Cara Membuka Usaha Ternak Lovebird

Cara Membuka Usaha Ternak Lovebird -Lovebird selain dijadikan hewan peliharaan, juga dimanfaatkan sebagai lahan bisnis mengingat permintaan pasar terhadap burung ini semakin meningkat. Hal ini terjadi karena kecantikan dan kicauan burung lovebird memang indah dan menawan. 

Selain itu, daya tahan tubuh lovebird juga tinggi sehingga sangat cocok jika dibudidayakan di wilayah tropis Indonesia. Bagi Anda yang saat ini tertarik menjalankan peternakan, tidak ada salahnya terjun ke dunia ternak lovebird. Sebelum menjalankannya, yuk simak ulasan tentang cara membuka usaha ternak lovebird berikut ini. 

Cara Membuka Usaha Ternak Lovebird 

1. Pemilihan kandang 
Pemilihan kandang termasuk cara membuka usaha ternak lovebird pada bagian pertama. Sebelum membeli bibit, siapkan dahulu kandang yang tidak terlalu besar sebagai tahap awal. Pilihlah kandang yang berbahan besi agar mudah dibersihkan. Jangan lupa berikan tempat bertengger yang nantinya digunakan lovebird untuk istirahat. 

Ukuran kandang yang direkomendasikan untuk kandang indukan, yaitu 1 x1 x1 m. Selain itu, buatlah kandang minimalis yang digunakan untuk kegiatan pemijahan dan perjodohan burung. Ukuran yang disarankan dalam pembangunan kandang pemijahan, yaitu 25 x25 x25 cm yang mampu memuat 2-3 burung. 

Jangan lupa berikan beberapa daun kering atau jerami. Tidak disarankan untuk menggunakan daun atau ranting yang masih segar sebab berpotensi membusuk sehingga dapat menyebarkan virus yang tidak baik untuk kesehatan burung. 

2. Memilih induk yang berkualitas 
Memilih induk yang berkualitas termasuk cara membuka usaha ternak lovebird bagian kedua. Pilihlah induk yang telah terbukti memiliki segudang prestasi, yaitu keindahan bulunya yang cantik dan kicauannya yang merdu. Sebaiknya, pilihlah indukan jantan yang berusia 8 bulan. Lovebird betina akan siap memijah setelah usianya menginjak satu tahun. 

3. Proses Perjodohan 
Proses perjodohan juga termasuk cara membuka usaha ternak lovebird pada bagian ketiga. Perjodohan dilakukan dengan menyatukan sepasang lovebird dalam kandang yang sama. Jika mereka memiliki kecocokan, mereka akan sering berdekatan, jika sebaliknya mereka justru tidak berjodoh. 

Selain itu, Anda juga bisa menguji kecocokan mereka dengan bantuan kaca. Jika sepasang burung memiliki ketertarikan, paruh mereka akan saling menempel di antara kaca yang digunakan sebagai pembatas. Saat Anda mengetahui hal tersebut, segera satukan sepasang lovebird tersebut dalam kandang yang sama dan berbeda dari kerumunan lovebird sebelumnya. 

4. Pemberian Pakan yang tepat 
Pemberian pakan yang tepat termasuk cara membuka usaha ternak lovebird bagian keempat. Jenis pakan yang harus Anda berikan ke lovebird anakan dapat berupa sayuran dan buah-buahan, seperti buah apel, sawi, wortel, biji kenari, dan lain-lain. Anda juga bisa memberikan pakan berupa bubur instan yang dilarutkan dengan air hangat. 

Jangan lupa berikan multivitamin agar kesehatan burung tetap terjaga. Multivitamin tersebut dapat Anda temukan di tulang sotong dan telur rebus. Kedua jenis pakan tersebut dinilai mampu meningkatkan performa lovebird. 

Untuk lovebird dewasa, jenis pakan yang diberikan juga sama, hanya saja takarannya yang berbeda. Jenis pakan tersebut terdiri dari: biji kenari, biji sawi, biji bunga matahari, jumawut, milet merah, dan milet putih. Jenis-jenis pakan ini bisa Anda peroleh dengan mudah di sekitar lingkungan maupun toko hewan. 

Pastikan juga untuk mengganti air minum untuk lovebird secara rutin. Lakukan pengawasan jika air tersebut berubah menjadi kotor. Jangan sampai air konsumsi lovebird bertahan dalam jangka waktu yang lama karena mampu menghasilkan bakteri yang tidak baik untuk kesehatan. 

Itulah beberapa cara membuka usaha ternak lovebird yang bisa Anda praktikkan. Jangan lupa untuk memberikan perawatan secara intensif agar hasil yang diperoleh maksimal. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam beternak lovebird.