Mengenal Ciri Khas Burung Murai


Mengenal Ciri Khas Burung Murai-Burung murai bukanlah burung yang asing lagi bagi pecinta burung terutama burung kicau. Burung ini memiliki banyak jenis dan berasal dari berbagai daerah mulai dari daerah di Indonesia hingga luar negeri seperti filipina maupun malaysia. Berbagai burung tersebut pastinya memiliki ciri khas burung murai tersendiri yang umumnya berada pada ekornya yang panjang. Tak hanya ekor yang bisa melebihi panjang tubuhnya namun burung ini juga memiliki bentuk tubuh yang indah. Bagi para pecinta burung kicau tentunya memilih burung muai dengan kualitas yang bagus adalah hal yang penting.


Berikut merupakan beberapa ciri khas burung murai yang memiliki kualitas super sehingga layak untuk anda pelihara.
1. Memiliki mata bulat besar
ciri khas burung murai batu yang bagus yaitu memiliki bentuk mata yang bundar dan tatapan mata yang tajam. Hal tersebut menandakan bahwa burung tersebut memiliki mental menjadi juara karena ketegasan nya. Tatapan yang diberikan akan memberikan kesan jika burung murai ini ‘galak’. Dengan tatapan mata yang tajam bisa membuat burung lain takluk di hadapannya saat mengikuti perlombaan.
2. Memiliki suara yang keras
Beberapa burung ini memiliki ciri khas burung murai dengan kicauan yang terdengar keras dan lantang. Burung yang bisa berkicau dengan lantang menandakan bahwa kondisi burung tesebut baik. Jika anda bisa merawatnya dengan benar, suara yang dihasilkan akan terdengar makin merdu dan mampu menggetarkan lawan-lawannya. Burung yang banyak di cari adalah burung yang bisa menghasilkan suara dengan jeda yang sebentar.
3. Cengkeraman yang kuat
Jika anda ingin memiliki murai batu berkualitas super maka carilah burung yang memiliki cengkeraman kuat. Ciri khas burung murai lainnya yaitu kaki burung yang bisa menjepit dengan rapat di tenggeran yang sudah disediakan. Hal lain yang bisa anda perhatikan yaitu warna kaki burung murai yang berwarna cokelat kehitaman.
4. Bentuk tubuh proporsional
Untuk melihat murai batu yang berkualitas maka anda dapat melihat dari bentuk tubuhnya. Burung ini memiliki ciri khas burung murai dengan bentuk tubuh yang proporsional. Ekor, kaki, dan badan terlihat serasi satu sama lain dan tidak ada yang dominan pada salah satu bagian. Burung murai yang bagus akan tampak gagah dengan bentuk tubuh yang besar dan panjang. Penampilan yang menarik tersebut membuat burung ini banyak di sukai oleh pecinta burung. Hal yang menjadikan ciri khas lain dari burung ini yang memiliki ekor panjang bahkan bisa melebihi panjang tubuhnya. Ekor yang panjang burung ini diyakini berpengaruh terhadap kualitas kicauan yang dihasilkan.
6. Gerakannya lincah dan bentuk paruhnya
Burung murai batu yang sehat akan bergerak dengan lincah dan umumnya akan terbang ke sana-kemari dan enggan diam. Hal tersebut tentu menunjukkan jika burung tersebut dalam keadaan sehat. Faktor lain yang bisa anda perhatikan ketika akan memilih murai batu adalah dengan melihat bentuk paruhnya. Paruh berpangkal lebar, panjang, dengan bentuk yang lurus di percaya sebagai jenis burung yang bagus. Paruh yang lurus milik murai ini dipercaya akan berpengaruh terhadap kualitas suara yang nantinya dihasilkan.
Itulah beberapa ciri khas burung murai batu yang bagus dan layak untuk anda beli karena kualitasnya. Anda bisa memperhatikan beberapa ciri-ciri di atas sebelum memutuskan untuk memilih dan membeli jenis burung ini. Tentu saja meskipun anda membeli dari keturunan yang bagus namun tidak melatihnya burung tersebut tidak akan bisa tampil dengan maksimal. Keindahan suara yang banyak diincar pecinta burung tersebut tentunya tidak datang dengan sendirinya.