Cara Mengatasi Lovebird Birahi

Cara Mengatasi Lovebird Birahi -Salah satu permasalahan yang dihadapi lovebird ialah birahinya yang kelewat batas, tanda-tandanya dapat ditunjukkan dengan perubahan perilaku yang signifikan, seperti gemar mencabuti bulu, sering menggesek-gesekkan kloakanya ke tangkringan. 

Kondisi tersebut seharusnya tidak boleh dibiarkan karena tampilan lovebird bisa tidak menarik lagi. Agar hal itu tidak terjadi, berikut cara mengatasi lovebird birahi secara tepat dan benar yang bisa Anda praktikkan. 

Cara Mengatasi Lovebird Birahi 

1. Meningkatkan Frekuensi Mandi 
Meningkatkan frekuensi mandi merupakan cara mengatasi lovebird birahi yang pertama. Dengan memberikan mandi dengan waktu dan frekuensi yang lebih lama dapat menurunkan birahi lovebird. Selain itu, Anda juga bisa memandikan lovebird pada malam hari dengan diselingi perawatan secara teratur. 

Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal ini secara rutin supaya kondisi burung bisa kembali seperti semula. Yang perlu diperhatikan jangan mandikan lovebird saat cuaca dingin karena bisa menyebabkan lovebird kedinginan yang berisiko pada sakit. 

2. Mengurangi Durasi Penjemuran 
Mengurangi durasi penjemuran merupakan cara mengatasi lovebird birahi yang kedua. Pada beberapa kasus, penjemuran yang berlebihan dapat menyebabkan birahi lovebird semakin meningkat. Oleh karena itu, kurangi frekuensi penjemuran menjadi lebih singkat beberapa menit. 

3. Menyalurkan Birahinya Ke Perkawinan 
Menyalurkan ke perkawinan merupakan cara mengatasi lovebird birahi yang ketiga. Anda bisa menjodohkan lovebird birahi Anda dengan membawanya ke arena lomba bersama kandang glodoknya. Pilihlah pasangan yang sama-sama siap kawin agar proses perkawinan cepat. 

Jika salah satu tidak memiliki birahi, Anda bisa memberikan suplemen seperti Bird Hormone untuk merangsang proses metabolisme keduanya. Dengan mengonsumsi suplemen tersebut, diharapkan kedua lovebird bisa memiliki tingkat birahi secara bersamaan. 

4. Pemberian Pakan Secara Tepat 
Pemberian pakan secara tepat merupakan cara mengatasi lovebird birahi yang keempat. Saat lovebird mengalami permasalahan ini, Anda bisa mengurangi jenis pakan tambahan yang terdiri darI: jagung muda, biji bunga matahari, kacang-kacangan, kangkung, dan telur rebus. Untuk menu utamanya, Anda bisa memberikan pakan biji-bijian, seperti milet putih atau merah. Jangan lupa berikan pakan tambahan berupa gabah dan mentimun. 

5. Memanfaatkan herbal daun kemanggi 
Memberikan daun kemangi merupakan cara mengatasi lovebird birahi yang kelima. Tumbuhan yang berasal dari jawa ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di sekitar halaman rumah maupun kebun dan sangat efektif untuk mengatasi lovebird yang over birahi. 

Cara pemberiannya pun mudah. Pertama, letakkan dalam bentuk untuk di dalam pakan atau digantungkan di dalam kandang. Kedua, daun kemangi bisa direbus terlebih dahulu. Setelah dingin, air rebusan tersebut bisa Anda saring dan berikan kepada lovebird yang over birahi. 

6. Memberikan pengembunan Pada Lovebird Birahi 
Memberikan pengembunan merupakan cara mengatasi lovebird birahi yang keenam. Lakukan cara ini pada waktu subuh atau saat fajar sebab udara yang ada di sekitar masih terasa alami dan belum tercampur dengan polusi dan debu. 

Selain itu, pengembunan juga efektif merangsang kicauan burung lovebird agar menjadi lebih keras. Dengan menghirup udara yang segar, pernapasan lovebird menjadi lebih lega. 

7. Memasukkannya di Kandang Umbaran 
Memasukkan lovebird birahi ke kandang umbaran merupakan cara mengatasi lovebird birahi yang ketujuh. Dengan cara ini, lovebird akan lebih leluasa bergerak dan merasa bebas sehingga mampu mengurangi tingkat birahinya. 

Usahakan lovebird yang birahi ditempatkan di tempat yang terpisah dengan lovebird yang masih normal agar tidak terjadi keributan dan tindak penyerangan. Hal ini berupaya untuk menjaga emosi lovebird agar tidak terlalu stress. 

Itulah beberapa cara mengatasi lovebird birahi. Dalam mempraktikkannya, Anda harus berhati-hati agar lovebird tidak stress. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.