Jenis Jenis Burung Murai yang Beragam dan Unik

Inilah beberapa Jenis Jenis Burung Murai yang Beragam dan Unik -Burung murai batu merupakan jenis burung yang populer bahkan kepopuleran nya tidak hanya di Indonesia saja melainkan sampai ke mancanegara dan seluruh dunia. Jenis burung murai batu juga sangat banyak macamnya seperti, burung murai batu khas Indonesia dan beberapa negara lain seperti Thailand, Filipina, serta Malaysia. Murai bat yang berasal dari Indonesia memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan yang berasal dari negara lainnya yaitu kualitas kicaunya yang unik dan merdu. Anda bisa menjumpai beberapa jenis burung murai batu yang terkenal di Indonesia dan umumnya memiliki perbedaan tersendiri. 
Berikut merupakan beberapa jenis burung murai yang berasal dari Indonesia. 

1. Murai Batu Aceh 
Murai batu aceh memiliki ekor berukuran panjang yang mirip dengan ekor pada jenis burung murai batu Medan. Ukuran tubuhnya cenderung kecil dengan panjang ekor antara 19 hingga 30 cm.Hal yang menjadi keunikan dari burung ini yaitu suaranya sangat nyaring dan keras. Bahkan bisa dibilang seperti suara sebuah senapan yang sedang di tembakan ke udara. Tak hanya itu, burung ini juga memiliki cukup banyak variasi suara dan terdengar ngeroll. Burung ini memiliki suara yang cukup unik sehingga sangat menarik untuk dimiliki. 

2. Murai Batu Nias 
Jenis burung murai bat nias ini banyak di buru dan habitat alami burung ini juga semakin sedikit apalagi dengan lingkungan yang tidak lagi sehat. Hal itu membuat keberadaan burung ini semakin sulit untuk ditemukan. Ciri khas burung murai batu nias memiliki ukuran tubuh yang lebih dan hanya memiliki satu warna saja pada tubuhnya, yaitu hitam. Ekor hitamnya ini bisa memiliki panjang sekitar 17 cm hingga 20 cm. Dibandingkan dengan jenis lainnya, suara yang dihasilkannya cukup keras dan dapat menirukan suara burung jenis lainnya dengan lebih cepat. 

3. Murai Batu Medan 
Burung murai batu medan sekarang sulit ditemui di habitat alaminya, karenanya keberadaannya semakin langka dan harganya semakin tinggi. Jenis burung murai baru medan memiliki postur tubuh yang lebih besar dan tegap. Jika burung ini masih muda warna kakinya cenderung lebih merah, sedangkan yang berumur warnanya menjadi hitam pekat. Burung ini memiliki bulu ekor berwarna putih dengan jumlah 4 dengan garis warna hitam horizontal, yang panjang ekornya bisa mencapai 27 hingga 30 cm. Saat berkicau, ekor yang panjang akan berdiri tegak hingga bisa menyentuh bagian kepalanya. 

4. Murai Batu Borneo / Kalimantan 
Jenis burung murai batu Borneo umumnya dibagi menjadi tiga macam yaitu, murai batu Banjar, murai batu Palangka, dan murai batu Mahkota. Ketiga jenis burung tersebut meski dari satu daerah namun memiliki perbedaan yang bisa dilihat berdasarkan penampakan tubuhnya, warna bulunya, juga panjang ekornya. Bulu yang ada di dada burung jenis ini umumnya mempunyai warna yang lebih terang dibanding bagian tubuh lainnya. Kakinya berwarna hitam dengan sedikit warna merah, jika pada kakinya ada warna kuning berarti mental burung tidak dalam kondisi yang kuat. Panjang ekornya sekitar 10 cm sampai dengan 13 cm dengan bentuk kotak. 

Burung ini memiliki berbagai macam jenis baik dari daerah asli indonesia maupun dari mancanegara. Masing-masing jenis burung murai juga memiliki ciri khas sendiri dan umumnya terletak pada bagian ekornya. Jenis burung murai batu yang saat ini banyak di minati oleh masyarakat adalah yang berasal dari medan. Hal itu karena jenis burung murai ini memiliki suara yang sangat merdu. Jika ingin memiliki burung murai dengan suara merdu maka anda harus rajin dalam melatihnya.