Settingan Lovebird Paruh Putih Agar Ngekek Panjang (Settingan Global)

Settingan lovebird paruh putih - Popularitas lovebird paruh putih untuk dilombakan memang tidak seramai atau sebanyak lovebird paruh merah. Tak heran jika dalam satu gantangan hanya terdapat beberapa ekor saja gacoan lovebird paruh putih, dan kebanyakan didominasi oleh lovebird paruh merah. Tentu ada alasan tersendiri dari para lovebird mania kenapa mereka lebih suka memilih gacoan lovebird paruh merah ketimbang paruh putih.
settingan lovebird paruh putih

Salah satu alasan kenapa lovebird mania memilih gacoan paruh merah adalah karena katanya setelan lovebird paruh putih cukup susah, karakternya juga susah ditebak. Berbeda dengan karakter lovebird paruh merah yang lebih mudah ditebak dan lebih mudah dalam menemukan settingannya. Tapi meskipun demikian, ada beberapa lovebird mania yang justru merasa tertantang dengan hal tersebut, sebab jika mereka bisa menemukan settingan lovebird paruh putih yang tepat sehingga bisa ngekek panjang dan mengeluarkan kemampuannya secara maksimal, hal tersebut akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri.

Selain itu lovebird paruh putih juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh lovebird paruh merah. Beberapa kelebihan lovebird paruh putih adalah volume suaranya yang cukup pedas, warnanya lebih menarik, harga jualnya lebih mahal, dan ketika mood sedang oke biasanya bisa mengeluarkan kemampuan secara maksimal.

Bagaimana settingan dan perawatan harian lovebird paruh putih agar bisa ngekek panjang dan tampil maksimal?


Meskipun banyak yang bilang perawatan dan settingan lovebird paruh putih agak sudah dan sulit untuk ditebak, tapi jika anda sudah terbiasa merawatnya dan sudah tahu settingan yang tepat, biasanya anda justru akan ketagihan dan lebih memilih lovebird paruh putih untuk dijadikan gacoan. Misalnya seperti lovebird "Jalal" milik Om Ade Kusumo yang merupakan lovebird paruh putih yang memiliki kemampuan ngekek panjang dengan volume suara yang cadas. Bahkan kabarnya lovebird jalal ini merupakan salah satu pesaing ketat dari sang lovebird legendaris "Kusumo" milik Om Sigit WMP dari Klaten.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari group lovebird mania di whatsapp dan facebook dari seorang master lovebird paruh putih, beginilah pola rawatan dan settingan lovebird paruh putih secara global agar bisa rajin ngekek panjang dan tidak mudah gembos.

1. Full kerodong

Settingan lovebird paruh putih ala Aeko adalah dengan cara full kerodong, jadi lovebird selalu dalam keadaan dikerodong setiap hari, kecuali pada saat mandi dan jemur. Pada saat minggu pertama awal settingan biasanya bulu burung akan sedikit rontok, hal tersebut adalah normal, karena lovebird sedang tahap adaptasi dengan settingan baru.

2. Mandi 2x sehari (pagi dan malam hari)

Mandikan lovebird paruh putih 2x sehari, yaitu pada pagi hari sekitar jam 8 pagi, proses memandikannya harus sampai basah kuyup. Setelah itu lalu dijemur sampai semua bulu kering, bila sudah benar-benar kering, angin-anginkan sebentar kemudian kerodong sampai sore hari.

Pada sore harinya sekitar jam 4/5an, keluarkan burung dan angin-anginkan sebentar, bersihkan kandang, ganti pakan dan air minum, kemudian kerodong lagi dan masukkan kedalam rumah. Pada malam harinya sekitar jam 8an malam, mandikan burung dengan cara disemprot embun dan jangan sampai terlalu lepek (basah kuyup) agar lovebird tidak terlalu kedinginan. Angin-anginkan sebentar sampai bulunya kering, kemudian kerodong kembali dan biarkan lovebird beristirahat dengan nyaman sampai pagi hari.
BACA JUGA: Manfaat terapi mandi malam lovebird

3. Terapi pengembunan

Untuk menambah durasi ngekek, memperpanjang nafas, membuat lovebird menjadi lebih sehat dan happy, lakukan terapi pengembunan secara rutin. Caranya keluarkan lovebird dan letakkan ditempat udara bebas pada saat jam 5 pagi, biarkan lovebird menghirup udara pagi sambil menyongsong keluarnya matahari pagi. Sebab udara pagi yang masih sangat bersih dan segar sangat bagus untuk kesehatan dan pernafasan burung, termasuk burung lovebird.

4. Kandang umbaran

Untuk melatih pernafasan dan stamina lovebird, anda bisa melakukan metode kandang umbaran secara teratur. Caranya adalah dengan mengolahragakan lovebird dengan menggunakan kandang umbaran, agar lovebird bisa berjalan kesana kemari didalam kandang umbaran tersebut. Terapi kandang umbaran tersebut idealnya dilakukan 3 kali dalam seminggu, untuk harinya anda bisa pilih sendiri. Gunakan metode pembatasan hari, misalnya senin memakai kandang umbaran, selasa tidak, rabu dikandang umbaran lagi, kamis tidak, jum'at kandang umbaran lagi, sabtu dan minggu tidak.


Settingan lovebird paruh putih menjelang lomba


Untuk settingan menjelang lomba dilakukan satu hari sebelum lomba (H-1). Setelannya tetap sama seperti setelan harian diatas, hanya saja terapi kandang umbaran ditiadakan dulu, agar lovebird bisa lebih fokus istirahat guna mempersiapkan stamina agar tidak loyo saat lomba. Proses pemandian dan pengembunan tetap sama, hanya pakannya ditambah dengan canary seed dan biji bunga matahari. Berikut ini adalah screenshot dari master Aeko mengenai perawatan dan settingan lovebird paruh putihnya.
setelan lovebird paruh putih
Whatsapp Aeko
Itulah settingan lovebird paruh putih ala Aeko yang saya peroleh dari salah satu group facebook yang bisa anda praktekkan untuk lovebird paruh putih kesayangan anda. Tapi perlu anda ketahui bahwa masing-masing lovebird memiliki karakter dan kesenangan yang berbeda-beda, sehingga settingan tersebut diatas belum tentu pas untuk lovebird paruh putih anda. Oleh sebab itu anda tetap pelu melakukan eksperimen terhadap settingan tersebut, kemudian amati bagian mana yang kira-kira kurang pas untuk setelan lovebird anda, kemudian lakukan modifikasi dan eksperimen lagi sampai ketemu settingan yang tepat untuk lovebird paruh putih kesayangan anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.