Cara Menangkap Burung Lovebird Yang Lepas Dan Terbang

Cara menangkap burung lovebird -Beberapa kali saya pernah menjumpai seekor burung lovebird yang terlebas dan terbang bebas dialam liar. Siapapun itu ketika melihat burung lovebird lepas pasti ingin ikut menangkapnya, apalagi bagi lovebird mania seperti kita, tanpa pikir panjang lebar lagi segera mencari cara bagaimana agar bisa menangkap burung lovebird yang terbang bebas diatas pohon tersebut.
Cara menangkap burung lovebird
Gambar ilustrasi lovebird lepas dijalan

Menangkap burung lovebird itu bukan perkara sulit, tapi juga bukan perkara mudah. Akan tampak mudah bagi yang sudahtahu caranya, tapi akan kelihatan sulit bagi yang belum tahu caranya dan belum pernah memiliki pengalaman menangkap burung sama sekali. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi burung lovebird saja, tapi juga berlaku bagi semua jenis burung peliharaan dan burung kicauan yang lepas dan terbang dialam bebas.

Akan tetapi cara menangkap burung lovebird tentu akan lebih mudah jika dibandingkan dengan menangkap burung kacer, cendet, murai,atau jenis burung berkicau lainnya. Sebab burung lovebird di indonesia ini tidak memiliki kemampuan untuk bertahan hidup secara mandiri dialam bebas. Dapat kita pastikan bahwa hampir semua burung lovebird yang dipelihara di indonesia ini adalah hasil ternak/ breeding, bukan hasil dari tangkapan liar (hutan).

Burung hasil ternak tentu akan memiliki karakter berbeda dengan burung hasil tangkapan hutan. Burung tangkapan hutan jika terlepas dari sangkar masih memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dan kembali kehabitatnya, sebab sudah pernah merasakan habitat alam yang sesungguhnya. Sedangkan burung hasil ternak sama sekali belum pernah merasakan habitat alam yang sesungguhnya, bahkan sayapnya pun belum pernah digunakan untuk terbang tinggi. Hal tersebut tentu menjadi penyebab burung hasil ternak akan kesulitan beradaptasi dan hidup dialam bebas.

Jadi ketika ada burung lovebird terlepas dan terbang liar, memang sebaiknya anda tangkap saja, kemudian dikembalikan kepada pemiliknya atau anda rawat dengan baik. Sebab burung lovebird tersebut tidak bisa bertahan hidup dialam bebas, jadi jika tidak anda tangkap justru bisa mati, atau ditangkap orang lain.

Cara menangkap burung lovebird yang terlepas dan terbang bebas dialam liar


Ada dua cara menangkap burung lovebird yang terbilang aman dan tidak melukai fisik si burung, yaitu dengan cara disemprot air dan dengan menggunakan kandang kosong. Akan tetapi menangkap lovebird dengan menggunakan kandang pancingan jauh lebih aman dan lebih mudah.

Jadi disini saya hanya akan mengulas cara menangkap lovebird menggunakan kandang kosong saja. Caranya adalah anda harus memiliki 1 buah kandang lovebird kosong, kemudian pada wadah pakan  silahkan isi dengan pakan dan air minum, gantungkan juga daun kangkung atau pakan sayuran lainnya ditengah-tengah sangkar untuk memancing agar lovebird masuk kedalam sangkar.

Letakkan sangkar kosong tersebut dengan burung lovebird pancingan yang berada didalam sangkar yang lain. Jika anda tidak memiliki burung lovebird, anda bisa meminjam ke tetangga terlebih dahulu. Jika tetangga juga tidak punya burung lovebird, dengan terpaksa anda harus bisa memanfaatkan teknologi, yaitu dengan menggunakan suara hp/ mp3.

Setel suara burung lovebird ngekek dan ngetik pada hp mp3 anda, kemudian letakkan hp tersebut didekat sangkar kosong. Hal ini bertujuan untuk memancing si lovebird agar mendekati sangkar kosong. Lalu silahkan anda bersembunyi atau menjauh dari sangkar tersebut,agar lovebird tidak terganggu dengan kehadiran anda.

Jika si lovebird sudah merasa lapar dan melihat ada makanan didalam sangkar, tidak butuh waktu lama burung lovebird tersebut akan masuk kedalam sangkar kosong. Tutup pintu sangkar dengan hati-hati agar burung lovebird tidak kaget dan terbang lagi.

Begitulah sedikit ulasan singkat dan sederhana mengenai cara menangkap burung lovebird yang terlepas dan terbang bebas dialam liar tanpa harus menyakiti si lovebird. Sekian dan semoga bermanfaat.