Cara Melatih Lovebird Agar Gacor

Cara Melatih Lovebird Agar Gacor -Di dunia perlombaan burung, lovebird menjadi salah satu pilihan favorit para penggemar burung karena suaranya yang merdu dan nyaring. Lovebird yang ahli gacor biasanya jadi pemenang dalam berbagai ajang lomba. 

Tentunya hal tersebut tidak diperoleh secara instan, selalu ada tips dan trik khusus dalam melatih lovebird agar gacor. Bagi Anda yang saat ini memelihara lovebird, yuk simak cara melatih lovebird agar gacor berikut ini. 

Cara Melatih Lovebird Agar Gacor 

1. Lovebird Dimandikan Dengan Cara Disemprot 
Cara melatih lovebird agar gacor yang pertama adalah memandikannya dengan cara disemprot. Anda bisa memberikan semprotan dengan menggunakan hand sprayer ke tubuh lovebird hingga semua tubuh terlapisi air. Jika selama ini Anda memandikannya dengan cara merendam lovebird di bak atau wadah, untuk sementara waktu gantilah proses mandi dengan semprotan. 
Saat memberikan semprotan tidak boleh sembarangan, Anda harus menyemprotkan air ke tubuh lovebird secara halus supaya burung ini merasakan sensasi terapi mandi air hujan yang sangat menyegarkan. Usahakan dalam menyemprot tidak mengenai mata dan harus dari atas kepala. Waktu terbaik melakukan teknik ini sekitar pukul 07.00 pagi. 

2. Melakukan Penjemuran 
Cara melatih lovebird agar gacor yang kedua adalah melakukan penjemuran. Saat lovebird Anda sudah dimandikan dengan cara disemprot, jemurlah burung ini di lokasi yang terkena sinar matahari. Anda bisa melakukannya di teras rumah hingga pukul 10.00 pagi 
Pastikan lokasi yang digunakan lovebird untuk berjemur tidak ada hewan pengganggu lainnya, seperti kucing, anjing, maupun ayam. Selanjutnya, setelah lovebird dijemur, langsung angin-anginkan selama 5 menit sebagai proses adaptasi tubuh lovebird dari suhu tinggi ke suhu rendah. Hal ini efektif untuk menjaga kesehatan tubuh lovebird. 

3. Terapi Mandi Semprot Yang Kedua 
Cara melatih lovebird agar gacor yang ketiga adalah memberikan terapi mandi semprot untuk kedua kalinya. Caranya memang sama dengan cara mandi pertama, hanya waktu mandinya disarankan pada pukul 12.00 siang. 
Selain itu, untuk tahap penjemuran, usahakan lokasi tidak langsung terkena sinar matahari. Pilihlah lokasi yang suhunya hangat dan tidak terlalu panas, terutama di siang hari. Apabila lovebird berjemur di lokasi yang terik sinar matahari, burung ini berisiko mati karena kepanasan. 
Setelah dijemur, lovebird bisa langsung diletakkan di kandang dan digantungkan seperti biasanya. Berikan waktu untuk lovebird agar beristirahat. Dalam penggolongannya, gabungkan lovebird dengan performanya yang sepadan karena beberapa lovebird tidak berani dengan lovebird yang memiliki performa di atasnya. 

4. Memberikan pakan yang bervariasi 
Cara melatih lovebird agar gacor yang keempat adalah memberikan pakan yang bervariasi. Pemberian pakan dengan cara ini sangat menghibur lovebird agar tidak bosan dan selalu ceria. Dalam menu harian, Anda bisa memberikan milet putih atau milet merah, biji kenari, jagung manis, kangkung, dan buah apel merah. 

5. Pemeliharaan Kandang 
Cara melatih lovebird agar gacor yang kelima adalah pemeliharaan kandang. Pastikan kandang selalu dalam keadaan bersih dari segi fasilitasnya, meliputi tempat pakan dan minum, tempat bertengger, kotoran di dasar sangkar, dsb. Jika kandang terlihat jamuran akibat terkena air hujan. Anda bisa membersihkannya dengan bantuan dari air soda dengan cara dilap. 
Jika di dalam kandang ada seekor lovebird yang sakit, segera pisahkan dari anggota lovebird lainnya agar virusnya tidak tertular. Segera lakukan pengobatan pada lovebird yang sakit. 

Itulah beberapa cara melatih lovebird agar gacor. Lakukan cara ini selama satu minggu untuk memperoleh hasil yang maksimal. Semoga artikel ini bisa membantu Anda. Selamat mencoba.