Pakan Lovebird Yang Baik

Pakan Lovebird Yang Baik Biar Gacor-Pemberian pakan untuk lovebird tidak boleh sembarangan, harus ada syarat tertentu yang dipenuhi untuk menunjang kebutuhan nutrisi burung jenis ini. Pemberian pakan yang tidak tepat dapat menyebabkan kesehatan tubuh burung terganggu dan tidak dapat maksimal dalam menghasilkan suara yang merdu. Bagi Anda yang saat ini sedang memelihara atau membudidayakan lovebird, yuk ketahui pakan lovebird yang baik berikut ini. 

Pakan Lovebird Yang Baik 

Komposisi pakan lovebird yang baik dalam ulasan ini dibedakan menjadi dua, yaitu lovebird anakan dan lovebird dewasa. Tentunya pemberian pakan di antara kedua jenis tersebut berbeda tergantung dengan tahap pertumbuhannya. Agar pemberian pakan maksimal, berikut ini komposisi pakan yang harus Anda perhatikan demi keberlangsungan hidup lovebird. 

1. Komposisi Pakan yang Baik Untuk Anakan 
Pakan lovebird yang baik untuk anakan harus memerhatikan kandungan protein, karbohidrat, dan vitamin. Jenis pakan ini diberikan kepada burung lovebird anakan dengan usia di bawah empat bulan. Rekomendasi komposisi pakan terbaik jenis burung ini meliputi 
(1) biji kenari, 
(2) milet putih, 
(3) jagung muda, 
(4) gabah beras merah, dan 
(5) daun kangkung. 

Takaran dan penyajian pakan yang baik untuk lovebird anakan ini juga harus diperhatikan, tidak boleh sembarangan. Untuk pakan jenis daun kangkung usahakan dalam penyajiannya, daun kangkung telah dicacah dengan lembut. Anda dapat memberikan pakan daun kangkung seminggu dua kali. 
Selain itu, Anda juga bisa memberikan racikan pakan berupa biji kenari, gabah beras merah, dan milet putih dengan komposisi perbandingan 1:2:5. Racikan takaran ini dapat Anda berikan tidak hanya pada lovebird anakan, melainkan juga bisa diberikan pada lovebird yang sudah dewasa hanya saja takarannya berbeda. 

2. Komposisi Pakan yang Baik Untuk Dewasa 
Pakan lovebird yang baik untuk dewasa juga harus membutuhkan keseimbangan nutrisi yang baik. Anda bisa memberikan racikan biji kenari, milet merah, dan milet putih dengan perbandingan 2:1:2. Usahakan dalam pemberian pakan. Anda melakukan variasi agar burung lovebird tidak mudah merasa bosan dan selalu ceria. 

3. Pemberian Extra Fooding 
Extra Fooding juga termasuk pakan lovebird yang baik saat masa mabung, yaitu saat di mana 
Bulu-bulu lovebird mengalami kerontokan. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa memberikan Extra Fooding berupa telur rebus untuk menjaga kecantikan bulu lovebird agar selalu tampil berkilau dan rapi. 
Variasikan jenis pakan yang Anda berikan dengan sayuran, seperti wortel dan sawi agar daya tahan tubuh lovebird tetap terjaga. Anda juga bisa memberikan multivitamin dan vaksin guna mencegah lovebird dari ancaman penyakit, salah satunya telur ayam dan tulang sotong. Jika tujuannya agar lovebird birahi, jenis pakan yang dapat Anda berikan, yaitu biji bunga matahari. 

4. Jenis Pakan yang Dilarang Untuk Lovebird 
Dalam menjaga kesehatan lovebird, tentunya ada jenis pakan yang direkomendasikan dan ada juga jenis pakan yang dilarang. Daftar jenis pakan yang dilarang untuk lovebird meliputi: 
(1) makanan cepat saji atau fast food, 
(2) es krim, 
(3) alkohol, 
(4) makanan yang mengandung gula berlebih, 
(5) makanan yang berlemak atau berminyak tinggi, 
(6) minuman bersoda, dan 
(7) alpukat dan biji apel. 

Itulah daftar pakan lovebird yang baik. Anda harus bisa jeli membedakan pakan mana yang baik dan yang buruk untuk kebutuhan nutrisi lovebird. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba.