Cara Memandikan Cendet Yang Takut Air

Cara memandikan cendet - Burung cendet memang terkenal sebagai burung predator yang agresif  sehingga memandikan cendet merupakan hal yang wajib dilakukan. Selain agresif, burung cendet juga memiliki karakter suara yang keras dan kasar serta pandai menirukan suara-suara burung lainnya. Itulah sebabnya kenapa sampai sekarang masih banyak yang meminati burung cendet, dan masih banyak pula dibuka gantangan kelas cendet disetiap perlombaan. Satu hal yag menjadi permasalahan bagi kebanyakan cendet mania adalah mengenai agresifitas burung cendet, dimana burung yang satu ini cenderung memiliki karakter ataupun kebiasaan salto, oncling, dan ngelabak. Itulah sebabnya tak jarang atau bahkan kebanyakan burung cendet memiliki luka dibagian atas paruh. Selain itu, biasanya ekor burung cendet juga tidak bisa sempurna/ mudah rusak karena sering ngelabak didalam sangkar.

Saya sendiri sebagai penggemar cendet juga pernah mengalami hal serupa, dimana cendet saya sangat agresif sekali, sehingga terdapat luka yang cukup parah diatas paruhnya. Yang lebih parah lagi cendet saya takut air, entah trauma atau kenapa yang pasti ketika dimandikan selalu ngelabak tidak karuan, sehingga luka diatas paruhnya semakin parah, pun dengan ekornya yang semakin rusak. Sedangkan perawatan cendet yang benar adalah dengan cara memandikan cendet sampai basah kuyup, agar cendet bisa nagen atau anteng di tangkringan saat berkicau.

cara memandikan cendet

Tips cara memandikan cendet yang takut air


Dari pengalaman itulah akhirnya saya mencoba mencari informasi bagaimana cara memandikan cendet yang takut air, sekaligus saya juga melakukan eksperimen sendiri sampai butuh waktu yang cukup lama untuk menemukan cara memandikan cendet takut air ini. Nah disini saya akan membagikan tips hasil eksperimen dan pencarian saya selama ini kepada sahabat cendet mania yang mungkin pernah mengalami hal serupa seperti yang pernah saya alami.
BACA JUGA: Cara memandikan burung yang benar

Penyebab cendet takut air 

Ada beberapa hal yang menyebabkan cendet menjadi takut air dan tidak mau dimandikan. Penyebab pertama adalah karena trauma terhadap air, karena mungkin pernah mengalami kesakitan atau ketakutan yang disebabkan oleh air.

Penyebab kedua cendet takut mandi adalah karena tidak dibiasakan mandi sejak kecil, sehingga ketika dewasa biasanya akan takut dengan air. Oleh sebab itu, perawatan cendet yang benar adalah sudah mulai dimandikan sedini mungkin, bahkan ketika masih trotol, sehingga ketika dewasa nanti cendet sudah terbiasa dengan mandi dan tidak akan takut dengan air, bahkan akan sangat menyukai mandi. Sebab ketika dialam liar, cendet juga terbiasa dengan mandi di sungai atau dikubangan/ tempat yang terdapat air yang bersih.
BACA JUGA: Cara melatih cendet mandi sendiri dengan terapi mandi hujan
Cara memandikan cendet takut mandi air

  • Pertama letakkan burung cendet dibawah sinar matahari pagi, yaitu sekitar jam 7 sampai jam 9, yang penting matahai sudah mulai hangat tapi belum terlalu terik.
  • Bersihkan kandang dari kotoran, keluarkan wadah pakan dan wadah minum untuk nantinya diganti dengan yang baru/ yang bersih.
  • Semprot burung cendet dengan menggunakan sprayer settingan pancuran/ bukan settingan embun lho, karena cara penyemprotannya berbeda dengan cara memandikan cendet/ burung pada umumnya.
  • Semprot dari atas dengan jarak sekitar 2 meter dari burung, buat agar air semprotan menyerupai hujan.
  • Terus semprot sampai kira-kira habis 1 botol kemudian biarkan cendet didis dahulu.
  • Setelah cendet sudah mau didis, barulah anda mulai menyemprot dengan settingan agak halus s dari jarak yang lebih dekat, sebab ketika sudah mau didis, biasanya cendet sudah merasa nyaman dan mau dimandikan secara normal.
  • Mandikan cendet sampai basah kuyup lalu jemur dibawah sinar matahari sampai sekitar jam 10an, atau menyesuaikan cuaca (kondisi sinar matahari).
  • Jangan lupa untuk memberikan EF (ekstra fooding) berupa jangkrik, ulat hongkong, kroto, atau sesuai dengan kebiasan EF yang anda berikan.
Lakukan pemandian cendet dengan metode tersebut secara rutin sampai cendet tidak lagi takut dengan air, dan jika cendet sudah tidak takut air lagi, maka anda sudah boleh memandikan cendet dengan cara memandikan cendet seperti pada umumnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.