Cara Mudah Membedakan Murai Jantan dan Betina

Cara Paling Mudah Membedakan Burung Murai Jantan dan Betina -Cara Mengenali Burung Murai Jantan dan Betina .Jika anda ingin membeli burung murai tentunya anda harus tau murai yang anda beli tersebut termasuk jantan atau betina. Terlebih jika anda ingin memiliki murai yang memiliki kicau yang lebih variatif dan keras maka anda haus tahu perbedaannya. Sebenarnya untuk membedakan antara jantan dan betina tidaklah begitu sulit. Apalagi jika anda merupakan pecinta burung pasti sudah tahu cara mengenali burung murai jantan dan betina. Untuk membedakan jenis kelamin pada burung murai, maka hal yang perlu diperhatikan yaitu dengan melihat ciri fisik yang ada pada burung tersebut. jika anda sudah mengetahui masing-masing ciri fisiknya maka anda tidak akan kesulitan membedakan murai jantan dan betina. 
Berikut merupakan beberapa cara mengenali burung murai yang bisa anda lakukan agar anda tidak salah dalam memilih antara jantan dan betina. 

1. Bentuk dan Ukuran Burung Murai 
Membedakan burung murai jantan dan betina tidak lah sudah, anda hanya perlu melihat bentuk dan ukuran burung murai saja. Cara mengenali burung murai yaitu umumnya pejantan memiliki bentuk tubuh yang lebih besar. Sedangkan pada murai betina ukuran nya lebih kecil. Anda juga bisa melihat pada bagian kepalanya, karena kepala murai jantan ukurannya lebih besar daripada ukuran kepala muai betina. Pada bagian kaki murai jantan umumnya juga lebih panjang dan kokoh, berbeda dengan kaki murai betina yang kecil dan pendek. 

2. Warna Bulu Burung Murai 
Anda juga bisa menggunakan cara mengenali burung murai Burung dari warnanya. Umumnya murai jantan akan memiliki warna yang lebih pekat dan mengkilap atau bisa disebut lebih mencolok warna nya. Jika murai memiliki warna hitam maka hitamnya akan cenderung lebih mengkilap. Hal itu berbeda dengan burung murai betina yang memiliki warna cenderung lebih pudar dan umumnya terlihat lebih kusam. Jika pada bagian dada murai jantan umumnya berwarna oranye maka pada murai betina warnanya lebih muda bahkan bisa menjadi kuning muda. 

3. Bentuk Paruh 
Sama halnya seperti pada burung yang lain, Cara mengenali burung murai betina dan jantan bisa dilihat dan dibedakan dari bentuk paruh nya. Jika bentuk paruh yang dimiliki burung tersebut berukuran kecil, pendek dan lunak maka sudah dapat dipastikan jika burung murai tersebut betina. Namun jika burung murai memiliki paruh yang lebih panjang, tebal dan lebih kuat maka burung tersebut sudah pasti jantan. Hal itu tentunya cukup mudah dilakukan karena kita tinggal mengamati bentuk paruh yang dimiliki burung tersebut. 

4. suara kicau 
Cara mengenali burung murai lainnya adalah dengan mendengarkan dengan saksama suara kicau yang dihasilkan. Pada burung murai jantan jika mereka di berikan master maka nantinya akan menghasilkan kicaunya lebih keras dan variatif. Berbeda dengan burung murai betina yang meskipun sudah di latih dengan master tetap akan berkicau dengan suara lebih pelan dan monoton. Karena itu burung yang di ikutkan pada lomba umumnya adalah yang jantan karena suaranya yang lebih keras dan variatif. 

Anda bisa menggunakan cara mengenali burung murai yang lainnya untuk mengetahui mana betina mana yang jantan. Mengenali burung melalui ciri fisiknya adalah salah satu yang paling mudah untuk dilakukan. Hal itu karena antara murai jantan dan murai betina jika anda amati akan memiliki beberapa perbedaan fisik yang cukup menonjol. Seperti pada ukuran tubuh, murai betina umumnya akan terlihat lebih kecil dari murai yang jantan. Jika masih tidak yakin maka anda bisa menggunakan ciri fisik lainnya untuk membedakannya.