Keunikan Burung Murai yang Bikin Terpesona

Keunikan Burung Murai yang Bikin Terpesona-Murai Batu bukanlah burung yang asing lagi di Indonesia terutama di mata pecinta burung kicau. Burung ini banyak disukai karena memiliki kemerduan suara yang begitu menakjubkan, bentuk tubuh yang anggun, serta tampilan yang cukup jantan untuk memenangkan sebuah perlombaan. Hal itu tentu saja menjadi nilai tambah tersendiri bagi pencinta burung ocehan. Tidak heran banyak orang yang ingin memilikinya karena keunikan burung murai ini akan membuat yang memandangnya selalu terpesona. Bagi pemula pun cara memeliharanya cukup mudah sehingga tidak perlu khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan pada peliharaan anda. kuncinya hanya harus sabar dan telaten dalam memelihara burung yang satu ini.
 

Berikut merupakan beberapa keunikan burung murai yang membuat anda ingin memilikinya. 

1. Tersebar di Asia 
Salah satu keunikan burung murai yaitu memiliki jalur penyebaran yang cukup luas dan sudah ada di seluruh indonesia mulai dari Aceh hingga pada daratan kalimantan. Bahkan penyebaran burung ini juga ada di luar negeri seperti di beberapa negara tetangga yaitu Malaysia, Thailand, Filipina dan di beberapa daerah di Asia Tenggara lainnya. Tak hanya di sekitar indonesia ternyata burung ini juga beberapa terdapat di asia tengah serta selatan. Namun penyebarannya tidak sampai menginjak daratan eropa, karena itulah keunikan burung ini hanya dimiliki oleh daratan di benua asia. Jika di Indonesia jenis urai yang paling banyak di minati yaitu dari trah medan. Hal itu karena jenis ini memiliki tubuh yang indah serta suara melengking yang merdu. 

2. memiliki ekor panjang 
Burung ini tidak memiliki ukuran tubuh yang terlalu besar namun yang menjadi keunikan burung murai yaitu panjang ekornya. Burung murai bahkan bisa memiliki ekor yang panjangnya melebihi tubuhnya sendiri. Panjang ekor burung murai rata-rata 15-25 cm bahkan pada jenis tertentu ada yang bisa mencapai 30 cm. Tak hanya itu, burung ini mampu menempuh hidup mencapai 10-15 tahun tentu saja ini sangat jarang terjadi pada jenis burung lain pada umumnya. 

3. ciri-ciri jantan dan betina 
Keunikan burung murai lainnya yaitu dari ciri-ciri yang dimiliki, pada burung murai jantan pada umumnya mempunyai bulu lebih pekat. Jika pada bagian atas tubuhnya memiliki warna hitam maka akan tampak berwarna hitam dan berkilauan dengan indah. Jika anda melakukan pemeliharaan burung mulai umur satu tahun maka anda akan mendapat suara yang lebih maksimal. Jika pada burung murai betina umumnya memiliki warna yang lebih pudar pada bagian tubuhnya. Seperti warna di dadanya yang cenderung berwarna kuning muda. 

4. Memiliki Perpaduan 3 Warna yang Indah 
Salah satu ciri khas yang sekaligus menjadi keunikan burung murai selain suara kicaunya yang indah yaitu terletak pada warna bulunya yang sangat mempesona. Burung yang habitat aslinya berasal dari hutan ini memiliki perpaduan tiga warna, yaitu hitam, putih dan oranye. Warna hitam umumnya mendominasi di seluruh bagian tubuhnya kecuali di dada. Sedangkan pada bagian dada burung ini memiliki warna oranye sedangkan warna putih terdapat di bagian bawah ekornya. 

Jika anda suka mengikutkan perlombaan burung anda di ajang burung kicau maka memilih memelihara burung murai adalah pilihan yang tepat. Selain keunikan burung murai yang bisa membuat anda terpesona, anda juga melatihnya menjadi pekicau yang andal. Burung ini pandai menirukan kicauan burung lain jika anda melatihnya dengan benar. Hal itu tentu bisa menjadi keunggulan tersendiri saat perlombaan karena burung anda bisa menghasilkan suara yang beragam serta indah.