Tips Dan Cara Agar Kenari Gacor Ngeroll Panjang

Cara agar kenari gacor ngerol panjang - Burung kenari memang merupakan salah satu jenis burung yang memiliki ciri khas kicauan yang ngeroll panjang dan lantang. Tapi meskipun demikian, tidak semua burung kenari bisa berkicau ngeroll panjang dan lantang, hanya kenari berkualitas yang mendapatkan perawatan yang baik pula yang bisa berkicau lantang dan ngeroll sampai hitungan menitan, dan burung kenari gacor seperti itulah yang bisa dilombakan dan harganya mahal.

Untuk dapat memiliki kenari gacor ngeroll panjang memang tidak mudah, dibutuhkan pengetahuan dan perawatan khusus secara rutin. Disamping itu juga harus didukung oleh kualitas burung kenari itu sendiri. Sebaik apapun perawatannya, jika memang pada dasarnya burung kenari yang anda pelihara bukan kenari super/ baik, maka hasilnya tidak akan bisa maksimal. Begitu pula sebaliknya, sebaik dan sebagus apapun kenari yang anda pelihara, jika tidak mendapatkan perawatan yang baik, maka hasilnya juga akan mengecewakan. Jadi antara kualitas burung dan kualitas perawatan saling berkaitan. Itulah sebabnya disini saya akan memberikan tips perawatan kenari agar gacor ngeroll, sedangkan untuk cara pemilihan bahan kenari, bisa anda baca disini: Ciri-ciri anakan kenari yang berkualitas baik

cara agar kenari gacor ngeroll panjang

Faktor lain yang mempengaruhi durasi kicauan kenari adalah terletak pada kesehatan dan kekuatan nafas dari burung kenari, karena burung kenari yang sehat dan memiliki kekuatan nafas panjang biasanya akan memiliki kemampuan untuk berkicau dengan durasi ngeroll yang panjang pula. Dengan demikian perawatan yang harus kita lakukan agar kenari bisa ngeroll panjang adalah membuat burung dalam kondisi sehat dan memiliki nafas yang panjang.

tips agar kenari gacor ngeroll panjang

Tips dan cara agar kenari menjadi gacor dan ngeroll panjang

1. Latihan pernafasan

Seperti yang telah saya singgung diatas bahwa durasi ngeroll kenari ditentukan oleh kualitas nafas, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara melatih pernafasan kenari agar memiliki nafas yang panjang dan kuat. Lalu bagaimana cara melatih nafas kenari agar kuat dan panjang? Hampir sama seperti kebanyakan burung kicauan lainnya, bahwa melatih pernafasan burung adalah dengan menggunakan kandang umbaran. Kandang umbaran dengan ukuran besar, sekitar 1-3 meter tersebut selain untuk melatih pernafasan, sekaligus dapat menguatkan otot dan ketahanan fisik dari burung, sehingga burung kenari akan dapat berkicau ngeroll dengan durasi yang panjang dan tidak mudah kelelahan.

2. Penggunaan sangkar gantung yang besar

Prinsipnya hampir sama dengan kandang umbaran, yaitu agar burung bisa lebih leluasa terbang kesana-kemari, sehingga dapat melatih pernafasan dan mengencangkan otot-otot burung kenari. Selain itu penggunaan sangkar yang luas juga mengurangi resiko kerusakan bulu akibat terkena jeruji sangkar.

3. Proses pemasteran

Cara agar kenari menjadi gacor dan ngeroll panjang adalah dengan memberikan masteran suara burung kenari atau burung lainnya yang memiliki durasi yang panjang pula. Dengan pemasteran tersebut diharapkan kenari bisa menirukan suara masteran yang memiliki durasi yang panjang. Proses pemasteran akan lebih optimal jika dilakukan sedini mungkin, bahkan ketika kenari baru menetas/ masih piyik (anakan), sebab burung pun juga seperti manusia, jika sedari kecil sudah diajarkan untuk mendengarkan yang baik-baik, maka ketika dewasa ia juga akan menjadi anak yang baik. Insya alloh...

4. Perawatan harian yang baik

Perawatan harian sangat penting sekali dan sangat menentukan kualitas kicauan burung, seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa sebagus apapun burung jika tidak mendapatkan perawatan yang baik oleh si pemiliknya, maka burung tersebut tidak bisa tampil maksimal. Dalam hal perawatan harian, masing-masing burung memiliki karakter yang berbeda-beda, jadi tergantung dari karakter burung itu sendiri. Intinya adalah pemandian, penjemuran, pembersihan kandang, pemasteran, pengerodongan, dan pemberian pakan serta minuman.

5. Pemberian pakan berkualitas

Untuk menjaga kesehatan kenari agar selalu tampil prima, maka dibutuhkan pakan yang mengandung gizi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung. Pakan kenari yang baik adalah seperti telur puyuh rebus, buah-buahan, dan sayur-sayuran sebagai pakan tambahan/ ekstra fooding agar kenari menjadi rajin berkicau dan gacor ngeroll.

Itulah sedikit ulasan mengenai tips dan cara agar kenari menjadi gacor dan ngeroll panjang yang dapat saya tuliskan. Namun perlu anda ketahu juga bahwa tips ini tidak sepenuhnya berlaku untuk semua burung kenari, karena semua tergantung dari kualitas masing-masing burung. Jika memang burung kenari tidak memiliki kemampuan yang baik dalam hal berkicau, maka perawatan ini mungkin sama sekali tidak memiliki dampak yang signifikan.