Perawatan Cucak Ijo Agar Gacor Dan Juara Saat Lomba

Perawatan cucak ijo agar gacor dan ngentrok saat lomba memang tidak mudah, butuh kesabaran, ketelatenan, dan konsekuensi dalam perawatannya. Sebab untuk memperoleh cucak ijo yang gacor ngentrok tidak bisa dilakukan secara instan, butuh proses yang cukup panjang, serta butuh perawatan yang benar dan dilakukan secara sepenuh hati, agar hasilnya pun juga dapat membahagiakan hati. Karena salah satu hal yang dapat diperoleh dari memelihara dan mengikuti perlombaan burung adalah kesenangan, kebanggan, dan kebahagiaan.

Perawatan cucak ijo gacor adalah hal sangat penting, tapi ada satu hal yang tidak kalah penting, yaitu mengenai pemilihan bahan burung cucak ijo gacor. Sebab meskipun burung cucak ijo sudah diberikan perawatan dengan baik, tapi jika anda salah dalam memilih bahan atau istilah sederhananya adalah burung cucak ijo anda bukanlah burung yang prospek untuk lomba, maka burung cucak ijo tersebut akan sulit untuk menjadi jawara saat lomba.

Perawatan cucak ijo gacor ngentrok

Burung cucak ijo yang prospek untuk lomba idealnya adalah yang dipelihara dan diberikan perawatan yang tepat sejak masih anakan, karena mendidik dan memelihara burung sejak anakan jauh lebih mudah daripada merawat dan mendidik burung yang sudah dewasa. Tapi jika ternyata burung cucak ijo gacoan anda adalah muda liar hasil tangkapan hutan, maka anda tidak perlu risau. Sebab cucak ijo bahan dari hasil tangkapan hutan juga bisa menjadi gacoan yang handal, gacor, dan ngentrok, syaratnya anda harus menjinakkan burung cucak ijo bakalan tersebut terlebih dahulu.

Untuk menghasilkan cucak ijo yang gacor dan menjadi jawara saat lomba sangat erat kaitannya dengan pemilihan bakalan agar anda tidak sia-sia dalam melakukan perawatan tersebut. Sayang kan kalau burung cucak ijo bahan yang anda rawat setiap hari ternyata tidak prospek. Oleh sebab itu pastikan bakalan cucak ijo anda adalah yang prospek untuk lomba. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda baca: Cara memilih trotolan/ bakalan cucak ijo yang prospek untuk lomba

Cara merawat burung cucak ijo agar gacor ngentrok saat lomba


Setelah anda mengetahui cara pemilihan burung cucak ijo yang prospek, maka langkah selanjutnya adalah fokus pada perawatannya, dimana perawatan tersebut mencakup beberapa elemen yang harus dilakukan secara benar dan rutin terus-menerus, artinya jangan terlalu sering mengganti pola rawatan.
Berikut adalah elemen yang perlu diperhatikan dalam merawat cucak ijo

  1. Pakan burung
  2. Esktra fooding
  3. Pemandian
  4. Penjemuran
  5. Pemasteran
  6. Setelan harian
  7. Setelan lomba
  8. Vitamin
Jika dari ke 8 elemen diatas dapat anda terapkan secara benar dan rutin setiap hari pada burung cucak ijo yang prospek, maka tidak mustahil burung anda akan selalu menjadi jawara dalam lomba. Untuk lebih detailnya, saya akan ulas ke delapan elemen diatas satu per satu.

1. Pakan cucak ijo

Merupakan salah satu hal yang paling penting dalam memelihara dan merawat burung, jika burung lupa diberi pakan maka bisa mati, atau jika pakan yang diberikan tidak cocok maka burung tidak mau berkicau. Demikian pula dengan cucak ijo, pakan merupakan elemen penting dalam perawatan agar dapat menghasilkan cucak ijo yang gacor, ngentrok dan menjadi juara saat lomba.

Pakan yang ideal untuk perawatan cucak ijo selain voor adalah buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Sebab ketika dialam bebas (habitatnya) burung cucak ijo biasa memakan buah-buahan seperti pisang dan pepaya tersebut, bahkan terkadang memakan buah apa saja yang ditemukan didalam hutan. Selain itu juga perlu diberikan serangga seperti jangkrik, belalang dan ulat, sebagai ekstra fooding untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung.

2. Ekstra fooding cucak ijo

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa selain pakan utama (voer), burung juga membutuhkan ekstra fooding untuk memenuhi asupan nutrisi, sehingga burung akan tetap sehat dan memiliki stamina yang prima. Jika burung sehat dan merasa happy maka pasti akan rajin berkicau, dan burung yang rajin berkicau tersebutlah yang biasanya kita sebut dengan istilah "gacor".

Ekstra fooding untuk cucak ijo yang bagus adalah jangkrik, belalang, kroto, ulat bambu, pisang, pepaya, dan beberapa macam buah-buahan lainnya yang dapat anda cari sendiri di google tentang manfaat buah-buahan tersebut untuk burung cucak ijo.

3. Waktu dan cara memandikan cucak ijo

Proses memandikan burung juga memberikan efek yang cukup signifikan bagi perkembangan burung, itulah sebabnya para kicau mania tidak bolehsembarangan dalam memandikan cucak ijo gacoannya. Waktu dan cara memandikan cucak ijo harus teratur dan dilakukan secara continue (tertib). Artinya jika biasanya burung mandi dengan karamba, maka harus tertib dimandikan dengan karamba. Jika biasanya burung mandi pagi, maka harus tertib pula dimandikan dipagi hari.

Cara memandikan burung cucak ijo ada 2 versi, yaitu mandi semprot dan mandi karamba. Anda dapat menerapkan cara mandi tersebut sesuai dengan karakter masing-masing cucak ijo, karena ada cucak ijo yang mau mandi karamba, dan ada pula yang tidak mau mandi karamba, jadi cara mandinya harus disemprot dengan sprayer.

Jika karakter cucak ijo terbiasa mandi dengan cara karamba, maka anda harus konsisten memandikan dengan cara karamba. Dan jika cucak ijo terbiasa dengan mandi semprot, maka anda juga harus konsisten dengan mandi semprot, jadi burung jangan dipaksa untuk mandi karamba. Waktu yang ideal untuk memandikan cucak ijo adalah dipagi hari dan sore hari. Untuk pagi hari adalah sekitar jam 07.00-08.00, sedangkan untuk sore hari adalah sekitar jam 15.00-16.00.

4. Penjemuran cucak ijo

Perawatan cucak ijo setelah dimandikan tentunya adalah dijemur dibawah sinar matahari pagi. Proses penjemuran harus dilakuakn secara rutin setiap harinya, demi untuk mendongkrak power dan stamina burung gacoan anda. Penjemuran cucak ijo idealnya dilakukan pada pukul 07.00 sampai 10.00, yaitu pada saat matahari belum terlalu terik.

Seperti kita ketahui bersama bahwa sinar matahari pagi mengandung vitamin yang bagus untuk kesehatan, baik itu kesehatan manusia ataupun kesehatan burung peliharaan. Usahakan untuk tidak menjemur burung secara berlebihan, jika biasanya dijemur selama 2 jam, maka cukup 2 jam saja, jangan di lebih-lebihkan.

5. Pemasteran cucak ijo

Burung cucak ijo adalah termasuk dalam jenis burung yang cerdas dan mampu menirukan berbagai macam suara burung lain. Jadi proses pemasteran tentu sangatlah penting sekali, agar burung cucak ijo anda hanya akan menirukan suara-suara burung masteran saja, dan tidak menirukan suara-suara burung lain (alasan) yang justru dapat merusak lagu/ irama cucak ijo gacoan anda.

Cara memsater cucak ijo bisa dengan menggunakan burung asli yang khusus hanya digunakan sebagai masteran saja(guru vocal) atau bisa juga dengan menggunakan musik mp3. Pemasteran harus dilakukan secara rutin setiap hari agar burung dapat merekam suara masteran kedalam memori otaknya, kemudian dapat menirukan suara masteran tersebut secara benar dan lantang, bahkan persis seperti suara burung aslinya.

6. Setelan harian dan setelan lomba cucak ijo

Dalam merawat cucak ijo agar menjadi jawara lomba tidak bisa dilakukan sembarangan, harus menggunakan aturan masing-masing. Aturan perawatan tersebut biasanya disebut dengan istilah setelan atau settingan. Settingan antara cucak ijo yang satu dengan yang lainnya tidaklah sama (berbeda-beda) sesuai dengan karakter masing-masing burung, baik itu untuk setelah harian maupun setelan lomba. Jadi disini saya tidak berani memberikan info tentang setelan tersebut, karena setelan yang saya berikan pada burung cucak ijo saya belum tentu berhasil untuk cucak ijo anda.

Jadi untuk mengetahui setelan harian dan setelan lomba cucak ijo gacoan anda, alangkah baiknya jika anda melakukan pengamatan dan percobaan sendiri sampai ketemu setelan yang tepat untuk cucak ijo kesayangan anda.

7. Vitamin cucak ijo

Setelah semua perawatan diatas anda lakukan dengan benar, baik itu dari sisi pakan, ekstra fooding, pemandian, penjemuran, pemasteran, dan perawatan lainnya, tetapi cucak ijo gacoan anda belum juga gacor dan ngentrok, maka solusi terakhirnya adalah dengan memberikan vitamin burung yang banyak dijual ditoko online ataupun kios-kios burung. Sebab terkadang burung juga membutuhkan vitamin dan suplemen untuk mendongkrak stamina dan merangsang burung agar rajin berkicau.

Ada banyak sekali merk dan produsen vitamin burung yang beredar dipasaran, jadi sebaiknya anda berhati-hati dalam memilihnya. Akan lebih baik jika anda berkonsultasi langsung dengan sesama pecinta cucak ijo ataupun dengan komunitas cucak ijo yang sudah terbukti menggunakan vitamin tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai perawatan cucak ijo agar menjadi gacor dan ngentrok sehingga bisa menjadi jauara saat lomba. Semoga bermanfaat.