Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Berkicau

Manfaat bawang putih untuk burung - Bawang putih adalah jenis bumbu dapur yang memiliki segudang manfaat, baik itu untuk manusia maupun binatang peliharaan, termasuk salah satunya burung berkicau. Bawang putih selain untuk bumbu dapur yang membuat masakan menjadi lebih enak, juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Namun sayangnya penggunaan bawang putih sebagai obat masih sangat jarang sekali, mungkin karena belum banyak yang mengetahui manfaat bawang putih tersebut, atau mungkin karena tidak suka dengan aroma bawang putih mentah yang sangat menyengat. Jadi selama ini kebanyakan orang hanya menggunakan bawang putih sebagai bumbu dapur saja.

Lalu apa saja sih manfaat bawang putih itu?

Seperti yang telah saya singgung diatas bahwa bawang putih selain untuk bumbu masak, memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan manusia juga bermanfaat untuk burung kicauan, hanya saja belum banyak orang yang tahu, juga belum banyak orang yang memposting tentang hal tersebut.

Manfaat bawang putih untuk burung
Bawang putih

Manfaat bawang putih untuk burung berkicau

Bawang putih memiliki banyak manfaat yang tersembunyi dibalik kulitnya yang tipis itu, adapun manfaat bawang putih untuk burung berkicau adalah sebagai berikut ini:

1. Bawang putih sebagai obat anti virus bagi burung berkicau

Bawang putih mengandung beberapa senyawa yang bersifat sebagai antibody dan antivirus yang melindungi tubuh dan berbagai macam serangan virus. Oleh sebab itu, bawang putih sangat bagus diberikan kepada burung yang sedang terserang virus. Selain itu juga baik diberikan kepada burung yang sehat untuk menjaga agar tidak terserang virus.

2. Bawang putih sebagai obat anti parasit bagi burung berkicau

Kandungan alisin yang terdapat dalam bawang putih sudah terbukti berkhasiat sebagai obat cacing atau anti parasit. Oleh sebab itu bawang putih sangat bagus diberikan kepada burung yang sedang cacingan atau dada nyilet dan kurus akibat terserang penyakit cacingan.

3. Bawang putih sebagai obat anti jamur untuk burung berkicau

Bawang putih ini sangat efektif sebagai obat sekaligus pencegahan terhadap berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh jamur, misalnya seperti mikotoksin. Dimana mikotoksin adalah toksin atau racun yang berasal dai proses sekunder jamur. Contoh dari mikotoksin adalah aflatoksin dari parasit appergillus.

4. Bawang putih sebagai obat anti bakteri bagi burung berkicau

Kenapa bawang putih bersifat sebagai anti bakteri? Karena kandungan zat alisin dalam bawang putih adalah bersifat sebagai anti bakteri. Jadi bawang putih sangat baik dikonsumsi oleh manusia ataupun burung berkicau agar terhindar dari berbgai macam serangan bakteri yang merugikan.

5. Bawang putih sebagai obat flu bagi burung berkicau

Bukan hanya manusia saja yang bisa terserang flu, burung pun juga dapat terserang penyakit yang satu ini, bahkan ternyata flu burung jauh lebih berbahaya ketimbang flu pada manusia. Flu burung yang menular ke tubuh manusia justru dapat menyebabkan kematian. Oleh sebab itu untuk mencegah agar burung kesayangan anda terhindar dari flu, sebaiknya berikan bawang putih secara teratur. Selain untuk mencegah penyakit flu, bawang putih juga dapat mengobati penyakit flu pada burung.

6. Bawang putih sebagai penghangat tubuh burung

Pada saat musim hujan, intensitas sinar matahari akan berkurang, sehingga kita kesulitan saat akan menjemur burung. Pada saat kondisi hujan dan mendung tersebut burung akan merasa kedinginan karena tidak bisa dijemur seperti biasanya pada saat musim kemarau. Untuk menghangatkan tubuh burung, anda bisa memberikan bawang putih sebagai penghangat tubuh pengganti sinar matahari.

7. Bawang putih sebagai obat penumbuh ekor burung

Burung yang tidak jinak dan terlalu giras atau sering ngelabak tentu akan membuat bulu-bulu ekornya menjadi rusak dan bahkan rontok. Nah untuk membantu menumbuhkan ekor yang rontok tersebut konon dapat dibantu dengan menggunakan bawang putih. Penulis sendiri belum pernah mencoba cara yang satu ini, sebab untuk menumbuhkan bulu ekor penulis biasanya hanya cukup dengan memberikan asupan pakan yang mengandung nutrisi dan protein yang tinggi.

8. Bawang putih sebagai obat luka

Kita sering mendapati luka diatas paruh burung, khususnya untuk burung yang masih giras dan suka ngelabak menabrak jeruji sangkar. Atau mungkin anda pernah memiliki burung yang kakinya terjepit sehingga menyebabkan luka. Untk membantu penyembuhan luka tersebut, anda bisa menggunakan bawang putih agar luka pada burung cepat sembut.


Cara penggunaan bawang putih untuk mengobati burung


1. Dibuat jus bawang kemudian diberikan kepada burung sebagai minuman
2. Dengan di iris tipis-tipis lalu dilolohkan kepada burung kesayangan anda.
3. Diparut lalu dioleskan ke bagian burung yang membutuhkan perawatan/ luka burung.

Itulah manfaat bawang putih untuk burung berkicau yang wajib anda ketahui dan anda coba untuk menyembuhkan burung kesayangan anda.