Ciri Lovebird yang Terserang Penyakit

Ciri Ciri Burung Lovebird yang Terserang Penyakit-Saat melakukan perawatan terhadap lovebird, tentunya Anda pernah menemukan ciri lovebird yang tidak biasanya, seperti mata berair dan hidung yang mengeluarkan ingus. Tanda-tanda tersebut memang mengindikasikan bahwa lovebird sedang mengalami sakit. 

Meskipun demikian, tak semua pemilik lovebird paham jika burung ini sedang sakit dan gejala tersebut dianggap sebagai gejala biasa yang bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal jika dibiarkan, tubuh lovebird akan semakin tampak pucat dan bisa berisiko pada kematian. Agar hal ini tidak terjadi, yuk simak ciri lovebird yang terserang penyakit berikut ini. 

Ciri Lovebird yang Terserang Penyakit 

1. Mata mengeluarkan cairan 
Ciri lovebird yang terserang penyakit ditunjukkan dengan matanya yang mengeluarkan cairan. Biasanya cairan yang keluar tampak seperti air mata saat menangis. Selain itu, bola mata burung ini ketika sakit akan berubah warna menjadi pucat, penglihatannya sayu dan terpejam. Di sekitar area mata akan ditemukan bagian yang bengkak. 

2. Lubang Hidung Mengeluarkan Ingus 
Ciri lovebird yang terserang penyakit selanjutnya ditunjukkan dengan hidungnya yang selalu mengeluarkan ingus. Bisanya burung ini akan menghasilkan ingus jika sedang terkena flu dan tidak akan bisa bernapas secara normal. Dalam menangani gejala ini, Anda harus mengusahakan membuka paruhnya secara perlahan agar lovebird tidak sesak napas. 

3. Tidur dengan Kepala Menghadap Sayap 
Ciri lovebird yang terserang penyakit juga ditunjukkan dengan posisi kepala yang menghadap sayap saat tidur. Gejala tersebut memberitahukan bahwa lovebird sedang menderita sakit flu atau panas. Ciri seperti ini juga ditandai dengan kondisi mata yang tertutup secara penuh. 

4. Lovebird Mencabuti Bulunya Sendiri 
Lovebird yang mencabuti bulunya sendiri merupakan ciri lovebird yang terserang penyakit. Pasalnya, lovebird yang stress secara tidak langsung akan mencabuti bulunya sendiri. Sama seperti halnya jika sakit, emosinya akan berubah tidak stabil yang kemudian berisiko pada tercabutnya bulu-bulu di tubuh. 

5. Sayap dan bulu bertekstur kusut 
Ciri lovebird yang terserang penyakit dapat diketahui dari tekstur sayap dan bulunya yang kusut. Selain kusut, tubuh lovebird tampak lemah dan tidak bergairah melakukan pergerakan seperti biasanya. Ciri-ciri penyakit seperti ini kerap dialami oleh beberapa jenis burung kicau yang ada di Indonesia. 

6. Sendi Tulang Lovebird Bengkak 
Ciri lovebird yang terserang penyakit juga dapat dideteksi melalui sendi tulangnya yang bengkak. Selain membengkak, lovebird yang sakit juga mengalami perubahan struktur tulang. Biasanya burung ini juga tak selera makan dan malas bergerak. 

7. Perubahan Kulit yang Tidak Merata 
Perubahan kulit yang tidak merata juga termasuk ciri lovebird yang terserang penyakit. Pada umumnya, di permukaan kulit akan tampak kutil dan bercak putih yang terlapisi oleh bulu. Bagian-bagian tubuh lovebird yang sering terkena gejala ini, yaitu bagian mata, kaki, dan pangkal paruh. 

8. Kotoran Lovebird Berubah Menjadi Cair 
Ciri lovebird terserang penyakit yang paling mudah untuk diketahui, yaitu kotorannya yang berubah menjadi cairan. Kotoran jenis ini mirip sekali dengan manusia yang mengalami diare. Biasanya lovebird yang mengalami gejala ini sedang sakit pencernaan. 

9. Kebanyakan Minum 
Lovebird yang kebanyakan minum juga termasuk ciri lovebird yang terserang penyakit. Pada umumnya, burung ini akan sering banyak minum sebab mengalami dehidrasi akibat sakit yang dideritanya. 

10. Selera Makan Menurun 
Selera makan menurun termasuk ciri lovebird yang terserang penyakit, tentunya hal ini bisa Anda awasi dari pakan yang Anda sediakan. Jika pakan masih utuh, berarti lovebird sedang mengalami sakit. 

Itulah beberapa ciri lovebird yang terserang penyakit. Saat burung ini sakit, segera periksakan ke dokter hewan untuk penanganan yang lebih tepat agar virus tidak menyebar ke mana-mana. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.