Perbedaan Burung Murai dan Burung Kenari

Perbedaan Burung Murai dan Burung Kenari-cara membedakan burung murai dan burung kenari lengkap-Burung umumnya di pelihara karena mereka pandai berkicau dan menghasilkan suara yang merdu. Hal itu tentu bisa mejadi kesenangan sendiri bagi sebagian orang yang memang pecinta burung kicau. Burung yang pandai berkicau memiliki banyak jenis mulai dari cucak rowo, love bird, burung murai batu, kenari, dan lain sebagainya. Berbagai macam burung pekicau ini juga memiliki keunikan dan ke khas an sendiri-sendiri. Bahkan dari segi harga juga berbeda satu sama lainnya. Burung pekicau mana yang nantinya anda pelihara merupakan pilihan yang sesuai dengan selera anda. Bahkan anda juga bisa memelihara lebih dari satu burung ocehan. 



Berikut merupakan beberapa hal yang membedakan burung murai dengan burung kicau yang bisa anda jadikan referensi. 

1. ekor 

Hal yang paling menjadi ciri khas burung murai adalah ekornya yang panjang. Jika pada burung biasanya ekornya hanya sekitar 5 sampai 10 cm saja berbeda dengan murai yang panjang ekornya bisa mencapai 15 hingga 25 cm. anda bahkan bisa menemukan murai dengan panjang ekor mencapai 30 cm seperti jenis murai medan dan murai aceh. Namun pad murai trah lampung panjang ekornya hanya sekitar 15 sampai 20 cm saja. Tentu saja hal itu menjadi perbedaan yang mencolok antara burung murai dengan burung kenari. Karena anda tidak akan menemukan burung kenari dengan ekor yang sangat panjang seperti pada burung murai. 

2. warna 

Anda juga bisa membedakan burung murai dengan burung kenari dari segi warnanya. Hal ini tentu bisa dilihat dengan mudah karena warna merupakan hal yang mencolok meski pertama kali dilihat. Pada burung kenari umumnya hanya memiliki warna yang terang seperti kuning, oranye, maupun hijau. Dan jarang terdapat kenari dengan perpaduan warna yang berbeda pada bulu di tubuhnya. Namun pada burung murai anda bisa menemukan 3 warna yang berbeda sekaligus. Tubuhnya memiliki warna dasar hitam pekat dari kepala hingga bagian ekor. Namun pada bagian dada biasanya memiliki warna oranye yang cukup mencolok. Anda juga bisa menemukan wara putih pada bagian ekor burung murai ini. Hal itu tentu bisa menjadi pembeda yang mencolok antara kedua burung tersebut. 

3. harga 

Kedua burung ini juga memiliki perbedaan dari segi harga. Kenari perkembangbiakannya cukup mudah dan masih banyak ditemui. Berbeda dengan burung murai yang jumlahnya semakin sedikit bahkan di habitat aslinya. Hal itu tentu mempengaruhi harga brung murai menjadi lebih mahal. Untuk murai anakan saja anda harus membeli dengan harga sekitar 500 hingga 700 ribu rupiah. Jika anda berminat untuk membeli murai dewasa maka anda harus membayar 1 juta hingga 2 juta rupiah. Berbeda dengan kenari yang sudah bisa anda dapatkan dengan harga 100 hingga 200 ribu rupiah. 

4. adaptasi 

Jika berbicara soal adaptasi maka burung kenari lebih unggul daripada burung murai. Hal itu karena burung kenari merupakan jenis burung yang tidak mudah stres meskipun sering berganti kandang ataupun pemilik. Berbeda dengan burung murai yang biasanya akan stress saat terjadi perubahan lingkungan di sekitarnya. 

Beberapa perbedaan memang bisa anda lihat jelas pada burung murai dan burung kenari. Anda bisa memelihara kedua urung tersebut untuk semakin menyemarakkan suasana rumah anda. bahkan anda juga bisa menggunakan kenari sebagai pemancing agar burung murai anda mau berkicau dengan lantang. Nantinya burung murai peliharaan anda juga akan bisa menirukan bagaimana kicauan kenari yang anda miliki. Dari segi harga memang keduanya cukup berbeda karena itu anda bisa membeli sesuai dengan kemampuan anda.