Manfaat Air Garam Untuk Lovebird Ngekek Panjang

Manfaat air garam untuk lovebird -Pemberian air garam untuk lovebird memang sudah cukup sering dilakukan oleh para lovebird mania, meskipun hal tersebut masih menjadi pro dan kontra. Pasalnya ada sebagian lovebird mania yang menyarankan memberikan air garam untuk lovebird karena mereka sudah merasakan sendiri manfaat garam tersebut secara langsung yang ternyata memberikan efek yang cukup bagus dan signifikan bagi perkembangan lovebird gacoannya. Tapi ada juga yang masih ragu-ragu atau bahkan menghindari pemberian garam pada lovebird kesayangan mereka, sebab mungkin mereka tidak merasakan efek apa-apa dari air garam tersebut.

Menurut hemat saya sebagai sesama pecinta burung lovebird, pemberian air garam untuk lovebird adalah sah-sah saja, selama pemberiannya tidak dilakukan secara berlebihan. Sebab ada banyak sekali khasiat air garam yang mungkin selama ini belum kita ketahui, baik itu untuk manusia ataupun untuk binatang.

Manfaat garam untuk lovebird
Garam Dapur

Kalau untuk manusia sudah jelas banyak sekali khasiatnya, selain sebagai bumbu masakan, juga bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, mencegah penyakit gondok, obat kumur, meringankan masalah pernafasan, dan masih banyak lagi. Selain untuk binatang ternak seperti sapi dan kambing, biasanya digunakan sebagai campuran minum ternak (komboran). Saya sering melihat tetangga saya memberikan komboran berupa bekatul yang dicampur dengan garam dapur yang dilarutkan dengan seember air, kemudian diberikan pada binatang ternak.
BACA JUGA: Manfaat bayam untuk lovebird
Kembali lagi ke pokok pembahasan mengenai khasiat air garam untuk lovebird, dimana para lovebird mania mempercayai bahwa pemberian air garam secara benar akan mampu untuk mendongkrak stamina lovebird yang loyo saat lomba. Sebab kandungan natrium dan klorida yang terdapat dalam garam dapat membantu mencukupi kebutuhan mineral burung. Lalu apa saja manfaat garam untuk lovebird? Silahkan simak ulasan berikut ini:

Khasiat dan manfaat air garam untuk lovebird

Pemberian garam dengan porsi (takaran) dan waktu (timing) yang benar akan memberikan khasiat yang baik untuk lovebird anda. Idealnya pemberian air garam tersebut hanya dilakukan maksimal 2 kali dalam seminggu, jadi tidak perlu diberikan setiap hari. Ini adalah salah satu penyebab adanya pro dan kontra air garam untuk lovebird seperti yang sudah saya bahas diatas. Sebab pemberian air garam yang berlebihan tidak akan memberikan manfaat apa-apa, justru malah dapat merusak performa lovebird anda. Jadi sebelumnya, pastikan anda sudah mengetahui dan memahami aturan pemberian air garam tersebut, agar apa yang anda lakukan tidak menjadi suatu hal yang sia-sia.

Khasiat garam untuk lovebird

Adapun manfaat air garam untuk lovebird diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menstabilkan birahi lovebird
  2. Menambah daya tahan tubuh lovebird, terutama terhadap peruahan cuaca yang ekstrem
  3. Mengatasi lovebird ciak bulu
  4. Menambah stamina lovebird yang loyo
  5. Memenuhi kebutuhan mineral 
  6. Membuat lovebird menjadi lebih aktif dan rajin berkicau (ngekek)

Cara pemberian air garam pada lovebird

Point ini adalah yang paling penting dan wajib anda ketahui, agar anda tidak terlalu berlebihan dalam memberikannya, baik itu dari porsi ataupun durasi. Cara pemberiannya pun juga bermacam-macam, dapat disesuaikan dengan kesenangan masing-masing lovebird, karena para lovebird mania yang telah menggunakan terapi ini tentu sudah melakukan eksperimen terlebih dahulu, sehingga mereka dapat menciptakan berbagai macam variasi cara penyajian.
BACA JUGA: Manfaat urine/ air seni untuk burung kicauan

1. Air garam diberikan langsung pada lovebird kesayangan anda

Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit garam kedalam wadah minuman, kemudian aduk hingga rata sampai tidak ada sisa-sisa garam yang belum tercampur. Pastikan garamnya jangan terlalu banyak agar tidak terlalu asin, sehingga lovebird pun akan mau meminumnya. Sebab jika terlalu asin biasanya lovebird tidak mau minum. Anda bisa menjilat terlebih dahulu air garam tersebut, untuk memastikan bahwa campurannya sudah sesuai (tidak terlalu asin). Pemberian air garam secara langsung ini biasanya hanya dilakukan saat lovebird hendak dilombakan, jadi tidak diberikan setiap hari. Biasanya air garam diberikan pada saat H-1 menjelang lomba.

2. Air garam dicampur dengan millet putih

Cara penyajiannya adalah: Ambil 1 kilogram millet putih berkualitas baik, rendam dan cuci millet dengan menggunakan air bersih didalam bak/ ember, sehingga millet yang jelek (kurang bagus) biasanya akan mengambang, buang millet yang kurang baik tersebut dan ambil yang bagus saja.

Selanjutnya buang air cucian dan ganti dengan segelas air yang bersih, tambahkan garam dapur 1 sendok makan, rendam selama kurang lebih 10 menit. Saring kemudian jemur millet hasil rendaman air garam sampai kering, kemudian sangrai dengan api kecil dan tiriskan sampai dingin. Setelah itu berikan millet pada burung lovebird kesayangan anda, bisa dicampur dengan pakan biji-bijian lainnya seperti biji kwaci, canary seed, dll.

3. Air garam digunakan untuk mencuci buah dan sayuran

Caranya larutkan air garam dengan satu gayung air bersih, kemudian cuci buah atau sayuran yang akan anda berikan pada lovebird tersebut. Pada saat pencucian boleh sambil direndam sebentar untuk menghilangkan pestisida yang terdapat pada buah dan sayuran tersebut. Selanjutnya berikan buah dan sayuran tersebut pada lovebird anda.

CATATAN:
  1. Jangan terlalu berlebihan memberikan air garam pada lovebird
  2. Pemberian air garam secara langsung, maksimal adalah 2 kali dalam seminggu, jangan lebih dari itu.
  3. Lakukan eksperimen terhadap doping air garam tersebut, cari setelan yang pas, dan jika sudah pas jangan dirubah-rubah lagi.
  4. Air garam bisa digunakan untuk setelan menjelang lomba, yaitu H-1
Dengan membaca ulasan diatas, sekarang anda sudah tahu manfaat air garam untuk lovebird, cara pemberiannya, porsinya, durasinya, bahkan resikonya sekalipun. Jadi silahkan anda mencoba dan bereksperimen dengan doping air garam tersebut. Jangan takut, selama anda melakukannya dengan benar dan sabar (tidak terburu-buru) pasti anda akan merasakan khasiatnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.