Manfaat Bunga Kitolod Untuk Penyakit Snot Dan Katarak Burung Lovebird

Manfaat bunga kitolod -Sobat kicau mania, Pernahkah anda mendengar, melihat, atau bahkan menyentuh tanaman kitolod? Pasti banyak yang sudah, tapi banyak juga yang belum. Tanaman kitolod adalah salah satu jenis tumbuhan liar yang sering tumbuh di tempat yang lembab seperti selokan, parit, pinggiran sungai, pematang sawah, dan tempat yang lembab lainnya. Untuk Anda yang tinggal di daerah pedesaan mungkin sering menjumpai tanaman kitolod, tapi untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan sekarang ini mungkin sudah sangat jarang ditemukan tanaman kitolod.

Meskipun tanaman atau daun kitolod hanyalah salah satu tumbuhan liar, namun memiliki beberapa manfaat khususnya untuk kesehatan, baik itu kesehatan manusia maupun kesehatan binatang, termasuk salah satunya untuk binatang peliharaan (burung kicauan).

Ciri-ciri tanaman kitolod


manfaat bunga kitolod
Gambar bunga kitolod

Tanaman kitolod memiliki nama latin Isotoma Longiflora atau juga sering disebut Laurentia Longiflora. Tanaman ini memiliki ciri khas bunga berwarna putih yang muncul di sela-sela ketiak daun. Bunga kitolod memiliki tangkai yang panjang sedangkan daun kitolod berbentuk tunggal meruncing dan bergerigi. Pada pangkal batang tanaman kitolod memiliki getah yang beracun, sehingga pada saat menggunakan bunga kitolod sebagai obat jangan sampai tercampur dengan batangnya yang mengandung racun tersebut.

Kandungan dalam tanaman kitolod

Di dalam tanaman kitolod tersebut mengandung senyawa saponin,  alkaloid, dan polifenol yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk menyembuhkan penyakit iritasi mata seperti katarak, sakit gigi, asma kanker,  dan lain sebagainya. Sedangkan untuk burung biasanya digunakan sebagai obat katarak dan penyakit snot mata.

Manfaat tanaman kitolod untuk burung berkicau


Seperti yang telah saya singgung diatas bahwa tanaman kitolod tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan manusia saja, melainkan juga bermanfaat untuk mengobati penyakit mata pada burung kicauan misalnya seperti burung lovebird, murai batu, kacer, kenari, dan lain sebagainya.

Jadi ketika burung lovebird peliharaan anda terserang penyakit snot, jangan lantas menyerah dan putus asa. Anda bisa mencoba untuk menyembuhkannya dengan menggunakan ramuan bunga kitolod tersebut, atau bisa juga dengan menggunakan air seni/ urine seperti yang pernah saya bahas pada posting sebelumnya. Silahkan baca: Manfaat air seni untuk menyembuhkan penyakit snot lovebird

Daun kitolod untuk mengobati penyakit snot mata lovebird


Banyak obat untuk menyembuhkan penyakit snot mata yang beredar di pasaran ternyata merupakan hasil dari pengolahan tumbuhan kitolod tersebut.

penyakit snot mata lovebird
Gambar burung lovebird yang terkena penyakit snot mata

Cara penggunaannya adalah: 

1. Ambil 1 bunga kitolod hingga pangkal paha yang masih segar bersih dan terbebas dari pestisida

2. Cuci bunga kitolod tersebut dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel

3. Masukkan bunga kitolod ke dalam 1 gelas air bersih dan rendam selama kurang lebih 5 sampai 10 menit.

4. Selanjutnya teteskan air rendaman bunga kitolod dari ujung tangkai bunga sebanyak 2 sampai 3 tetes.

5. Pengobatan dilakukan sebanyak tiga kali sehari yaitu pada pagi hari siang hari dan sore hari.

6. Lakukan secara rutin sampai penyakit snot pada lovebird sembuh

Daun kitolod untuk menngobati penyakit katarak burung


Cara penggunaan bunga kitolod untuk menyembuhkan penyakit katarak burung adalah hampir sama seperti cara menyembuhkan penyakit snot, yaitu dengan merendam bunga kitolod ke dalam segelas air kemudian meneteskan air rendaman tersebut ke mata burung secara rutin. Yang terpenting adalah jangan sampai tercampur dengan getah yang terdapat pada pangkal batang kitolod yang mengandung racun tersebut.

Sebaiknya pilihlah bunga kitolod yang berasal dari perkebunan atau pertanian sehingga lebih aman dari gangguan hama dan tentunya memiliki kualitas bunga yang lebih baik.