Fakta Unik Burung Lovebird

Fakta Unik Burung Lovebird-Di Indonesia, lovebird memang menarik karena tubuhnya yang mungil dan keindahan warna bulu-bulunya yang cantik. Tak hanya itu, lovebird sangat setia kepada pemiliknya jika dipelihara sejak kecil jadi tak heran jika burung ini jadi peliharaan yang idaman. 

Selain berfungsi sebagai hewan peliharaan, lovebird juga digunakan sebagai peluang bisnis yang meraup banyak keuntungan. Oleh karena itu, harga lovebird juga relatif mahal. Bagi Anda yang saat ini tertarik memelihara atau mengembangkan burung ini, yuk simak fakta unik lovebird berikut ini. 

Fakta Unik Lovebird 

1. Berharga Mahal Jika Memiliki Segudang Prestasi 
Fakta unik lovebird yang pertama adalah harganya yang mahal jika memiliki segudang prestasi. Pasalnya, burung satu ini memang kerap diikutkan berbagai ajang lomba, baik lomba keindahan bulu-bulunya maupun keindahan dalam kicauannya. Jadi tidak heran jika burung lovebird memang diburu dan dicintai oleh banyak orang. 

Pada umumnya, pencinta burung akan mencari jenis lovebird yang memiliki segudang prestasi dalam berbagai hal. Tujuannya untuk meraup keuntungan, seperti menjadi pemenang lomba atau sebagai lahan bisnis yang menguntungkan. Pasalnya, lovebird yang memiliki keunikan dan keahlian akan mewariskan bakatnya ke keturunannya kelak. Bagaimana? Apakah Anda tertarik memilikinya. 

2. Burung yang Setia 
Fakta unik lovebird yang kedua adalah sikapnya yang sangat setia, terutama kepada pemiliknya yang telah memeliharanya dari kecil. Burung ini memang memiliki rasa cinta yang luar biasa sehingga mampu menciptakan kedekatan secara intensif terhadap manusia. 

Tak hanya itu, dalam mencari pasangan, burung ini juga memiliki perjuangan yang hebat. Setelah melewati masa puber saat masuk usia 10 bulan, mereka akan mencari pasangannya. Ketika mereka sudah bersatu, mereka akan hidup penuh kasih sayang. Jika salah satu burung mati, pasangannya akan ikut stress dan terancam mati. 

Uniknya, burung ini mampu hidup hingga usia 15 tahun jika dirawat dengan benar dan tepat. Bagaimana? Apakah Anda berniat menjadikannya teman setia? 

3. Mudah Beradaptasi 
Fakta unik lovebird yang ketiga adalah kemudahan hidupnya dalam beradaptasi. Meskipun, habitat asli lovebird berada di alam bebas, di Indonesia burung ini justru dipelihara di dalam sangkar. Dengan perawatan dan pengawasan yang tepat, lovebird akan merasa nyaman tinggal di sangkar buatan Anda. 

Ketika memelihara burung ini, sekali-kali ajak dia bertengger di pundak Anda untuk menciptakan kedekatan dan sekaligus sebagai penghilang rasa bosan. Jika mereka sudah jinak, tentunya mereka tidak akan kabur apalagi terbang jauh-jauh. 

4. Berasal dari Afrika 
Fakta unik lovebird yang keempat adalah habitat aslinya yang berasal dari Afrika. Hal ini memang bukti nyata setelah ditemukan fosil lovebird spesies kuno yang terkubur di selatan Afrika. Usia fosil tersebut bahkan telah berumur 1,9 juta tahun. 

Ironisnya, beberapa lovebird asli Afrika jumlahnya semakin langka dan sulit ditemukan, sedangkan di Indonesia ragam lovebird yang dibudidayakan hanya beberapa jenis saja. Sayang sekali bukan? 

5. Hampir punah 
Fakta unik lovebird yang kelima adalah jumlah populasinya yang semakin langka dan terancam punah. Pasalnya, jenis lovebird pipi hitam asli Zambia kini hanya berjumlah 10.000 ekor saja. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan iklim dunia yang mengubah sumber air burung tersebut menjadi kering. 

Nah, supaya populasinya tetap lestari, Anda juga bisa ikut dalam melindungi keberlangsungan hidupnya. Bukankah burung ini memiliki banyak keunggulan yang pantas diidam-idamkan? 

Itulah beberapa fakta unik lovebird yang harus Anda ketahui. Apakah Anda berminat memilikinya? Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba.