Manfaat Gabah Bangkok Untuk Burung Lovebird; Menstabilkan Birahi Lovebird

Manfaat gabah bangkok untuk lovebird -Bagi seorang pecinta burung lovebird atau sering disebut lovebird mania tentu akan melakukan segala macam cara agar burung kesayangannya bisa tampil maksimal saat lomba. Ada banyak cara agar lovebird bisa ngekek panjang, salah satunya dengan cara memberikan gabah bangkok yang fungsinya adalah untuk menstabilkan birahi lovebird, meningkatkan stamina lovebird, dan membuat suara lovebird menjadi lebih keras dan kasar.

Gabah bangkok adalah gabah yang dihasilkan dari tanaman padi yang biasa digunakan untuk pakan ayam bangkok dan ayam petarung lainnya. Selain itu gabah bangkok juga lazim digunakan sebagai pakan burung perkutut, puter, merpati, derkuku, dan burung serta unggas pemakan biji-bijian lainnya.

Ada dua jenis gabah bangkok yang sering kita temui, yaitu gabah bangkok merah dan gabah bangkok putih. Gabah bangkok merah adalah gabah yang biji didalamnya berwarna merah, ukurannya sedikit lebih besar dari gabah bangkok putih. Gabah bangkok merah sangat bagus diberikan kepada burung perkutut dan merpati yang sedang ditangkar.

manfaat gabah bangkok untuk lovebird

Sedangkan gabah bangkok putih biji didalamnya berwarna putih seperti beras, ukurannya sedikit lebih kecil dari gabah bangkok merah. Gabah bangkok putih ini biasanya diberikan kepada burung perkutut lomba, karena dapat meningkatkan stamina burung.

Manfaat gabah bangkok untuk lovebird

Seiring berjalannya waktu dimana semakin maraknya pecinta burung lovebird, maka fungsi gabah bangkok bukan hanya untuk unggas ayam petarung dan burung perkutut saja. Sebab menurut pengalaman beberapa lovebird mania, gabah bangkok ternyata juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi performa lovebird lomba.

Gabah bangkok untuk menstabilkan birahi lovebird

Pemberian gabah bangkok secara teratur ternyata mampu menekan sekaligus menstabilkan birahi lovebird, sebab lovebird jika sudah terlanjur over birahi biasanya akan sangat sulit sekali untuk diturunkan, kecuali dengan cara mempeebanyak mandi, stop penjemuran, dan mengawinkan lovebird. Nah dengan pemberian gabah bangkok ini maka birahi lovebird akan cenderung lebih stabil, sehingga performa lovebird saat lomba akan menjadi stabil pula.

Gabah bangkok untuk mendongkrak stamina lovebird

Kandungan kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, natrium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E inilah yang dapat meningkatkan stamina lovebird lomba. Maka dari itu banyak lovebird mania yang teratur memberikan gabah bangkok sebagai ekstra fooding burung lovebird kesayangannya.

Gabah bangkok membuat suara lovebird menjadi lebih keras dan lebih kasar

Manfaat lain gajah bangkok yang tak kalah pentingnya adalah dapat membuat suara lovebird menjadi lebih keras dan lebih kasar, sebab untuk lovebird lomba selain dituntut memiliki kemampuan ngekek panjang juga harus memiliki volume suara yang keras dan kasar. Kalau lovebird lomba volume suaranya kecil maka tidak akan terdengar oleh juri, juri hanya dapat melihat ngekeknya melalui gerakan ekor saja, dan itu akan mengurangi penilaian.

Cara pemberian gabah bangkok untuk lovebird

1. Pilih gabah bangkok yang berkualitas baik, cara memilihnya adalah dengan merendam gabah di dalam wadah yang berisi air. Ambil gabah yang tenggelam, dan gabah yang mengambang sebaiknya dibuang saja.

2. Cuci gabah bangkok menggunakan air bersih.

3. Jemur dibawah terik matahari sampai gabah benar-benar kering.

4. Campurkan gajah bangkok kedalam wadah pakan lovebird, boleh dicampur dengan millet putih.

5. Untuk hasil yang lebih maksimal, berikan gabah bangkok secara rutin sebanyak 10 butir setiap harinya atau bisa juga dengan memberikan 10-20 butir menjelang lomba.

Sejauh ini hanya itulah pengetahuan saya mengenai manfaat gabah bangkok untuk burung lovebird, meskipun sebenarnya mungkin masih banyak lagi manfaat yang dapat kita analisa dan amati dari pemberian gabah bangkok secara rutin.