Daftar Makanan Lovebird Sesuai Umur

Daftar Makanan Lovebird Sesuai Umur -Saat merawat lovebird, bentuk perawatan yang harus dilakukan meliputi pemilihan kandang, perawatan kesehatan, dan pemberikan pakan yang bernutrisi. Dalam pemberian pakan, takaran yang harus diberikan tidak boleh sembarangan karena bisa memicu gangguan kesehatan pada tubuh lovebird. 

Oleh karena itu, jenis pakan dan takaran yang dibutuhkan lovebird anakan dan lovebird dewasa juga berbeda. Hal ini bertujuan untuk menjaga pertumbuhan lovebird agar optimal. Berikut ini daftar makanan lovebird sesuai umur yang harus Anda ketahui. 

Daftar Makanan Lovebird Sesuai Umur 

1. Makanan Lovebird Anakan 
Daftar makanan lovebird sesuai umur 7-30 hari harus bertekstur lembut karena daya cerna lovebird anakan tidak seoptimal lovebird dewasa. Anda bisa memberikan jenis pakan berupa bubur bayi yang dilarutkan dengan air hangat. 

Adapun cara pemberiannya menggunakan alat khusus dan harus dilakukan secara hati-hati. Pertama, Anda bisa memberikan pakan dengan menggunakan sendok kecil yang seukuran dengan paruh lovebird anakan. Suapilah pakan tersebut ke dalam mulut lovebird anakan secara perlahan-lahan karena burung ini masih belum lancar dalam mencerna. 

Kedua, Anda bisa menggunakan suntikan yang berukuran 1-50 cc tanpa jarum dan kelep. Tekan suntikan yang sudah berisi pakan tersebut ke dalam paruh dengan cepat agar lovebird anakan mampu menelan pakan sesuai refleksnya yang alami. 

Agar pakan yang diberikan tidak tumpah, masukkan suntikan dari sisi kiri paruh kemudian bergeser ke kanan untuk menekan suntikan pada kerongkongan. Setelah menggunakan suntikan tersebut, jangan lupa dibersihkan sesegera mungkin untuk menghindari pertumbuhan bakteri. 

Cara Mengolah Makanan Lovebird Anakan 

Dalam mengolah pakan lovebird anakan, Anda harus memerhatikan takaran agar mampu diterima oleh pencernaan burung ini secara lancar dan baik. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dijabarkan sebagai berikut. 

(1) Siapkan bahan dan alat yang diperlukan meliputi: blender, timbangan, sendok, pelet, voor fancy (450 gr), bubur SUN (satu pak), tepung jagung (360 gr), Vitachick (15 gr), Neobro (15 gr), dan Canary post (15 gr). 
(2) Larutkan voor fancy dengan tepung jagung dengan diblender secara halus. 
(3) Campurkan juga bubur sun, neobro, canary post, dan vitachick di wadah yang berbeda, lalu haluskan kembali secara merata. 
(4) Campurkan kedua larutan yang sudah dihaluskan blender tadi. Aduk kembali hingga kedua campuran tersebut merata. 
(5) Makanan Lovebird untuk anakan siap untuk disajikan. 

2. Makanan Untuk Lovebird Dewasa 
Daftar makanan lovebird yang sesuai umur 4-5 bulan meliputi biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Jenis pakan tersebut dapat Anda peroleh di lingkungan sekitar tanpa takut kehabisan. Adapun jenis pakan dari biji-bijian yang disarankan, yaitu (1) jagung muda, (2) biji kenari, (3) ketan hitam, (4) milet putih, dan (5) milet merah. 

Jenis pakan dari sayur-sayuran untuk lovebird terdiri dari : (1) daun kangkung, (2) sayur sawi, dan (3) tauge. Ketiga jenis sayuran ini sangat baik untuk lovebird yang memasuki usia dewasa karena daya cernanya sudah lancar. 

Jangan lupa untuk memberikan daftar makanan lovebird sesuai umur 4-5 bulan secara bervariasi dan tidak berlebihan. Jika berlebihan dapat menyebabkan kegemukan sehingga lovebird malas bergerak dan kurang bisa menghasilkan ngekek yang panjang. 

Pastikan juga kebutuhan suplemennya terpenuhi agar budidaya lovebird lebih maksimal sesuai dengan yang diharapkan. 

Itulah daftar makanan lovebird sesuai umur yang harus Anda perhatikan. Dalam pemberian pakan, pilihlah komposisi pakan yang sesuai dengan aturan agar tidak terjadi masalah kesehatan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba.