Manfaat Canary Seed Untuk Lovebird (Meningkatkan Produksi Ternak Lovebird)

Manfaat canary seed -Dalam beternak lovebird agar memperoleh hasil sesuai dengan harapan, diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang tidak sedikit. Sebab beternak lovebird dalam skala besar dibutuhkan modal yang tidak sedikit, jadi harus benar-benar dikerjakan dan dikelola dengan baik dan profesional. Tidak bisa dikerjakan dengan setengah-setengah atau bahkan asal-asalan, karena hasilnya anda bisa gulung tikar sebelum merasakan keuntungan.
manfaat canary seed untuk lovebird
Lovebird dan canary seed

Pengetahuan dalam beternak lovebird tersebut salah satunya adalah berkaitan dengan pemberian pakan yang benar dan sesuai takaran, agar hasil ternak lovebird menjadi lebih maksimal. Nah untuk pemberian pakan tersebut anda tidak bisa hanya mengandalkan millet putih, jagung, dan sayuran saja, karena pakan seperti millet putih dan jagung tersebut hanya mengandung karbohidrat yang tinggi saja, minim protein.

Sedangkan indukan lovebird selain membutuhkan asupan karbohidrat tinggi juga membutuhkan asupan protein yang tinggi seperti yang terkandung dalam canary seed, dimana canary seed tersebut sebenarnya merupakan pakan dari burung kenari.

Hal tersebut pernah dialami oleh salah seorang pengamat lovebird sekaligus peternak lovebird dari kota Kudus, yaitu Om Anggit Murdhanu. Dimana beliau sempat mengurangi takaran canary seed terhadap indukan lovebird ternak yang ia miliki, alasannya adalah karena saat itu agak sulit untuk mendapatkan canary seed di toko pakan ternak.

Alhasil ternak lovebird yang ia miliki mengalami penurunan produktivitas, dimana biasanya satu indukan lovebird dapat menghasilkan 3 anakan, saat itu hanya mampu menghasilkan 1 anakan saja, atau maksimal 2 anakan.

Padahal beliau sudah memberikan ekstra fooding jagung dan kangkung dengan porsi yang lebih banyak untuk menggantikan pemberian canary seed, tapi hasilnya ternyata masih tetap sama saja, yaitu produktivitas ternak lovebird kurang maksimal.

Manfaat canary seed untuk ternak lovebird

Dari sedikit uraian diatas, dapat kita simpulkan bahwa pemberian canary seed untuk lovebird ternak sangatlah penting, sebab didalam canary seed selain mengandung protein tinggi juga mengandung asam amino cystine, trytophan, dan phenylalanine yang sangat bermanfaat bagi produktivitas ternak lovebird.

Komposisi pemberian pakan ternak lovebird yang benar adalah harus seimbang antara millet putih, canary seed, juwawut, jagung muda, dan sayur-sayuran. Untuk mendapatkan komposisi yang tepat, anda harus selalu memperhatikan dan mengawasi perkembangan ternak lovebird anda. Jika sudah terjun cukup lama dan memiliki pengalaman serta jam terbang yang tidak sebentar, tentu dengan sendirinya anda akan mengetahui hal apa yang terbaik untuk kemajuan ternak lovebird anda.