Cara Mudah Melatih Lovebird Agar Menjadi Masteran

Cara Ampuh Melatih Lovebird Agar Menjadi Masteran -Seiring dengan populernya lovebird sebagai jawara dalam berkicau di lapangan, maka tak heran jika permintaan pasar tentang burung ini semakin melonjak. Jenis burung yang paling banyak diminati adalah jenis burung yang memiliki induk jawara karena si anakan mewarisi bakat dan keturunan dari induknya, terutama dalam menghasilkan ngekek panjang. 
Meskipun demikian, lovebird anakan harus dilatih agar mentalnya menjadi kuat dan pemberani. Bagi Anda yang saat ini memelihara lovebird untuk dijadikan peserta lomba, berikut cara melatih lovebird agar menjadi masteran yang harus Anda ketahui. 

Cara Melatih Lovebird Agar Menjadi Masteran 

1. Pemberian Pakan yang Bernutrisi 
Cara melatih lovebird agar menjadi masteran yang pertama adalah memberikan pakan yang bernutrisi. Pasalnya, kondisi tubuh yang sehat mampu merangsang lovebird untuk menghasilkan ngekek yang panjang. Selain itu, lebih memudahkan Anda melatih burung ini dengan cara meletakkannya di gantangan. 

Adapun menu pakan harian untuk menjaga asupan nutrisi lovebird anakan meliputi: (1) milet putih, (2) gabah beras merah, (3) biji kenari, (4) jagung muda, dan (5) daun kangkung. Berikan campuran milet putih, gabah beras merah, dan biji kenari dengan perbandingan 5:2:1. 

Sementara itu, untuk pakan jagung muda tidak harus diberikan setiap hari, cukup berikan seminggu sekali. Jika ingin lebih baik dalam meningkatkan kemampuan lovebird, berikan cacahan daun kangkung dua kali seminggu. 

Biasakan memberikan pakan ini secara teratur agar lovebird mampu beradaptasi lebih cepat dan lebih siap untuk dilombakan. Jika Anda memelihara lovebird dewasa, tentunya pakan yang diberikan juga berbeda. Untuk jenis lovebird dewasa, Anda dapat memberikan campuran milet putih, milet merah, dan biji kenari dengan perbandingan 2:1:2. 

Ekstra fooding 

Cara melatih lovebird agar menjadi masteran selanjutnya adalah memerhatikan ekstra fooding yang akan dikonsumsi lovebird. Hal ini tentunya mampu merangsang lovebird agar cepat bertelur dan meningkatkan daya kicauannya. Adapun jenis-jenis dan fungsi ekstra fooding yang diberikan kepada lovebird dewasa yang dijabarkan sebagai berikut. 

a. Biji bunga matahari berfungsi untuk meningkatkan birahi lovebird, baik yang betina maupun jantan. 
b. Tulang sotong dan kulit telur ayam berfungsi mencegah lovebird dari berbagai ancaman penyakit, serta memenuhi kebutuhan kalsium dan mineralnya. 
c. Sawi dan wortel berfungsi untuk menjaga bulu lovebird agar tetap berkilau 
d. Kuning telur rebus sangat baik untuk lovebird yang berada pada masa mabung. Ketika dikonsumsi, proses mabungnya akan berjalan optimal. Sebaiknya, Anda memberikan konsumsi dengan telur ayam kampong atau telur bebek. 

2. Melatih mental Lovebird 
Cara melatih lovebird agar menjadi masteran adalah mendidik mentalnya. Cara ini termasuk tips yang paling penting demi menyiapkan jiwa tangguh lovebird sebagai jawara. Meskipun lovebird yang Anda miliki memiliki kemampuan ngekek yang panjang, kemampuan tersebut akan sia-sia jika dia tidak berani bersuara saat di lapangan. 

Untuk menumbuhkan jiwa keberaniannya, Anda bisa meletakkan kandang lovebird di posisi yang dekat dengan jenis burung yang sering berkicau ramai, yaitu burung kenari, cililin, dan burung pelatuk. Secara tidak langsung mereka akan berkompetisi. 

Setiap dua minggu sekali, usahakan membawa lovebird ke arena lomba untuk meningkatkan jiwa petarungnya. Anda bisa membawa lovebird ke arena melalui gantangan. Dengan melakukan praktik ini, lovebird akan mampu beradaptasi dengan cepat. 

Itulah beberapa cara melatih lovebird agar menjadi masteran. Kunci sukses dalam melatih lovebird agar berhasil, yaitu dengan kegigihan dan kesabaran. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba.