Cara Mengetahui Umur Lovebird

Cara Mengetahui Umur Lovebird -Di Indonesia, lovebird merupakan salah satu jenis burung yang digemari masyarakat. Oleh karena itu, banyak pencinta burung yang mengalihkan hobinya dari memelihara menjadi membudidayakan. Hal ini dilakukan karena burung ini memang indah dijadikan hiasan maupun sebagai peserta lomba kicauan. 

Bagi para pemula, seharusnya mereka dibekali dengan pengetahuan tentang umur lovebird yang tepat agar tidak menjadi sasaran empuk penjual nakal sehingga berujung pada kerugian. Sebelum hal itu terjadi, yuk simak cara mengetahui umur lovebird berikut ini. 

Cara Mengetahui Umur Lovebird 

1. Warna Paruh 
Cara mengetahui umur lovebird yang pertama dapat dikenali lewat warna paruh. Untuk lovebird anakan, paruhnya berwarna merah muda atau agak kekuningan jika paruh yang dimiliki berwarna putih. Pada bagian pangkal paruh, juga terdapat sedikit warna hitam. Warna hitam inilah yang menandakan bahwa usia burung lovebird masih berumur di bawah tiga bulan. 

Berbeda dengan lovebird anakan, paruh lovebird dewasa berwarna merah cerah jika paruhnya juga berwarna merah. Biasanya, paruh milik lovebird dewasa terlihat pucat putih jika paruh yang dipunyai berwarna putih. 

2. Warna Kaki 
Cara mengetahui umur lovebird yang kedua dapat dikenali lewat warna kaki. Untuk lovebird anakan, kakinya justru berwarna hitam jika paruh yang dimilikinya berwarna merah. Semakin banyak warna hitamnya menandakan bahwa lovebird anakan semakin muda usianya. 

Berbeda dengan lovebird anakan, kaki lovebird dewasa tidak memiliki trotol hitam. Warnanya cenderung abu-abu bersih atau berwarna pink pucat bagi burung yang memiliki paruh putih. 

3. Bentuk dan Warna Bulu 
Cara mengetahui umur lovebird yang ketiga dapat dikenali lewat bentuk dan warna bulu. Untuk lovebird anakan, bulunya justru terlihat sedikit kusam dan belum mengkilap karena belum memproduksi minyak di bulunya secara maksimal. Selain itu, ekornya masih pecah-pecah. Ciri-ciri tersebut menandakan bahwa usia lovebird anakan di bawah 2 bulan. 

Berbeda dengan lovebird anakan, bentuk bulu lovebird dewasa sudah rapi dan mengkilap. Selain itu, ekornya juga tumbuh secara teratur dan tidak mekar berantakan. Jika mendekati masa mabung, bulu lovebird dewasa akan tampak kusam. 

4. Mata 
Cara mengetahui umur lovebird yang keempat dapat dikenali lewat mata. Untuk lovebird anakan, matanya akan terlihat bening dan menonjol dengan besar. Selain itu, klepnya masih tampak segar. Meskipun demikian, ada beberapa lovebird anakan yang tidak memiliki mata menonjol. 

Berbeda dengan lovebird anakan, lovebird dewasa memiliki bola mata yang sudah tidak menonjol. Di sekitar area mata juga ada beberapa bagian keriput, terutama pada bagian klepnya. 

5. Suara 
Cara mengetahui umur lovebird yang kelima dapat dikenali lewat suara. Untuk lovebird anakan, suara yang dihasilkan akan terdengar samar, bahkan beberapa suaranya hamper mirip dengan burung emprit. Apabila suaranya sudah mirip burung emprit, berarti lovebird tersebut masih berumur di bawah dua bulan. Meskipun demikian, ada beberapa lovebird anakan yang sudah bersuara lantang. 

Berbeda dengan lovebird anakan, suara yang dihasilkan lovebird dewasa sudah matang dan keras. Pada umumnya tidak mirip dengan suara burung emprit. Meskipun begitu, beberapa lovebird dewasa memang memiliki suara seperti burung emprit karena bawaannya. 

6. Durasi Ngekek 
Cara mengetahui umur lovebird yang keenam dapat dikenali lewat durasi ngekek. Untuk lovebird anakan, durasi ngekek yang dihasilkan pun berbeda-beda, yang paling mencapai 30 detik. Kondisi demikian itu memang jarang, hanya ditemukan pada beberapa lovebird anakan saja yang menandakan bahwa dirinya memang spesial karena kebanyakan lovebird anakan hanya mampu menghasilkan ngekek di bawah 7 detik. 

Berbeda dengan lovebird anakan, durasi ngekek lovebird dewasa juga bervariasi. Pada umumnya, burung ini mampu menghasilkan ngekek hingga mencapai 1-3 menit ke atas. Meskipun demikian, ada beberapa lovebird dewasa yang hanya menghasilkan ngekek di bawah 10 detik. 

Itulah beberapa cara mengetahui umur lovebird. Usahakan kritis dan berhati-hati saat membeli, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kepada pakarnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.