Manfaat Rebusan Serai Untuk Lovebird: Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Manfaat Serai Untuk Lovebird - Daun sereh atau daun serai biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah citarasa masakan agar lebih enak dan gurih. Tapi seiring berjalannya waktu manfaat daun serai tidak hanya sebatas untuk bumbu dapur saja, melainkan juga bermanfaat untuk burung lovebird, khususnya dalam hal kesehatan burung dan meningkatkan durasi ngekek. Selain itu daun serai juga memiliki khasiat bagi kesehatan manusia (pengobatan), misalnya untuk mengobati penyakit kanker, diabetes, anemia, masuk angin, tekanan darah tinggi, mengurangi kolesterol, dan masih banyak lagi.

Untuk burung lovebird, daun serai biasanya diberikan pada burung lovebird yang masih dalam tahap pembentukan/ pencetakan, dimana lovebird tersebut masih berupa bahan dan belum gacor dan belum memiliki kemampuan ngekek panjang yang baik. Jangan memberikan rebusan daun serai pada lovebird yang sudah gacor dan rajin ngekek panjang (sudah jadi) sebab dikhawatirkan justru dapat mengurangi kegacoran dan durasi ngekeknya.

manfaat daun serai untuk lovebird

Manfaat rebusan daun serai/sereh untuk lovebird


Pada dasarnya daun serai tersebut bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, mencegah flu burung, melindungi lovebird dari suara serak, serta menambah nafsu makan, sehingga kesehatan lovebird selalu terjaga. Jika lovebird sehat dan fit, maka diharapkan lovebird menjadi rajin ngekek dan memiliki kemampuan ngekek panjang.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut cara membuat ramuan daun sereh untuk lovebird

BAHAN:

  1. Daun serai satu ruas saja
  2. Air mineral 1/2 liter
CARA MEMBUAT
  1. Rebus air sampai mendidih dengan menggunakan panci atau alat lainnya
  2. Geprek batang daun serai (jangan ditumbuk) cukup digeprek saja
  3. Masukkan daun serai kedalam air yang mendidih
  4. Rebus beberapa saat sampai air berubah warna menjadi kemerahan dan beraroma khas daun serai/ sereh
  5. Angkat dan tiriskan sampai dingin
CARA PEMBERIAN
  1. Berikan rebusan air daun serai tersebut pada lovebird bahan maksimal 3 kali dalam seminggu (jangan terlalu sering) 1 minggu cukup 1-3 kali saja.
  2. Berikan rebusan daun serai tersebut setelah burung dimandikan dan dijemur.
  3. Hentikan konsumsi daun sereh jika lovebird sudah gacor.
Itulah ulasan mengenai manfaat daun serai untuk lovebird beserta cara membuat dan cara penggunaannya. Penggunaan ramuan ini tidak menjamin burung lovebird anda menjadi bisa ngekek panjang, sebab kemampuan dan kecerdasan masing-masing lovebird berbeda-beda. Tergantung dari trah (keturunan), pola rawatan, setelan, dan karakter dari burung lovebird kesayangan anda.