Cara Merawat Burung Murai dengan Mudah untuk Pemula


Cara Jitu dan Ampuh Merawat Burung Murai dengan Mudah untuk Pemula-Jika anda ingin memiliki murai batu yang berkualitas memang cara yang harus dilakukan tidaklah mudah. Untuk mewujudkannya maka diperlukan ketekunan dan kejelian dalam merawat murai batu. Sehingga nantinya burung peliharaan anda bisa menjadi burung gacoan yang tokcer di arena lomba burung berkicau. Cara merawat murai batu agar memiliki suara yang merdu dan tubuh sehat akan sulit jika anda belum mengetahui ilmunya. Terlebih saat ini satu ekor anakan burung murai berusia 2 bulan bisa mencapai harga 2.000.000-5.000.000 rupiah. Karenanya akan sayang sekali jika anda tidak merawatnya dengan baik.
Berikut merupakan beberapa tips cara merawat murai batu bagi anda yang pemula dan baru memilikinya.

1. Kebersihan Kandang Burung
Jika anda memelihara burung maka hal yang harus diperhatikan dalam cara merawat murai batu adalah kebersihan dan sanitasi kandang yang digunakan untuk memelihara. Kandang harus dibersihkan setiap hari dengan membuang kotorannya sehingga tidak menumpuk di dalam kandang. Selain itu anda juga harus mengganti air minum dengan yang baru agar tetap bersih dan memastikan burung tidak kehabisan minuman. Anda juga perlu mencuci kandang setiap 2-3 hari sekali menggunakan air bersih. Jemur kandang setelah dicuci agar kemudian dapat digunakan kembali. Jika kandang burung murai anda sudah bersih maka akan terhindar dari penyakit.

2. Memandikan Burung
Perawatan yang juga tidak bisa diabaikan dalam cara merawat murai batu yaitu memandikan burung murai batu. Burung ini cenderung menyukai air sehingga anda dapat memandikannya setiap hari agar tubuhnya tetap bersih. Untuk memandikannya cukup dengan menyemprotkan air menggunakan sprayer ke arah burung yang ada dalam kandang. Setelah tubuhnya cukup basah, anda harus mengeringkan burung murai di bawah sinar matahari. Waktu terbaik jika ingin menjemur burung murai adalah pukul 7-9 pagi. Jangan di jemur terlalu lama karena bisa membuat burung merasa dehidrasi, jika dirasa cukup pindahkan kandang ke tempat yang teduh.

3. pemberian pakan
Tidak bisa di pungkiri jika pakan merupakan elemen penting dalam cara merawat murai batu agar tetap sehat. Murai batu sebenarnya tidak terlalu rewel dengan jenis pakan yang diberikan. Namun tentu saja jika anda ingin menghasilkan burung murai batu berkualitas dengan kicauan merdu dan tubuh yang indah maka harus memperhatikan jenis pakan yang diberikan. Berikan pakan yang bervariasi dan bernutrisi sehingga bisa mendukung suara yang indah dan bahan yang sehat. Selain itu pakan bergizi akan membantu perkembangan biakan burung murai batu.

4. Ketahui cara melatih kicauannya
Jika anda ingin murai batu anda memiliki kicauan yang indah maka anda perlu tahu cara merawat murai batu agar menghasilkan suara yang indah. Anda juga harus mengenal teknik-teknik yang bisa digunakan untuk melatih kicauan burung ini. Teknik yang mudah dan bisa anda coba adalah dengan memelihara burung kicauan lain seperti Kenari, Pelatuk, Srindit, Cucak Jenggot, jalak suren, dan lain sebagainya. Burung tersebut bisa menjadi master alami untuk merangsang murai batu ikut berkicau dan akan mulai menyahut ocehan dari burung lain. Namun jika anda hanya memelihara murai batu saja umumnya malah tidak mau berkicau karena merasa kesepian.
Dalam memelihara hewan peliharaan jenis apapun pastinya diperlukan keahlian sehingga bisa lebih maksimal. Jika anda tidak memelihara dengan sebaik mungkin atau memelihara asal-asalan maka hasil yang didapat pun juga tidak akan bisa sesuai harapan. Jika anda ingin menghasilkan burung murai batu yang pandai berkicau maka anda juga harus telaten dalam melatihnya. Anda tidak akan bisa mendapatkan burung yang pandai berkicau dalam waktu singkat dan tanpa penanganan khusus.