Cara Merawat Anakan Pleci Lolohan Yang Benar

Kicau-Burung.Com: Cara merawat anakan pleci lolohan -Memeliharan burung pleci sejak masih anakan memang merupakan sebuah tantangan yang mengasyikkan, karena kita bisa memberi makan dengan cara menyuapai atau meloloh burung pleci dengan tangan kita sendiri secara langsung. Memberikan minum dan mengelus-elus bulu lebutnya dengan penuh kasih sayang, sehingga ketika sudah besar nanti, burung bisa jinak (lulut) dengan kita, bahkan ketika lepas dari sangkar pun ia tidak akan terbang jauh-jauh, justru saat lapar biasanya akan mendekati kita untuk minta disuapi, itulah salah atu kelebihan dari lolohan pleci yang dirawat sepenuh hati.

Merawat anakan pleci memang butuh kesabaran dan ketelatenan, sebab anda harus memberi makan secara rutin agar jangan sampai kelaparan. Anda juga tidak boleh meloloh pleci sampai kekenyangan, karena kedua hal tersebut dapat menyebabkan kematian. Jika anakan pleci sampai kelaparan bisa mati, dan jika kekenyangan pun bisa mati juga. Jadi dalam meloloh pleci harus benar-benar telaten dan hati-hati, jangan kelaparan dan jangan kekenyangan, tidak perlu terlalu banyak, sedikit-sedikit asal rutin, paling tidak 2 jam sekali diberi makan.

merawat anakan pleci lolohan

Sekarang ini sudah semakin sulit memperoleh anakan pleci yang baik, sebab populasi burung pleci dihutan sudah semakin sedikit, dikarenakan perburuan liar secara massal. Itulah sebabnya kenapa sekarang ini harga anakan pleci menjadi mahal, tapi jika beruntung anda mungkin masih bisa mendapatkan anakan pleci, baik itu dari kios penjual burung, group jual beli burung pleci online, ataupun dari tukang pencari burung pleci, tapi tentu dengan harga yang lumayan mahal.
BACA JUGA: Cara memilih anakan pleci yang baik dan prosepek
Pakan yang digunakan untuk merawat lolohan pleci juga harus dibedakan dengan pakan pleci dewasa, karena proses pencernaan anakan pleci tentu berbeda dengan pencernaan pleci dewasa. Jika pleci dewasa anda bisa memberikan pakan voer kering, untuk lolohan pleci harus menggunakan voer basah, artinya voer harus diseduh dengan air terlebih dahulu, sebab jika diberi voer kering, kemungkinan besar anakan pleci akan mati.

Cara merawat anakan pleci lolohan


Dalam merawat anakan pleci, ada 3 hal penting yang harus diperhatikan, yaitu dalam hal waktu pemberian pakan, menu pakan, dan penjemuran. Jika tiga hal tersebut anda lakukan dengan benar, prosentase keberhasilan akan sangat besar.

1. Waktu pemberian pakan

Seperti yang telah saya singgung diatas bahwa pemberian pakan anakan pleci harus rutin dan teratur, jangan sampai anakan pleci merasa kelaparan dan jangan sampai merasa terlalu kekenyangan. Jadi cukup diberikan sedikit demi sedikit tapi teratur yaitu sekitar 2 jam sekali.

2. Menu pakan

Pakan yang diberikan untuk anakan pleci yang ideal adalah menggunakan voer basah, potongan perut jangkrik, kroto, dan pisang. Cara penyajiannya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan voer dengan sedikit air, kemudian aduk-aduk sampai rata dan voer menjadi lunak.
  • Masukkan potongan perut jangkrik atau kroto dedalam adonan, kemudian aduk-aduk kembali sampai rata.
  • Berikan campuran pakan tersebut dengan cara meloloh sedikit demi sedikit.
  • Lakukan variasi pakan setiap harinya, misalkan hari senin voer basah dan perut jangkrik, hari selasa voer basah dan kroto, hari rabu voer basah dan pisang. 
  • Berikan minum dengan cara meneteskan langsung keparuh anakan pleci, sebab meskipun pakan yang digunakan sudah dicampur dengan air, tapi anakan pleci masih harus diberi minum untuk memperlancar pencernaan.
3. Proses penjemuran

Pola penjemuran anakan pleci jangan disamakan dengan penjemuran pleci dewasa. Jika pleci dewasa bisa dijemur seharian dibawah sinar matahari, khusus untuk anakan pleci cukup dijemur dipagi hari maksimal 30 menit saja. Sebab jika terlalu lama dapat merusak bulu-bulu mudanya dan lebih parah lagi dapat mengakibatkan kematian.

Tips selanjutnya untuk merawat anakan pleci adalah dengan selalu menjaga kebersihan kandang. Usahakan untuk selalu membersihkan kandang setiap hari, sebab anakan pleci memiliki tingkat kekebalan tubuh yang masih rendah, sehingga masih sangat rawan terserang penyakit.

Itulah tips cara merawat anakan pleci lolohan yang benar yang dapat saya tuliskan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan menjadikan jawara pleci saat dewasa nanti, usahakn untuk memberikan full masteran 24 jam pada anakan pleci jantan milik anda.