Cara Mudah Ternak Lovebird

Cara Ampuh dan Mudah Ternak Lovebird -Lovebird merupakan jenis burung yang populer akan keindahan warna bulu-bulunya dan suaranya yang merdu dan nyaring. Oleh karena itu, permintaan terhadap burung lovebird di pasaran semakin tinggi. Hal inilah yang kemudian menarik beberapa masyarakat untuk beternak lovebird karena dinilai mampu memberikan keuntungan yang banyak. 

Tentunya dalam hal beternak lovebird membutuhkan cara khusus agar tidak menimbulkan kerugian, terutama bagi pemula. Bagi Anda yang saat ini sedang merencanakan beternak lovebird, inilah cara mudah ternak lovebird yang harus Anda ketahui. 

Cara Mudah Ternak Lovebird 

1. Pemilihan Kandang Secara Tepat 
Cara mudah ternak lovebird yang pertama meliputi pemilihan kandang secara tepat. Pasalnya, kandang yang nyaman akan merangsang lovebird untuk giat bertelur. Jika Anda ingin beternak lovebird lebih dari sepasang, gunakanlah kandang yang lebih besar dan bersekat. Usahakan luas kandang tidak terlalu sempit karena pergerakan lovebird lincah. 

Jika Anda hanya memiliki niat beternak sepasang lovebird saja, Anda bisa menggunakan kandang dari bahan kayu keras dengan ukuran 20 x 20 x 25 cm. Jangan lupa sediakan tempat bertelur yang biasa disebut dengan glodok. Lengkapilah sekitar glodok dengan serut kayu, ranting kecil, dan dedaunan kering. Dalam kurun waktu tertentu, lovebird akan menghias sarangnya sendiri. 

2. Membeli Sepasang Lovebird yang Berkualitas 
Cara mudah ternak lovebird yang kedua meliputi pembudidayaan sepasang lovebird yang berkualitas. Saat membeli, usahakan memilih indukan yang sehat dengan ditandai bulunya yang mengkilap dan suaranya yang bagus. Pastikan tubuhnya kuat dan tidak cacat. Belilah lovebird yang pergerakannya lincah sehingga memudahkan Anda melatihnya. 

Sebaiknya, Anda memilih lovebird jantan yang usianya lebih tua daripada betina. Agar efektif, Anda bisa menanyakannya langsung kepada penjual. Hal ini bertujuan supaya lovebird jantan lebih menguasai saat perkawinan. 

3. Menjodohkan Lovebird 
Cara mudah ternak lovebird yang ketiga meliputi penjodohan lovebird. Saat menjodohkan, tunggu dahulu usia lovebird hingga berumur satu tahun. Adapun ciri-ciri lovebird yang siap kawin dijabarkan sebagai berikut. 

a. Betina yang siap kawin akan sering merenggangkan sayapnya dan posisi ekor akan sering mengarah ke atas 
b. Jantan yang siap kawin akan sering menggosok-gosokkan pantatnya di sekitar sangkar 

Jika tanda-tanda tersebut sudah ada di masing-masing lovebird jantan dan betina, segera kawinkan. Jika terlalu lama, lovebird akan semakin kesulitan kawin. Cara mengawinkannya dengan mempertemukan mereka dalam lingkungan yang sama, jangan langsung dimasukkan ke kandang karena mereka bisa saja bertengkar. 

4. Memberikan Pakan yang Bernutrisi 
Cara mudah ternak lovebird yang keempat meliputi pemberian pakan yang bernutrisi. Saat merawat, usahakan memberikan pakan secara teratur agar lovebird cepat bertelur. Anda bisa memberikan pakan berupa milet, biji sawi, benih kenari, jagung muda, daun kangkung, tauge , dan biji bunga matahari. Anda juga bisa memberikan tambahan suplemen. 

5. Melakukan Pengawasan Saat Betina Bertelur 
Cara mudah ternak lovebird yang kelima meliputi pengawasan terhadap betina tepatnya saat bertelur. Untuk pengawasan, lakukan dari jauh saja agar lovebird betina tidak merasa terganggu. Jika Anda menemukan lovebird yang tidak mau mengerami telurnya, segera dekatkan lovebird betina tersebut dengan lovebird yang mau mengerami telurnya. 

Erangan betina yang mengerami telurnya akan menarik lovebird pasif untuk mau mengerami telurnya juga. Pada beberapa kondisi, lovebird betina menghasilkan telur yang tidak mau menetas. Hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal lainnya, seperti faktor genetis yang berbeda, umur yang belum siap kawin, dan lain-lain. 

Itulah beberapa cara mudah ternak lovebird. Agar peternakan Anda berhasil, usahakan berkonsultasilah terlebih dahulu pada pakarnya untuk mengantisipasi risiko yang akan terjadi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba.