Beberapa Kebiasaan yang Salah Dalam Merawat Lovebird

Beberapa Kebiasaan yang Salah Dalam Merawat Lovebird -Saat awal membeli lovebird, burung ini memang terlihat indah terutama bulu-bulunya yang menawan. Untuk menjaga keindahan burung ini memang tidak mudah, beberapa kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird kerap menjadi penyebab burung ini sakit dan kulitnya tampak kusam. 

Hal seperti ini biasanya dialami oleh para pemula karena kurang memahami pengetahuan tentang cara merawat lovebird yang benar. Agar hal itu tidak terjadi, yuk simak beberapa kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird berikut ini. 

Beberapa Kebiasaan yang Salah Dalam Merawat Lovebird 

1. Perawatan Mandi 
Perawatan mandi yang tidak tepat bisa jadi salah satu kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird. Pasalnya, perawatan mandi yang diberikan pada lovebird anakan dan lovebird dewasa harus dilakukan secara teratur sampai seluruh tubuh lovebird basah kuyup. 

Usahakan saat mandi, bagian telinga dan lubang hidung tidak terkena air. Jika sampai kemasukan air, bunyi ngekek yang dihasilkan akan berkurang sehingga lovebird bisa terancam sakit. Selain itu, jangan sampai malas memandikan burung lovebird karena lama kelamaan burung ini akan tampak tidak sehat dan terancam mati. Lakukan pemandian dua kali sehari. 

2. Pemberian Pakan yang Tidak Tepat 
Pemberian pakan yang tidak tepat juga jadi salah satu kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird. Pasalnya, untuk perkembangan dan pertumbuhannya, lovebird memang membutuhkan nutrisi dengan asupan yang seimbang dengan jenis pakan bervariasi. 

Jika pakan yang diberikan berlebihan atau tidak sesuai dengan kadar dapat menyebabkan proses pencernaan tubuh lovebird tidak lancar dan menimbulkan kegemukan. Agar lovebird tumbuh dengan baik, berikan asupan seimbang dan bervariasi, berupa cacahan daun kangkung, jagung muda, wortel, sawi, dan lain-lain. 

3. Kebutuhan Cahaya yang Tidak Tercukupi 
Kebutuhan cahaya yang tidak tercukupi juga salah satu kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird selanjutnya. Pasalnya, burung ini membutuhkan asupan cahaya matahari untuk proses pertumbuhannya. Kondisi cahaya yang gelap justru membuat lovebird menjadi gelisah sehingga berisiko sakit. 

Sebaiknya, lokasi kandang diletakkan di dekat jendela dengan intensitas cahaya matahari yang tidak terlalu terik. Pastikan kandang juga sudah jauh dari gangguan berupa asap, angin, kebisingan, dan predator karena hewan jenis ini sangat sensitif terhadap hal-hal tersebut. 

4. Tidak Adanya Burung Sejenis 
Tidak adanya burung sejenis juga jadi salah satu kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird. Pasalnya, hewan ini terkenal dengan kehidupannya yang berkoloni atau bersosial. Meskipun berada di sangkar, pastikan burung ini sudah memiliki teman dari jenis yang sama untuk menghindari kejenuhan. 

5. Kebersihan Kandang yang Kurang 
Kebersihan kandang yang kurang juga jadi salah satu kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird. Kandang yang bersih tentunya menjadikan tumbuh kembang lovebird menjadi nyaman sehingga dengan mudah merangsangnya untuk berkembang biak. 

Jangan sampai malas untuk membersihkan kandang, terutama kotorannya yang ada di alas kandang. Selain itu, lakukan pembersihan juga pada sisi-sisi kandang, jika terdapat jamur, Anda bisa langsung membersihkannya dengan memanfaatkan minuman bersoda jika kandangnya berbahan besi. Yang paling penting jangan lupa juga membersihkan wadah pakan dan minumnya. 

6. Pengawasan yang Kurang Intensif 

Pengawasan yang kurang intensif juga jadi salah satu kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird. Akibat kurang pengawasan, bisa saja lovebird milik Anda mengalami sakit dan lemah. Untuk itu, Anda harus membiasakan memeriksa kondisi lovebird secara rutin. Jika ada yang sakit, segera pisahkan dari kumpulan lovebird lain agar virus tidak menyebar. 

Itulah beberapa kebiasaan yang salah dalam merawat lovebird. Hal ini tentunya menghambat Anda dalam menikmati keindahan burung jenis ini. Untuk itu, lakukan perwatan dengan baik dan tepat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba.