Cara Membedakan Lovebird Betina Dan Jantan


Cara Membedakan Lovebird Betina Dan Jantan-Salah satu kesulitan yang dialami beberapa pencinta burung adalah membedakan lovebird betina dan jantan. Kasus ini tentu menjadi penghambat bagi beberapa masyarakat, terutama dalam hal mengawinkan sepasang lovebird.
Hal ini tentu sangat wajar mengingat lovebird memiliki tiga jenis kelompok yang meliputi: 
(1) kelompok dimorfik, yaitu kelompok jenis kelaminnya dapat dibedakan secara mudah, 
(2) kelompok intermediate, yaitu kelompok yang jenis kelaminnya cukup sulit dibedakan, dan 
(3) kelompok kaca mata, yaitu jenis kelaminnya yang tidak konsisten.

Bagi Anda yang masih merasa kesulitan dalam hal ini, jangan ragu untuk berkonsultasi pada pakarnya. Sebelum itu, tambah pengetahuan Anda dengan menyimak cara membedakan lovebird betina dan jantan berikut ini.

Cara Membedakan Lovebird Betina Dan Jantan
1.      Bentuk Paruh Lovebird
Cara membedakan lovebird betina dan jantan yang pertama dapat diketahui dari bentuk paruh yang dimiliki. Pada lovebird jantan, bentuk paruhnya lebih runcing atau mancung dengan ukurannya yang kecil, sedangkan bentuk paruh betina justru tumpul dan melebar, serta berukuran besar.
2.      Bentuk Fisik Lovebird
Cara membedakan lovebird betina dan jantan yang kedua dapat diketahui dari bentuk fisiknya. Pada lovebird jantan, tubuhnya berukuran lebih kecil daripada betina. Bagian kepalanya berbentuk rata atau cepak. Sementara itu, bagian kepala lovebird berina berbentuk melengkung atau cekung.
3.      Bentuk Sayap Lovebird
Cara membedakan lovebird betina dan jantan yang ketiga dapat diketahui dari bentuk sayapnya.  Pada lovebird jantan. Ujung sayapnya cenderung menyilang, sedangkan pada lovebird betina, ujung sayapnya tidak menyilang dan tidak saling bertemu. Anda bisa mengamatinya ketika lovebird diam tanpa aktivitas.
4.   Bentuk Ekor Lovebird
Cara membedakan lovebird betina dan jantan yang keempat dapat diketahui dari bentuk ekornya. Pada lovebird jantan, ekornya berbentuk runcing dengan ujung ekor mengerucut kecil. Sementara itu, pada lovebird betina, ekornya tumbuh lebih rata dengan ujungnya yang berukuran lebih besar.
5.   Cara Bertengger Lovebird
Cara membedakan lovebird betina dan jantan yang kelima dapat diketahui dari cara bertenggernya. Pada lovebird jantan, cara bertenggernya ditunjukkan dengan kaki yang agak merapat. Tulang pubisnya akan terlihat meruncing.
Sementara itu, pada lovebird betina, cara bertengger ditunjukkan dengan kakinya yang agak melebar. Hal ini disebabkan tulang pubis milik lovebird betina ukurannya agak lebar dan cenderung berjauhan.
6.   Cincin Emas Atau Jarum
Cara membedakan lovebird betina dan jantan yang keenam dapat diketahui dari penggunaan cincin emas untuk mendeteksi jenis kelamin keduanya. Caranya pun praktis. Pertama-tama, siapkan tali sepanjang 15-20 cm, ikatkan ujungnya pada cincin emas atau jarum. Kemudian, peganglah tubuh lovebird menggunakan tangan kiri, pastikan kepalanya  tidak ikut tergenggam.
Selanjutnya, letakkan cincin emas di atas kepala Lovebird dengan jarak minimal 3-5 cm. tunggu beberapa saat, perhatikan pergerakan cincin emas yang digantung tersebut. Apabila cincin bergerak maju mundur searah menandakan bahwa lovebird berjenis kelamin jantan. Jika cincin bergerak memutar atau melingkar menandakan bahwa lovebird berjenis kelamin betina.
7.   Tulang Pubis
Cara membedakan lovebird betina dan jantan yang ketujuh dapat diketahui dari tulang pubis yang terdapat di tubuh keduanya. Pada lovebird jantan, dua tulang pubisnya terasa menyempit jika disentuh atau diraba. Teksturnya juga akan terasa lebih lunak dengan tulang supitnya yang cenderung tampak terbuka.
Sementara itu, pada lovebird betina, tulang pubisnya lebih bersifat elastis, serta jarak antar keduanya lebih lebar. Jika diukur, besarnya sama dengan jari tangan manusia. Tekstur tulang supit betina akan terasa lancip, keras, dan rapat jika ditekan.
 Itulah beberapa cara membedakan lovebird betina dan jantan yang harus Anda ketahui. Lakukanlah dengan teliti dan hati-hati agar tak salah pilih. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba.