Cara Ampuh Melatih Kicau Burung Murai


Cara Melatih Kicau Burung Murai-Memiliki burung yang bisa berkicau dengan suara yang merdu tentunya sangat diinginkan oleh setiap pemilik burung kicau. Umumnya terdapat tiga faktor yang bisa menyebabkan burung rajin berkicau yaitu karakter, pola perawatan yang diberikan dan pakan serta minumannya. Anda tentu saja bisa membuat burung peliharaan anda menjadi rajin berkicau dengan suara yang indah. Hal yang anda butuhkan untuk melatih kicau burung murai adalah konsistensi, sabar, ulet dan memahami karakter burung peliharaan anda. Merawat burung hingga menjadikkan ya pandai berkicau memang membutuhkan waktu dan ketelatenan.


Berikut merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melatih kicau burung murai peliharaan anda.
1. Pengembunan
Hal pertama yang bisa anda lakukan dalam melatih kicau burung murai adalah dengan pengembunan. Hal ini dilakukan sebelum burung dijemur, yaitu pada sekitar jam 5 pagi anda bisa meletakkan sangkar burung pada dahan pohon di halaman rumah anda. Dengan begitu burung bisa mendapatkan udara pagi yang masih segar untuk memperlancar pernapasannya. Pengembunan ini penting karena burung bisa merasakan lingkungan seperti yang ada di habitat asli mereka. Suasana pagi juga lebih disukai burung untuk berkicau dengan begitu burung anda akan lebih rajin berkicau.
2. Membersihkan Kandang
Hal penting berikutnya yang juga harus diperhatikan dalam melatih kicau burung murai yaitu membersihkan kandangnya. Hal tersebut bisa membuat burung rajin berkicau karena tidak merasa terganggu dengan kandang yang kotor dan dipenuhi dengan kotoran. Karena itu, penting untuk membersihkan kandang dengan setiap hari agar burung rajin berkicau dan terhindar dari penyakit.
3. Berlatih Dengan Cermin
Cara melatih kicau burung murai lainnya juga bisa menggunakan cermin untuk melatih mental burung agar bisa mengeluarkan bunyi. Hal itu terjadi karena naluri burung mereka merasa tersaingi saat melihat bayangannya di cermin. Hal ini dilakukan agar burung bisa berani mengeluarkan suara, bukan latihan agar memiliki kicauan yang indah. Anda bisa gantungkan cermin tersebut pada dinding sangkar, namun anda harus perhatikan jika ternyata burung menjadi marah. Jika hal itu terjadi maka cukup dekatkan cermin agar burung tidak mengalami  bulu rontok pada sayap dan ekor.
4. Letakkan Sangkar di Keramaian
Agar burung tidak mudah stress dan terbiasa dengan keramaian anda bisa melatih kicau burung murai dengan meletakkan sangkar burung tersebut di tempat yang ramai. Anda bisa meletakkan sangkar di teras ruah yang banyak dilalui oleh orang. anda juga bisa memelihara beberapa burung lain sehingga murai anda tidak merasa kesepian. Hal ini akan melatih burung anda saat mengikuti perlombaan dimana suasana yang ada di sana sangatlah ramai.
5. Berikan Ramuan Jahe
Pemberian ramuan jahe digunakan untuk melatih kicau burung murai. Dipercaya bahwa jahe dapat merangsang burung untuk berkicau lebih rajin. Hal itu juga bisa sekaligus menjaga kebugaran tubuh, menghangatkannya saat musim hujan dan membuat burung lebih aktif. Kandungan pada jahe juga bisa mengatasi infeksi tenggorokan yang bisa menyebabkan burung kesulitan berkicau karena terjadi penyumbatan udara pada kerongkongan. Ramuan ini bisa anda berikan secara rutin pada peliharaan anda.
Beberapa cara tersebut bisa anda lakukan untuk melatih kicau burung murai sehingga burung anda bisa memiliki kicauan yang indah. Tentu saja untuk mewujudkan hal terebut tidak bisa anda raih dalam waktu yang sebentar, butuh proses yang cukup panjang serta kesabaran dalam melarih burung murai tersebut hingga ia pandai berkicau. Bahkan jika burung anda memiliki kicauan yang indah anda bisa mengikutsertakan pada sebuah lomba. Hal tersebut tentu akan menaikkan harga pasaran burung milik anda.