya hanya berbentuk rata.

Cara memilih pleci jantan dan betina

Selain dengan melihat ciri fisiknya, cara lain untuk memilih pleci jantan dan betina adalah dengan memperhatikan tingkah laku serta gerak-gerik dari burung kacamata tersebut. Dimana secara agresifitas dan kelincahan, burung pleci jantan cenderung lebih lincah dan agresif, sedangkan untuk pleci betina cenderung pendiam dan kurang agresif.

Saat disemprot dengan air/ saat dimandikan dengan cara disemprot, pleci jantan biasanya pada bagian bulu kepalanya agak tampak menjambul, dan pupil matanya agar terlihat mengecil. Sedangkan untuk pleci betina saat disemprot, bulu kepalanya tidak akan menjambul, dan tidak ada perubahan pada pupil matanya. Cara ini biasanya digunakan untuk memilih pleci jantan dan betina yang masih dalam ombyokan.

Itulah perbedaan, ciri-ciri, dan cara memilih pleci jantan dan betina yang dapat anda praktekkan saat memantau pleci, khususnya yang masih bahan tangkapan hutan yang masih dijual dalam bentuk ombyokan. Jika anda ingin membeli bahan anakan pleci, anda sebaiknya membaca terlebih dahulu ulasan saya berikut ini: Cara memilih anakan pleci yang baik dan prospek.
Sekian dan semoga bermanfaat.