Penyebab Dan Cara Mengatasi Lovebird Hanya Ngetik Saja Tidak Mau Ngekek

Penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik - Beberapa waktu yang lalu saya sempat menangani lovebird yang tidak mau ngekek dan hanya ngetik saja. Mungkin sobat lovebird mania juga pernah mengalami hal serupa. Lovebird yang hanya ngetik dan tidak mau ngekek memang terkadang cukup memusingkan, sebab meskipun sudah dilakukan perawatan secara optimal, terkadang penyakit ngetik tersebut tidak juga bisa hilang. Terkadang kita justru memberikan perawatan yang salah terhadap lovebird ngetik, sebab kita tidak mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya, langsung asal-asalan melakukan perawatan, hasilnya bukannya sembuh tapi malah bisa makin parah.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi lovebird tidak mau ngekek adalah dengan mencari tahu apa penyebab lovebird ngetik dan tidak mau ngekek tersebut. setelah ketemu penyebabnya, barulah melakukan action untuk mengatasinya. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa perawatan masing-masing lovebird berbeda-beda, ada yang suka dijemur dan ada yang tidak suka dijemur, ada yang suka mandi malam dan ada yang jarang mandi malam, ada yang birahinya cepat naik dan ada pula yang kurang birahi. Jadi semua tergantung dari karakter masing-masing lovebird, dan masing-masing lovebird tidak bisa diberi perlakuan perawatan yang sama.

mengatasi lovebird ngetik
Lovebird ngetik
penyebab lovebird ngetik
Image by: Youtube.com

Oleh sebab itu anda harus benar-benar mengenali karakter lovebird kesayangan anda, apa maunya dan apa kesukaannya. Lalu anda cari tahu kenapa lovebird hanya ngetik saja,? Kalau dulu rajin ngekek dan sering juara, kenapa sekarang tidak mau ngekek? Apakah lovebird sedang over birahi, kurang birahi, sakit, stress, mabung, kegemukan (ngelemak), atau memang lovebird tidak memiliki mental yang fighter dan tidak memiliki kemampuan ngekek panjang.
penyebab lovebird tidak ngekek
Images by: Avizandum.co.za

Penyebab dan solusi lovebird ngetik

1. Lovebird ngetik karena over birahi

Penyebab pertama yang biasa membuat lovebird hanya ngetik saja adalah karena over birahi. Lovebird yang sedang over birahi memang terkadang cenderung hanya ngetik saja dan tidak mau ngekek, ia lebih sering dan lebih sibuk nangkring dijeruji sangkar sambil menggigit tangkringan, jeruji sangkar, dan benda-benda yang ada didekatnya. Jika sudah demikian maka solusinya adalah dengan cara menurunkan dan menstabilkan birahinya, untuk lebih detailnya silahkan baca ulasan ini:
Cara mengatasi lovebird over birahi
2. Lovebird tidak mau ngekek karena kurang birahi

Jika over birahi dapat menyebabkan lovebird ngetik, ketika kurang birahi pun ternyata juga membuat lovebird hanya ngetik dan tidak mau ngekek. Sebab lovebird yang kurang birahi atau istilah gaulnya kurang kenceng cenderung lemas dan kurang bersemangat atau kurang menggigit. Solusinya tentu adalah dengan menaikkan atau mendongkrak birahinya. Untuk menaikkan birahi lovebird biasanya dengan cara penjemuran dan pemberian ekstra fooding pendongkrak birahi seperti kangkung, biji kwaci, jagung manis, dan vitamin atau suplemen pendongkrak birahi lovebird.
mengatasi lovebird tidak ngekek
Images by: Ocehan-kenari.blogspot.com

3. Lovebird hanya ngetik karena kegemukan

Lovebird yang kegemukan atau ngelemak tentu akan sulit untuk bisa ngekek panjang. Lovebird yang kegemukan biasanya disebabkan karena kurang gerak dan terlalu banyak makan biji-bijian dan jagung manis muda. Solusinya tentu adalah dengan menurunkan berat badan atau melangsingkan kembali. Cara mengatasi lovebird hanya ngetik saja karena kegemukan adalah dengan penjemuran, kandang umbaran, dan pengurangan pakan yang dapat menyebabkan kegemukan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca:
Cara mengatasi lovebird ngelemak atau kegemukan
4. Lovebird tidak mau ngekek karena stress

Bukan hanya lovebird saja, hampir semua jenis burung ketika sedang stress pasti tidak mau/ jarang berkicau. Karena stress juga termasuk penyakit, jadi lovebird yang sedang stress sama halnya dengan lovebird sedang sakit.  Cara mengatasi lovebird stress adalah bermacam-macam, tergantung dari penyebabnya. Jadi solusinya adalah, anda cari tahu dahulu apa penyebabnya dan kenapa lovebird anda bisa stress.

5. Lovebird hanya ngetik karena kurang fighter

Penyebab lovebird tidak mau ngekek adalah karena kurang fighter, lovebird yang kurang fighter saat melihat lovebird lain atau ketika melihat keramaian/ suasana lomba biasanya akan down alias ketakutan. Saat mentalnya turun, biasanya lovebird tidak mau ngekek, jangankan ngetik, kadang malah hanya plonga-plongo atau merambat dijeruji sangkar. Solusi untuk lovebird yang kurang fighter agak susah, lebih baik anda jual saja dan ditukar dengan lovebird yang lebih fighter.

6. Lovebird kurang prospek

Sama halnya dengan kurang fighter, karena kemampuan ngekek lovebird 60 persennya dipengaruhi oleh katuranggan/ turunan dari induknya, maka solusi untuk lovebird yang kurang prospek adalah dijual dan ganti dengan lovebird yang lebih prospek.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi lovebird hanya ngetik saja dan tidak mau ngekek panjang. Semoga dengan mengetahui penyebabnya anda bisa segera mencari solusinya, dan semoga pula dengan membaca ulasan ini permasalahan lovebird anda bisa teratasi.