Pakan Burung Murai Terbaik yang Mudah Didapatkan

Pakan Burung Murai Terbaik yang Mudah Didapatkan -Murai Batu banyak disukai oleh pecinta burung karena keindahannya, mulai dari suara kicaunya hingga penampilannya. Terlebih pada beberapa jenis Murai memiliki ekor yang sangat panjang, bahkan melebihi panjang tubuhnya. Hal utu tentu menjadi salah satu yang membuat burung Murai Batu terlihat mempesona dari segi penampilan. Tidak mengherankan jika ternyata murai batu menjadi salah satu jenis burung kicau yang menjadi primadona. Bahkan burung ini juga memiliki harga yang relatif tinggi pada setiap jenisnya. Karena itu jika memeliharanya anda harus memberikan pakan burung murai terbaik agar burung milik anda tetap sehat. 

Berikut merupakan beberapa jenis pakan burung murai terbaik yang bisa anda berikan pada peliharaan anda

1. Voer/Poor 

Voer atau poor bisa dibilang sebagai makanan utama bagi banyak burung kicau, termasuk burung Murai Batu. Anda bisa mendapatkan voer ini dengan mudah di toko pakan burung. Selain itu, jika dibandingkan dengan makanan lainnya, terutama makanan hewani, tentunya voer menjadi pakan burung murai terbaik yang bisa anda berikan. Voer juga bisa bertahan lebih lama, tidak gampang busuk, sehingga anda bisa menyetok makanan burung tanpa takut tidak habis. Voer juga aman meski diberikan setiap hari, serta tidak ada batasan dosis khusus yang harus diterapkan. Hal itu karena pakan ini aman diberikan kepada Murai Batu. Jika anda ingin kebutuhan burung anda terpenuhi maka pastikan anda memberikan voer khusus untuk Murai Batu 

2. Jangkrik 

Selain voer yang mejadi pakan burung murai terbaik, anda juga bisa memberikan jangkrik. Jangkrik juga aman di konsumsi karena memang termasuk jenis makanan alami burung kicau. Jika anda memberikan jangkrik hidup untuk burung Murai Batu maka akan lebih baik jika mencopot kaki bagian belakangnya. Hal ini agar ketika dimakan tidak menyebabkan Murai Batu tersedak karena terkena kaki belakang jangkrik yang tajam. Anda bisa memberikan 3 hingga 4 jangkrik dalam sekali pemberian dan sehari 2 kali pada pagi dan sore. 

3. Kroto 

Anda juga bisa memberikan kroto sebagai pakan burung murai terbaik untuk burung peliharaan anda. Pemberian kroto secara rutin bisa membuat burung anda tetap terjaga kesehatannya, serta menjadikannya lebih rajin bunyi. Kroto juga dipercaya bisa membuat burung Murai Batu jadi lebih cerdas, terutama jika diberikan sejak masih kecil. Jika anda memberikan kroto setiap hari hal itu bisa mencegah Murai Batu stres, males bunyi, dan lesu. Kelebihan kroto jika yaitu memiliki teksturnya yang sangat lembut dari pada makanan hewani lainnya. Hal itu akan memudahkan murai batu dalam mencerna makanan. 

4. Ulat Hongkong 

Ulat hongkong bisa menjadi pakan burung murai terbaik karena memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga pemberiannya tidak boleh terlalu banyak. Jika akan memberikan ulat hongkong pada Murai Batu milik anda, sangat dianjurkan untuk memberikannya pada saat ulat sudah mati. Anda bisa merebus ulat tersebut terlebih dahulu baru kemudian di berikan pad murai, atau memotong kepalanya. Anda tinggal pilih cara yang sesuai dengan selera anda. Pemberian ulat hongkong pada Murai Batu peliharaan anda umumnya tidak boleh lebih dari 10 ekor di pagi hari, dan 7 ekor di sore hari. 

Jenis pakan yang diberikan pada burung peliharaan anda tentunya bisa mempengaruhi performanya. Karena itu jika anda ingin performa murai batu anda tetap bagus anda harus memberikan pakan burung murai terbaik. Menjaga kesehatan burung tidak hanya dilakukan dengan rutin membersihkan kandangnya saja. Anda juga harus mencukupi kebutuhan gizi pada burung sehingga tidak sampai kekurangan protein atau hal lain yang tidak diinginkan.