Ciri-Ciri Dan Cara Memilih Cucak Ijo Yang Bagus Dan Prospek Untuk Lomba

Ciri-ciri cucak ijo yang bagus - Sampai sekarang burung cucak ijo masih memiliki banyak sekali penggemar, meskipun harganya masih terbilang cukup mahal. Salah satu alasannya adalah karena hampir disetiap event lomba pasti ada kelas dan kategori untuk cucak ijo, maka tak heran kalau sampai sekarang harganya masih cenderung stabil, meskipun terkadang ada sedikit kenaikan dan penurunan harga, tapi tidak terlalu drastis seperti penurunan harga burung lovebird yang terjadi beberapa tahun yang lalu.

Salah satu ciri cucak ijo yang baik untuk lomba adalah yang berjenis kelamin jantan, karena cucak ijo jantan memiliki kualitas suara, volume suara, dan kecerdasan yang lebih ketimbang cucak ijo betina. Dan hampir semua burung cucak ijo yang dilombakan adalah yang berjenis kelamin jantan, sedangkan yang betina adalah untuk indukan saja atau hanya sekedar untuk ocehan atau peliharaan rumahan saja.

ciri-ciri dan cara memilih cucak ijo bagus dan prospek lomba

Dalam memilih cucak ijo yang prospek untuk lomba memang susah-susah mudah, karena terkadang cucak ijo yang gacor dan rajin berkicau dengan materi yang baik saat berkicau dirumah, belum tentu mau mengeluarkan kemampuan berkicaunya secara maksimal saat lomba. Biasanya hal tersebut dipengaruhi oleh mental burung, jadi burung yang gacor belum tentu memiliki mental fighter, dan burung yang bermental fighter terkadang tidak gacor dan tidak memiliki kemampuan berkicau yang baik. Oleh sebab itu burung cucak ijo untuk lomba harus memenuhi beberapa aspek tersebut, yaitu gacor, volume door, cerdas, bermental fighter, dan berstamina oke.

Permasalahannya adalah bagaimana cara memilih burung cucak ijo yang memiliki beberapa kriteria diatas secara lengkap sehingga prospek untuk diikutkan dalam lomba dan bahkan bisa menjadi juara.

Ciri-ciri cucak ijo yang bagus untuk lomba


Cucak ijo memeiliki beberapa jenis yang berbeda, ada yang berukuran agak kecil dengan warna hijau yang cenderung lebih muda, biasanya burung tersebut adalah cucak ijo sumatera. Ada pula yang memiliki postur tubuh besar, panjang, dan memiliki warna hijau yang lebih tua, biasanya burung tersebut adalah cucak ijo asal Jawa timur/ banyuwangi. Tapi kemampuan berkicau cuak ijo biasanya bukan dipengaruhi oleh asal wilayah burung tersebut, tapi berdasarkan karakter, jenis kelamin, garis keturunan, dan pola perawatan burung.

Untuk anda yang masih awam tentang burung cucak ijo dan ingin membeli untuk dipelihara dan diikutkan dalam lomba, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu ciri-ciri cucak ijo yang bagus dan prosepek untuk lomba berikut ini:

1. Pastikan cucak ijo harus sehat dan berjenis kelamin jantan
2. Paruh tebal dan memanjang
3. Warna topeng hitam pekat
4. Warna hijau terlihat matang dan mengkilap
5. Postur tubuh serasi/ proporsional
6. Sayap mengapit
7. Mata besar, menonjol, dan memiliki sorot mata yang tajam
8. Lidah dan mulut berwarna gelap/ hitam
9. Kepala besar, tebal, dan cepak
10. Kuku jari runcing dan membengkok
11. Bersuara lantang dan cerdas (pandai menirukan suara lain)
12. Rajin berkicau (gacor)
11. Dll

Cara memilih cucak ijo yang prospek


Dari beberapa ciri-ciri cucak ijo diatas, maka sedikit banyak sekarang anda pasti sudah memiliki gambaran saat hendak memilih burung cucak ijo untuk gacoan lomba. Nah salah satu rahasia yang kebanyakan tidak dibagikan dan disimpan oleh para master cucak ijo mania akan saya bagikan pada postingan ini. Apa saja rahasia tersebut? Inilah rahasianya:

1. Burung cucak ijo yang fighter dan prospek untuk lomba adalah dapat dilihat dari bulu kepalanya, yaitu memiliki jambul yang jeprak. Jadi pastikan anda melirik cucak ijo yang berjambul njeprak.

2. Rahasia lainnya adalah dilihat dari bulu sayapnya. Cucak ijo yang bagus adalah saat bertemu lawan atau digantang maka sayapnya akan segera bergetar alias ngentrok. Jika ngentrok secara penuh maka biasanya ia memiliki volume suara yang keras, tapi jika ngentroknya hanya setengah saja, biasanya cucak ijo tersebut memiliki karakter mampu membongkar lagu saat lomba.

Cara mudah memilih cucak ijo yang bagus adalah dengan membeli langsung burung cucak ijo yang sudah jadi kepada pemain yang sudah dikenal baik atau sudah memiliki reputasi yang baik, untuk menghindari agar anda tidak tertipu oleh penjual burung yang tidak bertanggung jawab. Atau dengan cara datang langsung ke area lomba/ bursa burung untuk memantau secara langsung cucak ijo yang sedang dilombakan. Jika ada cucak ijo yang prospek dan sesuai dengan selera anda, segera dekati si pemilik burung dan tanyakan apakah burung tersbut dijual atau tidak, jika dijual maka segera ajukan penawaran. Tapi biasanya burung cucak ijo yang sudah sering juara harganya cukup mahal, berbeda dengan burung cucak ijo bakalan yang belum prestasi.

BACA: Cara memilih trotolan cucak ijo yang prospek

Sekian dan semoga bermanfaat.